Comscore Tracker

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak Bola

Minta jet pribadi sampai dilarang menggigit #IDNTimesSport

Sebagai profesional, seorang pesepak bola memiliki kontrak yang wajib dipatuhi hingga ikatan kerja sama berakhir. Dalam perjanjian kontrak, tidak hanya soal gaji atau bonus yang tercantum, tetapi juga beberapa klausul yang mengikat.

Dalam beberapa kasus, terdapat beberapa klausul "aneh" alias tidak biasa yang tercantum dalam kontrak pemain sepak bola. Siapa saja pemain sepak bola yang pernah mengalami hal tersebut? Simak, yuk!

1. Roberto Firmino

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaRoberto Firmino (wallpapercave.com)

Roberto Firmino didatangkan oleh tim Liverpool pada tahun 2015. Namun yang menarik, The Reds memasukkan klausul pelepasan Firmino senilai 82 juta pounds atau sekitar Rp 1,6 triliun, jika ia ingin dipinang klub lain.

Namun uniknya, secara khusus Liverpool mencantumkan bahwa klausul tersebut tidak berlaku bagi klub Arsenal. Dengan kata lain, Liverpool tidak akan melepas Firmino jika Arsenal yang tertarik untuk membelinya. Entah apa yang terjadi dengan kedua klub asal Inggris tersebut, hingga Arsenal maupun Liverpool sama-sama menyepakati klausul tersebut.

2. Ronaldinho

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaRonaldinho Gaucho (wallpapercave.com)

Siapa yang tidak mengenal legenda asal Brazil yang satu ini? Ya, dia adalah Ronaldinho Gaucho. Ia merupakan striker andalan FC Barcelona pada saat itu.

Sekitar pada tahun 2011, Ronaldinho memutuskan kembali ke Brazil untuk bergabung dengan klub bola CR Flamengo. Mantan pemain bintang FC Barcelona ini nampaknya hanya ingin menikmati beberapa tahun terakhir dalam karirnya.

Sebelum bergabung dengan klub asal Brazil tersebut, Ronaldinho meminta sebuah permintaan yang tidak biasa ke dalam klausul kontrak, yaitu, tim harus mengizinkan Ronaldinho keluar untuk clubbing dua kali dalam seminggu. Menariknya, klausul tersebut langsung disetujui oleh CR Flamengo.

Baca Juga: Kontrak Belum Habis, Kontrak 5 Pemain Diperpanjang Musim Ini

3. Luiz Suarez

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaLuis Suarez (wallpapercave.com)

Jika kita berbicara mengenai tragedi di piala dunia tahun 2014 antara Timnas Uruguay melawan Timnas Italia, maka ingatan kita tertuju pada insiden Luiz Suarez mengigit bahu pemain belakang tim nasional Italia, Chiellini.

Tidak ingin Luiz Suarez mengulang hal yang sama, La Braugana memasukkan satu klausul khusus yaitu klausul larangan mengigit bagi Suarez. Luiz Suarez pun menyetujui klausul tersebut dan mematuhinya untuk bermain tanpa harus mengigit pemain yang lain lagi.

4. Samuel Eto'o

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaSamuel Eto'o (wallpapercave.com)

Eto'o membuat sebuah kejutan ketika pindah ke klub Rusia, FC Anzhi Makhachkala, dari Inter Milan pada musim 2011. Eto'o kala itu menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Sebab ada klausul yang tidak biasa di dalam kontraknya. Eto'o di dalam keterangan klausul tersebut meminta jet pribadi. Alasannya, karena Eto'o ingin tinggal di Moskow, bukan di Makhachkala yang menjadi basis tim. Jarak antara Moskow dengan Makhachkala kurang lebih adalah 1000 mil. Jika melakukan penerbangan normal akan memakan waktu sekitar dua jam, tetapi dengan jet pribadi, Eto'o bisa sampai dalam waktu hanya satu jam.

5. Dennis Bergkamp

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaDennis Bergkamp (wallpapercave.com)

Dennis Bergkamp merupakan seorang pemain legenda di Arsenal F.C. Dennis Bergkamp memiliki klausul yang cukup aneh pada saat itu. Pemain asal Belanda tersebut mengungkapkan bahwa ia takut naik pesawat.

Ketika ia pindah ke Arsenal pada tahun 1995, Dennis Bergkamp pun mengajukan permintaan khusus. Klausul tersebut berisi bahwa Bergkamp tidak wajib mengikuti laga tandang jika harus menggunakan pesawat. Pada saat itu, Dennis Bergkamp tidak pernah mengikuti laga tandang pada saat ajang bergengsi seperti Liga Champions.

6. Mario Ballotelli

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaMario Balotelli (wallpapercave.com)

Tingkah laku Mario Balotelli, baik di luar atau pun di dalam lapangan, kerap jadi sorotan. Tindakan nyeleneh pernah dilakukan oleh Balotelli, saat Liverpool merekrutnya pada tahun 2014 lalu.

Mereka memasukkan klausul berupa bonus 1 juta pounds atau setara dengan Rp19,7 miliar jika Balotelli berkelakuan baik. Namun sayangnya, karir Balotelli di Liverpool berakhir dengan cepat karena gagal memenuhi ekspektasi dan klausul tersebut dinyatakan hangus untuk Balotelli.

7. Neymar Jr

7 Klausul 'Aneh' yang Pernah Ada dalam Kontrak Pesepak BolaNeymar (wallpapercave.com)

Barcelona resmi melepas striker asal Brazil ini kepada klub asal Prancis, Paris Saint-Germain pada musim 2017/2018. Saat di Barcelona, Neymar memiliki klausul yang terbilang cukup unik karena ia minta diizinkan untuk mengunjungi teman-temannya yang berada di Spanyol, selama ia bermain di Barcelona.

Beberapa klausul yang cukup weird dan tidak biasa tersebut benar-benar terjadi di dunia sepak bola. Sejumlah tim yang merasa kehadiran pemain bersangkutan begitu penting di squadnya pun menyetujui permintaan tidak biasa tersebut. Mana yang menurutmu sangat aneh dan lucu?

Baca Juga: 5 Pemain Ini Terancam dengan Hadirnya Pemain Baru Paris Saint-Germain

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya