Comscore Tracker

Lepas 6 Atlet Panahan ke Paris, Menpora: Bisa Tambah Tiket Olimpiade

Pupuk optimisme

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimis Indonesia bisa menambah wakil atletnya di Olimpiade Tokyo lewat cabang olahraga panahan. Tiket tambahan tersebut akan diperebutkan tim panahan Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Panahan atau Hyundai Archery World Cup 2021 di Paris, Perancis pada 17-19 Juni 2021.

“Pagi ini saya baru melepas enam atlet panahan yang akan bertanding kualifikasi Olimpiade Tokyo di Paris. Saya optimis atlet panahan kita untuk beregu bisa menambah jumlah kontingen Indonesia yang akan ke Olimpiade Tokyo," ujar Menpora Amali saat menghadiri pelepasan atlet panahan di Lapangan Panahan GBK, Senin (14/6/2021).

1. Jadi cabor unggulan

Lepas 6 Atlet Panahan ke Paris, Menpora: Bisa Tambah Tiket OlimpiadeLatihan timnas panahan. (Antarafoto)

Lebih lanjut Amali mengatakan bahwa, panahan menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk sebagai unggulan dari 14 cabor yang dimasukkan di dalam grand design olahraga nasional. 

Ia pun berpesan kepada para atlet yang akan berangkat agar terus bersemangat dan menjaga mentalnya agar bisa meraih juara. 

"Salah satu kekurangan kita yang mendasar adalah mental. Kalau kita sudah kalah, kalau kita sudah ketinggalan. Itu salah satu yang kurang dari kita. Kita harus genjot lagi ini," ungkap Amali. 

Baca Juga: Hadapi Penolakan, Kemenpora Pastikan PON Papua Tetap Berjalan

2. Ikut Pelatnas sejak April

Lepas 6 Atlet Panahan ke Paris, Menpora: Bisa Tambah Tiket OlimpiadeKetua Umum Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PERPANI) Illiza Sa'aduddin Djamal. (Dok. Kemenpora)

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PERPANI) Illiza Sa'aduddin Djamal menjelaskan, bahwa enam atlet tersebut telah mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) di stadion Gelora Bung Karno sejak 7 April 2021 lalu.

Tidak hanya atlet panahan yang berangkat ke Paris, namun ada belasan atlet lainnya yang juga mengikuti Pelatnas di lokasi ini. Para atlet dilatih langsung oleh para pelatih fisik, teknis, dokter, hingga psikolog.

Setelah memantau proses latihan para atlet di Pelatnas, Illiza mengaku optimistis tim yang berangkat ke Paris bisa meraih poin untuk mendapatkan tiket menuju Olimpiade Tokyo 2021. 

"Karena memang tinggal bagaimana semangat, atau spirit untuk juara itu harus terus dipupuk, kebersamaan, kerja sama yang baik insya Allah dengan doanya masyarakat Indonesia kami yakin bisa memberikan yang terbaik," ujarnnya. 

3. Apresiasi Menpora

Lepas 6 Atlet Panahan ke Paris, Menpora: Bisa Tambah Tiket OlimpiadeMenpora Amali saat menghadiri pelepasan atlet panahan, Senin (14/6/2021) di Lapangan Panahan GBK. (Dok. Kemenpora)

Pada kesempatan tersebut Illiza juga menyampaikan apresiasinya atas bantuan Kemenpora, khususnya dukungan administrasi dan motivasi yang diberikan Menpora Amali kepada para atlet. 

Sebagai Anggota Komisi X DPR, Illiza pun turut memuji kinerja Menpora Amali yang dinilai telah banyak membawa perubahan di bidang olahraga Indonesia. 

"Banyak sekali perubahan di tangan Pak Zainudin Amali. Insya Allah kita doakan beliau terus bisa mengubah wajah olahraga Indonesia dengan prestasi-prestasi terbaik," harapnya. (WEB)

Baca Juga: Kemenpora Cari Atlet Junior, 400 Pelajar di Konawe Utara Ikut Seleksi

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya