Comscore Tracker

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester United

Fans CR7 masih ada yang ingat momen ini? #IDNTimesSport

Pada hari Jumat, tanggal 22 Agustus 2021, Manchester United secara mengejutkan telah menyepakati transfer mega bintang, Cristiano Ronaldo dengan Juventus. Padahal kurang dari 24 jam sebelumnya, pemain asal Portugal itu sangat erat dikaitkan dengan kepindahannya ke Manchester City. Namun setan merah yang merupakan klub masa lalu Ronaldo, berhasil mengamankan Ronaldo untuk bermain di Old Trafford. 

Jika kita flashback, Ronaldo pernah bermain dengan Manchester United di tahun 2003 sampai 2009. Kapten timnas Portugal itu, menjelma menjadi pemain yang dicintai di publik Old Trafford. Ronaldo juga telah melewati berbagai momen yang tak terlupakan selama periode pertamanya dengan Manchester United. Berikut adalah lima momen bersejarah Cristiano Ronaldo saat masih membela Manchester United.

1. Gol perdana CR7

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester UnitedGol pertama Ronaldo saat di Manchester United (todayuknews.com)

Kepindahan David Beckham ke klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid, membuat Cristiano Ronaldo tampil sebagai pewaris nomor punggung 7 Manchester United, sekaligus menjadi suksesor David Beckham sebagai eksekutor tendangan bebas.

Ronaldo berhasil mencetak gol pertamanya untuk setan merah melalui tendangan bebas melengkung dari pinggir lapangan saat melawan Portsmouth. Dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris itu, Manchester United berhasil mengamankan tiga poin setelah melibas Portsmouth tanpa balas. 

2. Gelar pertama CR7 bersama Manchester United

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester UnitedGelar pertama Ronaldo di Manchester United (uefa.com)

Setelah resmi di datangkan dari Sporting Lisbon pada tahun 2003, Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar pertamanya pada ajang FA Cup bersama Manchester United. Trofi pertamanya menjadi lebih spesial lantaran Ronaldo memainkan peran kunci untuk memastikan setan merah meraih gelar juara FA Cup.

Ronaldo berhasil menyumbangkan satu gol lewat sundulan yang diumpan oleh Gary Neville. Manchester United saat itu berhasil mengamankan gelar piala FA, setelah mengalahkan Millwall dengan skor 3-0. Selain Ronaldo Ruud Van Nistelrooy juga berhasil menyumbangkan 2 gol di laga final FA Cup tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode Berbeda

3. Gol terbaik peraih Puskas Award

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester UnitedRonaldo meraih penghargaan Puskas sebagai gol terbaik (goal.com)

Selama 6 musim membela Manchester United, Ronaldo kerap kali menunjukkan kemampuan akroatik dan gol indah melalui tendangan kerasnya. Yang paling diingat hingga saat ini adalah golnya ke gawang FC Porto di ajang Liga Champions musim 2008/2009. Ronaldo yang saat itu masih berusia 24 tahun berhasil merobek jala Porto melalui tendangan roket dari jarak yang cukup jauh. Saat itu Manchester United unggul 1-0 atas Porto dalam ajang Liga Champions di Perempat Final.

Dengan menyumbangkan 1 gol ke gawang Porto membuat Manchester United unggul dengan skor 0-1 pada saat berjumpa dengan Porto di leg kedua dan memastikan untuk mengunci kemenangannya dan melaju ke babak final Liga Champions. Gol spektakuler tersebut itu juga dinobatkan sebagai gol terbaik dan mendapatkan Puskas Awards di tahun 2009. Saat itu menjadikan dirinya sebagai pemain asal Portugal pertama yang menyabet Puskas Awards di tahun 2009.

4. Juara Liga Champions 2007/2008

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo memenangkan piala Champions League pertama tahun 2008 (skysports.com)

Saat membela Manchester United, Ronaldo telah tercatat mendapatkan 10 gelar juara bergengsi. Salah satu yang paling spesial adalah trofi Liga Champions di musim 2007/2008. Setan merah yang bertemu dengan sesama klub asal Inggris, Chelsea di final Moskow, harus bersusah payah setelah gol Ronaldo mampu disamakan oleh Lampard. Skor 1-1 bertahan hingga babak perpanjangan berakhir dan berlanjut ke babak adu penalti.

Sayangnya Ronaldo yang menjadi eksekutor ketiga setan merah justru gagal menaklukan Petr Cech dan membuat Chelsea berada di atas angin. Beruntungnya ketika John Terry yang mengeksekusi tendangan, justru terpeleset hingga bola sepakannya melebar dari gawang Van Der Sar. Akhirnya Manchester United keluar sebagai juara, setelah Van Der Sar menggagalkan tendangan dari Nicholas Anelka. Ronaldo yang saat itu tak bisa menahan emosinya terlihat berbaring sambil menangis di tengah turunnya hujan.

5. Ballon d'Or pertama CR7

Inilah 5 Momen Bersejarah Ronaldo Bersama Manchester UnitedRonaldo meraih Ballon d'Or pertama pada tahun 2008 (planetfootball.com)

Sepanjang karirnya sebagai pesepak bola, Ronaldo telah mengoleksi lima gelar Ballon d'Or sebagai pemain terbaik. Meski Ronaldo lebih banyak memenangkan gelar Ballon d'Or bersama Real Madrid, namun pria asal Portugal itu pertama kali meraih penghargaan tersebut bersama Manchester United.

Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik di tahun 2008, setelah penampilan impresifnya membawa Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions. Ronaldo menjadi pemain Manchester United pertama yang mendapatkan gelar Ballon d'Or sebagai pemain terbaik pada tahun 2008, sejak George Best 40 tahun sebelumnya.

Kini Ronaldo telah memutuskan untuk kembali kepada Manchester United. Ia dinilai siap untuk kembali membela Manchester United di musim ini. Akankah Ronaldo berhasil membawa Manchester United pada masa kejayaannya?

Baca Juga: 5 Pemain MU dengan Gol Penalti Terbanyak di Liga Inggris, Ronaldo?

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya