Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!

Indonesia menjuarai Piala Thomas 14 kali

Piala Thomas merupakan turnamen bulu tangkis beregu putra paling bergengsi di dunia. Sejauh ini, turnamen bulu tangkis yang digelar 2 tahun sekali itu telah mengeluarkan beberapa juara berbeda.

Sejak Piala Thomas digelar pada 1949, ada sejumlah negara yang sering keluar sebagai juaranya. Untuk itu, mari kita kenalan dengan negara-negara yang sering jadi juara Piala Thomas!

1. Indonesia dominan dengan 14 gelar juara Piala Thomas

Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!potret Jonatan Christie (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Pada era 1950 hingga 2000-an, Indonesia dikenal sebagai raja Piala Thomas. Sebab, saat itu, Indonesia begitu sering keluar sebagai juara. 

Indonesia pertama kali menjuarai Piala Thomas pada 1958. Saat itu, mereka berhasil mengalahkan Malaysia di partai final dengan skor 6-3.

Hingga saat ini, Indonesia telah mengantongi 14 gelar juara Piala Thomas. Terakhir ialah Piala Thomas 2020 lalu. Saat itu, Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas setelah mengalahkan China di partai final dengan skor telak 3-0.

2. China sering mengganggu dominasi Indonesia

Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!Timnas bulu tangkis putra China sedang merayakan raihan gelar juara Thomas Cup 2018 di Bangkok, Thailand. (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

China merupakan musuh bebuyutan Indonesia di Piala Thomas. Pasalnya, kedua negara tersebut sering kali bersaing demi gelar juara.

China pertama kali menjuarai Piala Thomas pada 1982. Mereka menang tipis atas Indonesia di partai final dengan skor 5-4 saat itu.

China sendiri telah mengantongi sepuluh gelar juara Piala Thomas. Gelar juara terakhir didapat pada Piala Thomas 2018 lalu. China mampu mengalahkan Jepang di partai final dengan skor 3-1.

Baca Juga: Indonesia Kalah di Thomas Cup 2022, Taufik Hidayat Sindir PBSI?

3. Malaysia punya lima gelar juara

Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!Foo Kok Keong, salah satu wakil Malaysia di Piala Thomas 1992, sedang berlaga di turnamen bulu tangkis. (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Malaysia pertama kali menjuarai Piala Thomas pada 1949. Mereka keluar sebagai juara setelah menang telak atas Denmark di partai final dengan skor 8-1.

Sejauh ini, Malaysia telah menjuarai Piala Thomas sebanyak lima kali. Gelar terakhir terjadi pada Piala Thomas 1992. 

Saat itu, Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia di partai final dengan skor tipis 3-2. Sayangnya, sejak 1992, Malaysia belum pernah lagi jadi juara Piala Thomas.

4. India berhasil mencetak sejarah pada 2022

Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!Timnas bulu tangkis putra India sedang merayakan raihan gelar juara Thomas Cup 2022 di Bangkok, Thailand. (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

India berhasil mencetak sejarah baru di Piala Thomas 2022 lalu. Saat itu, India yang bukan tim unggulan berhasil melaju ke partai final. 

India juga keluar sebagai juara Piala Thomas. Mereka berhasil mengalahkan Indonesia yang berstatus sebagai juara bertahan dengan skor telak 3-0. 

Pencapaian tersebut merupakan sejarah bagi bulu tangkis India. Sebab, itu merupakan kali pertama mereka berhasil menjuarai Piala Thomas.

5. Denmark jadi negara non-Asia pertama yang juara Piala Thomas

Daftar Negara yang Sering Jadi Juara Piala Thomas, Indonesia Dominan!Timnas bulu tangkis putra Denmark sedang merayakan raihan gelar juara Thomas Cup 2016 di Kunshan, China. (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Negara-negara di Asia memang mendominasi semua kejuaraan bulu tangkis dunia, termasuk Piala Thomas. Sejak awal Piala Thomas digelar, negara-negara di Asia seperti Indonesia, China, Malaysia, dan Jepang sering jadi juaranya.

Ternyata, ada satu negara di Eropa yang bisa menjuarai turnamen bulu tangkis paling bergengsi di dunia tersebut. Negara itu ialah Denmark.

Pada 2016, Denmark berhasil jadi juara Piala Thomas setelah mengalahkan Indonesia di partai final dengan skor tipis 3-2. Pencapaian itu membuat Denmark jadi negara non-Asia sekaligus negara Eropa pertama yang berhasil menjuarai Piala Thomas.

Piala Thomas selanjutnya akan digelar di China pada 2024 mendatang. Lantas, negara manakah yang akan jadi juara turnamen bulu tangkis ini berikutnya?

Baca Juga: Evaluasi Thomas Cup 2022, Selanjutnya Indonesia Andalkan Pemain Muda

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya