Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung Haas

Menggantikan Mick Schumacher

Haas resmi merekrut pembalap Jerman, Nico Huelkenberg, untuk Formula 1 2023 pada Kamis (17/11/2022). Pembalap berusia 35 tahun tersebut akan menggantikan Mick Schumacher yang kontraknya berakhir pada 2022 ini. Huelkenberg pun jadi rekan duet pembalap Denmark, Kevin Magnussen.

Bergabungnya Nico Huelkenberg menjadi pukulan berat bagi Mick Schumacher. Pasalnya, Schumacher yang sudah melakoni 2 musim bersama Haas harus pergi.

“Ini akan menjadi balapan terakhirku bersama Haas. Aku tidak akan menyembunyikan fakta bahwa aku sangat kecewa karena kontrak kami tidak diperbarui,” ucap Mick Schumacher di akun Instagramnya.

1. Kembali ke Formula 1 setelah absen sejak 2019 

Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung HaasNico Huelkenberg (formula1.com)

Nico Huelkenberg telah berkarier di Formula 1 selama 10 tahun. Ia sempat membalap bersama empat tim berbeda, mulai dari Williams (2010), Force India (2011—2012), dan Sauber (2013).

Pada 2014, Huelkenberg kembali membalap untuk Force India sebelum pindah ke Renault (sekarang Alpine) pada 2017. Namun, ia harus rela kehilangan kursinya di Formula 1 2020 setelah Renault menyudahi kontraknya pada akhir 2019. Saat itu, Renault memutuskan untuk menggantinya dengan pembalap Prancis, Esteban Ocon.

2. Menjadi pembalap cadangan  

Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung HaasNico Huelkenberg (formula1.com)

Sejak absen dari Formula 1, Nico Huelkenberg menghabiskan waktunya untuk menjadi pembalap cadangan. Ia menjadi pembalap cadangan Racing Point yang kini telah berganti nama menjadi Aston Martin.

Saat menjadi pembalap cadangan, Huelkenberg juga mendapat beberapa kali kesempatan terjun ke balapan. Pada 2020, ia pernah menggantikan Lance Stroll di GP Prancis dan Sergio Perez di GP Inggris. Pada 2022 ini, Huelkenberg menggantikan Sebastian Vettel yang tak bisa balapan karena COVID-19 di GP Bahrain dan GP Arab Saudi.

Baca Juga: 11 Potret Nico Hulkenberg, Pengganti Vettel di Formula 1 GP Bahrain

3. Pencapaian selama berkarier di Formula 1  

Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung HaasNico Huelkenberg (formula1.com)

Nico Huelkenberg merupakan pembalap Formula 1 dengan raihan 521 poin dalam 181 balapan. Ia juga pernah mencetak performa gemilang saat meraih pole position pertama pada debutnya di GP Brasil 2010.

Selain itu, saat menggantikan Sergio Perez di GP Inggris 2020, Huelkenberg membuat fans Formula 1 terkejut. Saat itu, ia berhasil menyelesaikan sesi kualifikasi dengan finis di posisi ketiga. Itu termasuk capaian gemilang mengingat Huelkenberg telah absen dari Formula 1 selama 1 tahun.

Sayangnya, selama berkarier di Formula 1, Huelkenberg tercatat belum pernah mendapatkan podium. Itu disebabkan hal buruk yang sering ia alami saat balapan sehingga memaksanya kehilangan podium.

4. Alasan Haas merekrut Nico Huelkenberg

Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung HaasNico Huelkenberg (formula1.com)

Pengalaman merupakan alasan utama mengapa Haas merekrut Nico Huelkenberg. Pasalnya, ia telah berkarier di Formula 1 selama 10 tahun. Bos Haas, Guenther Steiner, juga mengatakan bahwa timnya membutuhkan pembalap berpengalaman seperti Huelkenberg untuk membawa tim ke arah yang lebih baik.

Meskipun telah lama absen dari Formula 1, Steiner sama sekali tak khawatir akan kebugaran tubuh sang pembalap. Bahkan, ia telah mengonfirmasi bahwa Huelkenberg akan segera melakukan tes pascamusim bersama Haas setelah GP Abu Dhabi.

5. Masa depan Mick Schumacher di Formula 1 

Nico Huelkenberg Berlaga di Formula 1 2023, Resmi Gabung HaasMick Schumacher (formula1.com)

Setelah didepak Haas, masa depan Mick Schumacher di Formula 1 pun terancam. Meski begitu, ia masih memiliki kesempatan untuk tetap berlaga di Formula 1. Williams menjadi opsi terakhir bagi pembalap asal Jerman itu untuk mempertahankan kursinya di Formula 1 2023.

Schumacher juga dikabarkan menjadi opsi pembalap cadangan Mercedes. Bos Mercedes, Toto Wolf, mengatakan bahwa pembalap asal Jerman itu menjadi opsi pembalap cadangan untuk timnya di Formula 1 2023. 

Kehadiran Nico Huelkenberg diharapkan dapat mendongkrak performa Haas di Formula 1 2023 mendatang. Bos Haas, Guenther Steiner, yakin bahwa duet pembalap Nico Huelkenberg dan Kevin Magnussen dapat membawa Haas untuk terus bersaing di papan tengah.

Baca Juga: Kerja Sama Haas dan Mick Schumacher Tak Berlanjut di Musim 2023

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya