Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022

Sempat ingin jadi penyanyi, lho!

Sebastian Vettel merupakan pembalap Formula 1 asal Jerman dengan koleksi empat gelar juara dunia. Ia telah berkiprah di ajang Formula 1 bersama lima tim berbeda, mulai dari BMW Sauber (2007), Toro Rosso (2008), Red Bull (2009—2014), Ferrari (2015—2020), dan Aston Martin (2021—sekarang).

Setelah 15 tahun berkarier di Formula 1, Vettel mengumumkan bahwa ia akan pensiun pada akhir 2022 ini melalui akun Instagramnya pada 28 Juli 2022 lalu. Ia sendiri dikenal sebagai pembalap ramah dengan sejuta penggemar.

Masih banyak lagi fakta menarik tentang pembalap berusia 35 tahun ini. Yuk, simak fakta menarik Sebastian Vettel yang hendak pensiun pada 2022!

1. Merupakan juara dunia Formula 1 termuda dalam sejarah

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022potret Sebastian Vettel (formula1.com)

Sebastian Vettel merupakan pembalap yang berhasil menjadi juara dunia Formula 1 termuda. Ia pertama kali juara pada usia 23 tahun 133 hari.

Saat itu, Vettel mengalahkan pembalap Ferrari, Fernando Alonso. Ia memenangi balapan terakhir di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada 2010 silam.

Sejak saat itu, Vettel berhasil mencetak rekor sebagai juara dunia Formula 1 termuda dalam sejarah. Hingga saat ini, rekor tersebut belum mampu dipecahkan oleh pembalap Formula 1 mana pun, termasuk oleh Max Verstappen, sang juara dunia Formula 1 2021.

2. Merupakan salah satu pembalap Formula 1 terkaya dengan gaji selangit

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022Sebastian Vettel sedang menghadiri konferensi pers di Sirkuit De Barcelona, Kamis (24/2/2022). (formula1.com)

Selain dikenal sebagai juara dunia Formula 1 termuda, Sebastian Vettel juga dikenal sebagai salah satu pembalap Formula 1 terkaya dengan gaji tinggi. Pada 2022, tercatat bahwa pendapatan bersih yang ia miliki mencapai angka 140 juta dolar Amerika atau setara Rp2,1 triliun.

Pendapatan yang ia terima berasal dari bonus, sponsor, dan salah satu hobinya, yakni mengoleksi serta menjual mobil-mobil mewah. Saat ini, Vettel menempati peringkat sepuluh sebagai pembalap Formula 1 terkaya di antara pembalap Formula 1 lainnya.

3. Sangat suka menamai mobilnya dengan nama-nama yang berbeda pada tiap musim

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022Mobil Formula 1 Aston Martin sedang melakukan tes di Bahrain International Circuit, Sabtu (12/3/2022). (formula1.com)

Sebastian Vettel dikenal sebagai pembalap Formula 1 yang memiliki kebiasaan unik. Ia selalu menamai mobil Formula 1 miliknya dengan nama berbeda pada tiap musim. Kebiasaan unik itu sudah dilakukan sejak debutnya di Formula 1 pada 2008 bersama Toro Rosso.

Vettel sering menamai mobilnya dengan nama-nama perempuan. Itu karena ia percaya bahwa semua mobil Formula 1 memiliki paras cantik layaknya perempuan. Nama-nama tersebut, yakni Julie untuk mobil musim 2008, Kate musim 2009, Suzie musim 2014, Eva musim 2015, dan Lucilla musim 2020.

Baca Juga: Sebastian Vettel Tetap Bekerja Profesional Jelang Pensiun

4. Sempat bercita-cita menjadi seorang penyanyi saat masih kecil

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022Salah satu momen Sebastian Vettel saat berlomba di ICA Junior European Championship. (formula1.com)

Sebastian Vettel merupakan seorang anak yang berkecimpung di dunia motorsport. Hal tersebut dibuktikan dengan keikutsertaannya di berbagai kompetisi karting pada usia 4 hingga 8 tahun. Namun, pada masa kecilnya, Vettel juga sempat bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi.

Ia sangat mengidolai penyanyi pop legendaris asal Amerika, Michael Jackson, yang menginspirasinya untuk menjadi seorang penyanyi. Namun, mimpinya itu harus pupus begitu saja karena ia menyadari bahwa dirinya tak pandai bernyanyi.

5. Merupakan salah satu fans berat band legendaris Inggris, The Beatles

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022potret The Beatles (instagram.com/thebeatles)

Selain Michael Jackson, Sebastian Vettel juga merupakan salah satu fans berat The Beatles. Ia menyukai salah satu lagu karya band tersebut yang berjudul “Drive My Car”.

Vettel pernah mendapatkan beberapa kenangan manis dari The Beatles. Salah satu di antaranya adalah gitar hofner pemberian Paul McCartney.

6. Memiliki adik laki-laki yang juga seorang pembalap

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022potret Fabian Vettel (instagram.com/fabian_vettel)

Sebastian Vettel bukanlah satu-satunya anak yang menjadi seorang pembalap di keluarganya. Ia juga memiliki adik laki-laki bernama Fabian Vettel yang merupakan seorang pembalap.

Fabian Vettel mengawali karier balapnya di kejuaraan karting nasional maupun internasional. Sayangnya, ia memilih untuk melanjutkan kariernya sebagai seorang pembalap e-sports. Adik dari Sebastian Vettel ini sesekali ikut terjun ke dunia real racing seperti sang kakak.

7. Menyukai olahraga lain

7 Fakta Menarik Sebastian Vettel, Hendak Pensiun pada 2022potret Sebastian Vettel (formula1.com)

Selain motorsport, Sebastian Vettel memiliki hobi olahraga lain. Salah satu di antaranya adalah badminton. Ia sering melakukannya untuk memperbaiki kualitas kecepatannya sebagai pembalap Formula 1.

Vettel juga gemar mendaki gunung, bersepeda, dan bermain ski. Semua olahraga tersebut ia lakukan pada sela-sela kesibukannya sebagai pembalap Formula 1.

Fakta-fakta menarik di atas akan menjadi kenangan dari seorang Sebastian Vettel yang pensiun pada akhir 2022 ini. Sebagai pembalap terkenal, banyak sekali fans Formula 1 yang menyayangkan keputusan Vettel tersebut. Ia begitu disukai banyak orang.

Baca Juga: 5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1

Putra Bagaskara Photo Writer Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya