5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebing

Memacu adrenalin tapi tetap aman

Jangan mencemaskan gender. Pemanjat perempuan banyak kok. Dan percayalah, tebing tempat belajar yang menakjubkan.

Apa yang bisa dilakukan di tebing? Memanjat, tentu. Tapi bukan itu saja yang bisa dilakukan. Disamping kegiatan olahraga, masih ada kegiatan sosial-ilmiah. Misalnya analisa sosial masyarakat yang tinggal di sekitar tebing, dan kegiatan penelitian tentang kondisi batuan yang pastinya hasil datanya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Kenapa perempuan memanjat tebing? Karena panjat tebing adalah olahraga yang menyenangkan dan memacu adrenalin, namun tetap aman selama dilakukan dengan teknik dan peralatan yang benar. Apa yang didapatkan dari panjat tebing? Badan sehat hanyalah sebagian kecil manfaat yang bisa diperoleh. Banyak muatan lain yang bisa dipetik. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa jadi alasan bagimu untuk mulai memanjat tebing:

1. Melatih kesabaran

5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebingunsplash.com/@soroushkarimi

Bayangkan ketika temanmu memanjat dan kamu jadi belayer-nya. Kamu akan menengadah dalam waktu cukup lama sampai dia mencapai target. Leher pasti pegal. Tapi keselamatan temanmu ada di tanganmu, kamu tak mungkin egois, kan?

2. Memupuk keberanian

5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebingunsplash.com/@jimmy_conover

Saat memanjat, ada kalanya jalur yang dilewati cukup sulit. Cacatan batuan minim, namun pengaman masih agak jauh di atas kepala, sementara pengaman terakhir ada di bawah badan kita. Kalau lanjut naik ada kemungkinan jatuh, dan bisa jadi jatuhnya agak jauh ke bawah. Dan kemungkinan besar akan terasa sakit. Kalau sudah begitu saya ada tiga kata. Do. Not. Cry.

3. Menebalkan semangat kerjasama sekaligus kemandirian

5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebingunsplash.com/@brookanderson

Setiap anggota tim pemanjatan memegang peran masing-masing yang saling berkaitan. Leader membuat jalur, cleaner yang membersihkan jalur dan sekaligus membuat jalur yang lain untuk orang berikutnya, rescuer bertugas menjadi penyelamat apabila terjadi kecelakaan, ada pembawa logistik yang memenuhi kebutuhan tim selama di atas tebing, dan juga kru darat yang selalu siaga setiap saat apabila dibutuhkan. Peran-peran tersebut membuat anggota tim mendapatkan dua muatan yang berlawanan secara bersamaan.

Baca Juga: Menegangkan, Ini 6 Lokasi Panjat Tebing Paling Seru di Jawa Timur

4. Membuatmu untuk membuang pemikiran tentang 'menyerah'

5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebingunsplash.com/@huchenme

Tidak ada pemanjatan yang tidak memiliki target ketinggian, kan? Apalagi dalam panjat tebing, menambah ketinggian bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara beramai-ramai. Anggota tim bergiliran dalam menambah ketinggian. Dan karena perannya yang berbeda-beda, seluruh tim bergantung satu sama lain. Dan seorang leader tidak mungkin menggagalkan target timnya sendiri.

5. Membuatmu mengerti arti kebahagiaan ketika sudah sampai puncak

5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebingunsplash.com/@mtlwebdesign

Memanjat itu menyenangkan. Sebagian besar pemanjat perempuan di dunia tidak memiliki alasan khusus mengapa mereka memanjat tebing. Mereka hanya menikmatinya. Karena di akhir pemanjatan yang sulit selalu ada pemandangan indah dari atas tebing yang bisa dinikmati.

Baca Juga: Menegangkan, Ini 6 Lokasi Panjat Tebing Paling Seru di Jawa Timur

Reny Hardianti Photo Writer Reny Hardianti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya