Comscore Tracker

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang Masa

Punya 7 cincin juara Super Bowl

Setiap cabang olahraga memiliki pemain terbaiknya. Jika bola basket memiliki Michael Jordan, sepak bola memiliki Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, maka sepak bola amerika alias american football memiliki Tom Brady.

Tom Brady berkarier di NFL sebagai quarterback selama lebih dari 20 tahun. Ia sudah meraih banyak prestasi. Untuk lebih mengenal Tom Brady, yuk, intip fakta-fakta berikut ini!

1. Memiliki 7 cincin juara Super Bowl

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang MasaTom Brady (instagram.com/tombrady)

Selama berkarier lebih dari dua dekade di ajang NFL, Tom Brady berhasil mengangkat Piala Lombardi sebanyak tujuh kali. Super Bowl pertama yang berhasil dimenangkan Tom Brady adalah Super Bowl XXXVI. Saat itu, Tom Brady yang memperkuat New England Patriots berhasil mengalahkan Saint Louis Rams dengan skor 20-17. Brady kemudian berhasil menjadi juara Super Bowl pada musim 2003, 2004, 2014, 2016, dan 2018.

Super Bowl terbaru yang berhasil dimenangkan Brady adalah Superbowl LV. Menjalani musim debutnya di Tampa Bay Buccaneers pada musim 2020, Brady berhasil mengantarkan Buccaneers berlaga pada Super Bowl LV untuk berhadapan dengan Kansas City Chiefs. Buccaneers memenangi pertandingan melawan Chiefs dengan skor 31-9.

2. Membela New England Patriots selama 20 tahun

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang MasaTom Brady (instagram.com/tombrady)

Brady bergabung dengan Patriots pada tahun 2000. Brady bertahan di sana selama 20 tahun dan berhasil meraih banyak prestasi, di antaranya menjadi juara Super Bowl sebanyak 6 kali pada 2001, 2003, 2004, 2014, 2016, dan 2018.

Brady sempat paceklik gelar setelah menjadi juara pada 2004. Ia membutuhkan waktu hingga 10 musim untuk kembali mengangkat Piala Lombardi. Penantiannya berakhir ketika Patriots mengalahkan Seattle Seahawks pada Super Bowl XLIX dengan skor 28-24.

Super Bowl terakhir Brady bersama Patriots berlangsung saat Super Bowl LIII. Menghadapi Los Angeles Rams, Patriots mencegah Rams mencetak touchdown dan memenangi pertandingan dengan skor 13-3.

Untuk urusan prestasi individu, selama membela Patriots, Brady berhasil meraih Super Bowl MVP 4 kali, League MVP 3 kali, dan Offensive Player of the Year 2 kali. Pada 2020, pemain american football terbaik sepanjang masa itu memutuskan pindah ke Tampa Bay Buccaneers.

Baca Juga: Ingin Saingi Jordan, Tom Brady Segera Luncurkan BRADY Brand

3. Dipilih di urutan 199 pada NFL Draft 2000

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang MasaTom Brady kala berseragam New England Patriots di NFL. (instagram.com/tombrady)

Siapa sangka pemain terhebat sepanjang masa dipilih pada urutan 199. Tom Brady dipilih New England Patriots di putaran keenam NFL Draft 2000. Patriots awalnya berencana menjadikannya quarterback cadangan karena saat itu mereka memiliki Drew Bledsoe.

Nasib Brady berubah pada 2001 ketika Drew Bledsoe mengalami cedera. Brady yang saat itu menjadi ban serep, masuk dari bangku cadangan menggantikan Bledsoe. Seiring berjalannya waktu, Brady mendapat kepercayaan menjadi quarterback utama Patriots.

4. Berhasil membuat comeback hebat di Super Bowl LI

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang MasaTom Brady mengangkat Piala Lombardi. (instagram.com/tombrady)

Pada gelaran Super Bowl LI, New England Patriots bertemu dengan Atlanta Falcons yang diperkuat quarterback Matt Ryan dan wide receiver Julio Jones. Pada paruh pertama pertandingan, Patriots kesulitan untuk menciptakan touchdown dan harus tertinggal 21-3. Bahkan, pada kuarter ketiga, Falcons kembali membuat touchdown dan membuat Patriots harus tertinggal 28-3.

Ketika banyak orang mengira Falcons akan memenangkan pertandingan, Patriots yang dipimpin Brady menunjukkan perjuangannya dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 28-28. Mereka memaksa lawan bermain ke babak tambahan.

Pada babak tambahan, Patriots berhasil membuat touchdown terlebih dahulu dan memenangi pertandingan dengan skor 34-28. Pertandingan tersebut menjadi salah satu Super Bowl terbaik sepanjang masa dan menjadi salah satu comeback terhebat di kompetisi NFL.

5. Memegang rekor passing yards terbanyak dalam sejarah NFL

5 Fakta Tom Brady, Pemain American Football Terbaik Sepanjang MasaTom Brady (instagram.com/tombrady)

Pada pekan keempat NFL 2021, Brady berhasil memecahkan rekor passing yard yang sebelumnya dipegang Drew Brees dengan 80,358 yard. Uniknya, rekor tersebut dibuat ketika Brady bertemu dengan tim yang telah membesarkan namanya, yaitu New England Patriots.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 19-17 untuk kemenangan Buccaneers. Sepertinya passing yards milik Brady masih akan terus bertambah, mengingat Brady masih aktif bermain musim ini.

Itu dia lima fakta dari Tom Brady, pemain american football terbaik sepanjang masa. Dengan deretan prestasi yang telah diukir selama berkarier lebih dari 20 tahun, tentu sangat sulit bagi quarterback lain untuk menyamai prestasi yang telah dibuat Brady. Saat ini, ia pantas menyandang gelar pemain terhebat sepanjang masa.

Baca Juga: Belasan Tahun Bersama, 10 Momen Romantis Gisele Bündchen dan Tom Brady

Rizki Photo Writer Rizki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya