10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022

Figure skater Amerika yang berhasil mencetak rekor dunia 

Nathan Wei Chen atau yang akrab disapa Nathan Chen merupakan seorang atlet figure skating. Baru-baru ini, Nathan berhasil meraih medali emas dalam kompetisi figure skating putra di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. 

Figure skater berusia 22 tahun itu adalah skater Team USA pertama yang berhasil meraih medali emas sejak Evan Lysacek pada Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010 silam. Nathan berhasil memberikan penampilan terbaiknya dengan medley lagu dari film biografi Elton John "Rocketman" dan mencetak skor akhir 332.60. Skor tersebut mencakup pemecahan rekor dunia dengan 113.97 poin dalam short-program yang sebelumnya dipegang oleh figure skater asal Jepang, Yuzuru Hanyu. 

Di balik prestasinya tersebut, ternyata Nathan Chen menyimpan beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Apa saja, sih? Berikut adalah sepuluh fakta menarik Nathan Chen. Simak sampai akhir ya!

1. Lahir pada 5 Mei 1999 di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Nathan Chen merupakan atlet dengan keturunan Tionghoa-Amerika

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen bersama kedua orang tuanya (instagram.com/nathanwchen)

2. Perjalanan Nathan untuk menjadi bintang skating dimulai ketika ia berusia 3 tahun, dan berhasil mengikuti kompetisi pertamanya di U.S. Nationals pada usia 10 tahun

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022foto masa kecil Nathan Chen (instagram.com/nathanwchen)

3. Nathan sempat mempelajari tari balet selama enam setengah tahun di Ballet West Academy, Salt Lake City pada saat berusia 7 tahun

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada saat menampilkan tari balet (youtube.com/TheSaltLakeTribune)

4. Berhasil memenangkan gelar putra junior di Kejuaraan AS 2012 di San Jose, California pada 24 Januari 2012

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada 2012 U.S. National Champion (Nathan Chen Official Website/LeahAdams)

Baca Juga: 9 Pesona Eileen Gu, Model yang Sukses Raih Emas Olimpiade Beijing 2022

5. Pada Januari 2016, Nathan berhasil mencatat sejarah di Kejuaraan AS dengan menjadi orang Amerika pertama yang mendaratkan dua lompatan empat kali lipat dalam program singkat tersebut 

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada 2016 U.S. National Champion (Nathan Chen Official Website/LeahAdams)

6. Merupakan juara Four Continents 2017 dan juara final Grand Prix tiga kali berturut-turut pada 2017 hingga 2019 

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada 2018 Grand Prix Final (Nathan Chen Official Website/ RobinRitoss)

7. Nathan merupakan seorang mahasiswa jurusan Statistik dan Ilmu Data di Universitas Yale, New Haven

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022foto Nathan Chen (instagram.com/nathanwchen)

8. Mendapat julukan "Quad King" karena kemampuannya untuk melakukan lima lompatan empat kali lipat yang berbeda 

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 (instagram.com/nathanwchen)

9. Nathan menempati posisi ke-4 dalam program pendek tim putra pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 dan menjadi skater pertama yang mendaratkan quad flip di Olimpiade tersebut

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 (Nathan Chen Official Website/ RobinRitoss)

10. Berhasil menebus kekalahannya pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 lalu, Nathan akhirnya berhasil meraih medali emas di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

10 Fakta Nathan Chen, Peraih Medali Emas di Olimpiade Beijing 2022Nathan Chen pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 (instagram.com/olympics)

Nah, itulah beberapa fakta menarik Nathan Chen seorang figure skater yang memiliki segenggam prestasi. Semoga informasi tersebut dapat membuatmu semakin mengenal peraih medali emas dalam kompetisi figure skating putra di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 ya!

Baca Juga: Visualnya Viral, 10 Potret Cha Jun Hwan di Olimpiade Beijing 2022

Raymond Clement Photo Verified Writer Raymond Clement

Undergraduate Public Relations Student at Padjadjaran University

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya