Comscore Tracker

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjaya

Siapa saja ya mantan pasangan Kevin Sanjaya? 

Siapa yang tidak mengenal Kevin Sanjaya? Atlet bulu tangkis yang berpasangan dengan Marcus Gideon ini menjadi pasangan ganda putra terbaik di dunia. Pada tahun 2018, mereka berhasil mengumpulkan 9 gelar bergengsi di turnamen badminton.

Sebelum bersama Marcus, Kevin juga pernah berpasangan dengan beberapa nama. Di antara banyak nama yang menjadi pasangan ganda putranya, lima nama ini menjadi perhatian banyak orang. Siapa saja itu?

1. Lukhi Apri Nugroho

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjayapbdjarum.org

Pada tahun 2011, Lukhi Apri Nugroho menjadi pasangan Kevin Sanjaya saat masih di PB Djarum Kudus. Prestasi tertinggi yang mereka dapatkan adalah menjadi runner up di ajang Singapore International Series 2011 dengan melawan Agripina Pamungkas/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 21-18,15-21 dan 21-18.

Selain itu, pasangan ini juga mengikuti beberapa kejuaraan seperti, BWF World Junior Championships 2011 yang terhenti di babak perdelapan final melawan Nelson Wei Keat Heg/Teo Ee Yi dan Bankaltim Indonesia Open GP Gold 2011 yang terhenti pada babak perdelapan final melawan Praveen Jordan/Didit Juang. Saat ini, Lukhi Apri Nugroho berpasangan dengan Ririn Amelia sebagai ganda campuran dan Tedi Supriadi sebagai ganda putra.

2. Selvanus Geh

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjayatwitter.com/selvaners

Selvanus Geh menjadi ganda putra bersama Kevin Sanjaya sejak 2014. Mereka banyak mendapat prestasi di beberapa turnamen. Di turnamen BWF Grand Prix, mereka berhasil menjuarai Selandia Baru Terbuka 2014 mengalahkan pasangan Taipei, Chen Hung-ling/Lu Chia-bin dengan skor 15-21 23-21 21-11 dan menjadi runner up pada Indonesia Master 2014 dikalahkan oleh pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Markis Kido dengan skor 17-21 22-20 14-21.

Di turnamen BWF International Challenge, mereka berhasil menjuarai Vietnam International 2014 mengalahkan pasangan UK, Robin Middleton/Ross Smith dengan skor 21-14 21-13 dan menjuarai Bulgaria International 2014 mengalahkan Edi Subaktiar/Ronald Alexander dengan skor 21-19 21-13. Namun, Selvanus Geh yang digadang-gadangkan akan menjadi ganda putra terbaik bersama Kevin Sanjaya, telah keluar dari pelatnas dikarenakan terkena penyakit paru-paru.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kevin Sanjaya, Atlet Ganda Putra Terbaik Dunia 

3. Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjayadjarumbadminton.com

Pada tahun 2016, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira yang menjadi pasangan sementara Kevin Sanjaya, menggantikan Marcus Fernaldi Gideon dikarenakan cedera, berhasil menjuarai Indonesia Master 2016 mengalahkan pasangan Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong dengan skor 21-16 21-18.

Saat ini, Wahyu Nayaka berpasangan dengan Ade Yusuf Santoso dan prestasi terbaru mereka yaitu menjadi juara pada ajang Yonex Dutch Open 2018 yang berhasil mengalahkan pasangan Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling dengan skor 21-1917-21 21-11. Pasangan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf kini berada di peringkat 25 dunia.

4. Masita Mahmudin

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjayapbdjarum.org

Masita Mahmudin menjadi pasangan Kevin Sanjaya dan berhasil menjadi runner up di ajang BWF World Junior Championship 2013 yang diadakan di Bangkok. Mereka berhasil mencapai final dan melawan pasangan tiongkok, Huang Kaixiang/Chen Qingchen dengan skor 18-21 20-22 21-23.

Selain itu, mereka juga mengikuti beberapa pertandingan, seperti Suhandinata Cup 2013, Tangkas Specs Junior International Challenge 2013, dan 100 Plus Badminton Asia Youth U19 Individual Championship 2013. Kini, ia berpasangan dengan beberapa nama, seperti Adnan Maulana, Maretha Dea Giovani, Riky Widianto, dan Krishna Adi Nugraha.

5. Greysia Polli

Sebelum Bersama Marcus, 5 Atlet Ini Berpasangan dengan Kevin Sanjayadjarumbadminton.com

Walau hanya tampil di beberapa kesempatan, pasangan Greysia Polli/Kevin Sanjaya sempat menjadi perbincangan. Di ajang Indonesia Open 2014, mereka berhasil mengalahkan ganda campuran peringkat pertama dunia saat itu, yaitu Zhang Nan/Zhao Yuniel asal China dengan skor 15-21 21-18 23-22 di babak pertama. Namun, mereka berhenti di babak 16 besar dikalahkan oleh pasangan korea, Lee Yong Dae/Shin Seung Chan dengan skor 18-21 17-21.

Selain di Indonesia Open 2014, pasangan ini juga bermain di ajang Yonex Open Chinese Taipei 2014. Kini, Greysia Polli berpasangan dengan Apriyani Rahayu dan menjajaki peringkat empat dunia.

Itulah tadi transformasi pasangan Kevin Sanjaya di dunia bulu tangkis. Saat ini nama Kevin sudah tak bisa dilepaskan dari Marcus Gideon, bahkan mereka mendapat julukan Minions dan berhasil menduduki peringkat satu ganda putra dunia. Siapa pasangan Kevin yang paling jadi favoritmu?

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, Kevin Marcus Nyaman Jadi yang Terdepan di BWF

Aku Adalah Photo Community Writer Aku Adalah

Hanya manusia biasa yang wibu dan menginginkan kesuksesan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You