Meninggal Dunia, 4 Partner Perjuangan Markis Kido dalam Bulu Tangkis

Mantan ganda putra nomor wahid dunia!

Atlet bulu tangkis Markis Kido meninggal dunia, Senin (14/6/2021) malam WIB. Ia adalah salah satu atlet Indonesia yang pernah menyumbangkan medali emas Olimpiade. Ia memulai karier  profesional sebagai pebulutangkis pada 2005, Markis Kido berhasil merengkuh berbagai gelar juara. Selama hidupnya ia mengukir prestasi dalam ganda putra dan campuran. Di bawah ini adalah partner-partner terbaik Markis Kido dalam mengukir prestasi.

1. Hendra Setiawan dan Markis Kido

Meninggal Dunia, 4 Partner Perjuangan Markis Kido dalam Bulu TangkisMarkis Kido dan Hendra Setiawan dalam Axiata Cup 2014 (badmintonindonesia.org)

Perjalanan karier dunia bulu tangkis Markis Kido tidak lepas dari partner bulu tangkisnya, Hendra Setiawan. Ia dan Hendra Setiawan berjuang bersama kurang lebih 14 tahun. Karier mereka berdua menjadi semakin luar biasa pada tahun 2007, pasangan jagoan Indonesia ini meraih peringkat satu dunia. 

Salah satu prestasi terbaik Kido/Hendra adalah merengkuh medali emas Olimpiade 2008 di Beijing, China. Mereka berhasil  membuat lagu Indonesia Raya berkumandang, dan juga mengalahkan andalan tuan rumah, Cai Yun/Fu Haifeng, di final.

2. Marcus Gideon dan Markis Kido

Meninggal Dunia, 4 Partner Perjuangan Markis Kido dalam Bulu TangkisMarcus Gideoan dan Markis Kido bertanding(sportfeat.bolasport.com)

Sebelum terkenal berkarier dengan Kevin Sanjaya "The Minions", Marcus Gideon sempat dipasangkan dengan Markis Kido dan meraih gelar Super Series perdananya di turnamen Prancis Open 2013. Pasangan Ganda Kido dan Marcus juga memenangkan Indonesia Masters 2014.

Baca Juga: Berpulang, 10 Post Terakhir Markis Kido di Instagramnya

3.Alvent Yulianto dan Markis Kido

Meninggal Dunia, 4 Partner Perjuangan Markis Kido dalam Bulu TangkisMarkis Kido dan Alvent Yulianto (badmintonindonesia.org)

Di tahun 2012 Markis Kido dan Hendra Setiawan berpisah karena Hendra dipanggil kembali ke pelatnas. Markis akhirnya berpasangan dengan Alvent Yulianto dan menorehkan prestasi menjadi satu-satunya ganda putra dan pemain non Eropa yang menjadi pemenang di Dutch Open 2012.

4. Pia Zebaidah dan Markis Kido

Meninggal Dunia, 4 Partner Perjuangan Markis Kido dalam Bulu TangkisPia Zebaidah dan Markis Kido (badmintonindonesia.org)

Pia Zebaidah pebulu tangkis Indonesia yang pernah berada di peringkat 6 dunia ketika bermain di tunggal putri. Ia tak lain adalah adik dari Markis Kido dan juga Bona Setian. Berada dalam keluarga atlit, Pia Zebadiah dan Markis pernah berpasangan dan menjuarai Vietnam Open 2012 serta Thailand Open 2013.

Selamat jalan Markis Kido, prestasimu tak alam terlupakan. Terima kasih atas perjuanganmu selama ini mengharumkan nama Indonesia di mata internasional!

Baca Juga: Sosok Panutan! 10 Kenangan Markis Kido dan Atlet Bulu Tangkis

Puteridly Photo Verified Writer Puteridly

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya