5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di Barcelona

Ada nama Gerard Pique dan Sergio Busquets

Xavi Hernandez sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ronald Koeman. Xavi rencananya akan diperkenalkan sebagai pelatih baru pada Senin (8/11/2021). Sebelum menjadi pelatih Blaugrana, Xavi merupakan pelatih klub asal Qatar, Al Sadd. Berbagai gelar telah Xavi berikan kepada Al Sadd selama dua tahun lebih menjadi pelatih klub asal Qatar ini. 

Xavi yang juga merupakan mantan pemain Barcelona ini memperkuat El Barca sejak tahun 1998 sampai 2015. Banyak pemain yang pernah bermain bersama pelatih berusia 41 tahun ini selama berkarier sebagai pemain Barcelona. Berikut lima mantan rekan satu tim Xavi yang akan dilatihnya di Barcelona.

1. Gerard Pique

5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di BarcelonaPotret Xavi dan Pique (twitter.com/brfootball)

Gerard Pique dan Xavi pernah bermain bersama di Barcelona selama delapan musim. Pique dan Xavi sama-sama produk akademi Barcelona, La Masia. Suami dari penyanyi Shakira ini sempat pindah ke Inggris dengan memperkuat Manchester United pada tahun 2004.

Sejak Juli 2008 Pique bergabung kembali dengan Blaugrana, setelah meniti karier di Inggris. Ketangguhan Pique dan kreativitas Xavi turut mengantar Barcelona meraih tiga kali juara Liga Champions dan lima kali juara LaLiga.

2. Sergio Busquets

5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di BarcelonaPotret Busquets dan Xavi (twitter.com/brfootball)

Busquets memperkuat Barcelona sejak tahun 2008 setelah promosi dari Barcelona B. Sejak saat itu Busquets menjadi andalan lini tengah Barcelona. Berbagai pemain silih berganti mengisi lini tengah Barcelona.

Sergio Busquets, Xavi, dan Iniesta merupakan geladang andalan Barcelona pada masanya. Berbagai gelar telah dipersembahkan trio lini tengah Barcelona ini. Kini hanya tinggal Busquets yang masih aktif bermain untuk El Barca. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Xavi semasa Menakhodai Al-Sadd

3. Jordi Alba

5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di BarcelonaPotret Jordi Alba dan Xavi (twitter.com/brfootball)

Jordi Alba bergabung dengan Barcelona dari Valencia pada tahun 2012. Barca harus merogoh kocek sebesar 14 juta euro setara Rp231 miliar untuk mendatangkan Alba. Ia sebenarnya merupakan "produk" binaan La Masia, tetapi ia memulai karier prosefionalnya bersama Valencia.

Bersama Blaugrana, Alba sudah meraih 15 trofi bergengsi di berbagai kompetisi yang diikuti Barcelona antara lain Juara La Liga, Copa del Rey, Liga Champions dan Piala Dunia antar klub. Alba sempat bermain bersama Xavi selama tiga musim sebelum Xavi pindah ke Al Sadd.

4. Sergi Roberto

5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di BarcelonaPotret Sergi Roberto dan Xavi (twitter.com/brfootball)

Sergi Roberto promosi ke tim senior Barcelona dari tim Barcelona B pada tahun 2013. Pemain berusia 29 tahun ini merupakan pemain serba bisa, dia bisa bermain di posisi bek kanan dan gelandang bertahan.

Meski permainan Sergi Roberto tidak terlalu menonjol, dia sudah bermain sebanyak 316 pertandingan di semua ajang untuk klub asal Catalan ini. Sergi Roberto sempat merasakan bermain bersama Xavi selama dua musim.

5. Marc Andre ter Stegen

5 Mantan Rekan Setim Xavi yang Akan Dilatihnya di BarcelonaPotret ter Stegen (instagram.com/mterstegen1)

Marc Andre ter Stegen dibeli Barcelona dari klub asal Jerman, Borussia Monchengladbach dengan harga 12 juta euro atau Rp198 miliar pada tahun 2014. Pada awal kedatangannya ke Barcelona, ter Stegen bergantian menjadi starter dengan Claudio Bravo. Setelah Bravo pindah ke Manchester City, ter Stegen menjadi pilihan utama dibawah mistar Blaugrana.

Selama 7 musim memperkuat Barcelona, ter Stegen telah tampil sebanyak 292 pertandingan dan mencatatkan 118 clean sheet di semua ajang. Ter Stegen sempat bermain bersama Xavi selama satu musim.

Xavi sukses meraih banyak gelar saat menjadi pemain Barcelona. Kini Xavi comeback  ke Barcelona sebagai pelatih. Mampukah ia meraih banyak gelar bersama Barcelona sebagai pelatih?

Baca Juga: 5 Masalah yang Harus Diperbaiki Xavi Hernandez di Barcelona

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya