Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak Termahal

Bernilai ratusan juta dolar Amerika

Ketika bertanding di sebuah kompetisi, seorang atlet dituntut mengerahkan semua kemampuan. Sebagai bentuk apresiasi kepada atlet yang sudah berjuang dengan maksimal, ada beberapa klub yang bersedia memberikan kontrak dengan nilai jumbo.

Selain sebagai bentuk apresiasi, sebuah klub memberikan kontrak fantastis agar atlet yang dimilikinya tidak mudah direbut oleh klub lain. Atlet-atlet berikut ini merupakan atlet yang pernah mendapatkan kontrak dengan nilai yang mahal.

1. Lionel Messi

Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak TermahalLionel Messi (fcbarcelona.com)

Pada 2017, Lionel Messi setuju memperpanjang kontrak di Barcelona selama 4 tahun dengan nilai kontrak sebesar 674 juta dolar Amerika atau setara dengan 9,6 triliun rupiah. Kabar kontrak jumbo yang ditandatangani Messi tersebut pertama kali diembuskan oleh media Spanyol, El Mundo.

Dalam kabar yang diberitakan El Mundo, Messi menerima 674 juta dolar Amerika (Rp9,6 triliun) selama 4 tahun atau sekitar 168 juta dolar Amerika (Rp2,4 triliun) per tahun. Selain itu, Messi juga menerima bonus perpanjangan kontrak sebesar 140 juta dolar Amerika (Rp2 triliun) dan bonus loyalitas sebesar 94 juta dolar Amerika (Rp1,3 triliun).

Karena terhalang kondisi keuangan klub, Barcelona harus rela melepas Messi pada 2021. Setelah dilepas El Barca, Messi memutuskan bergabung dengan klub asal Prancis, Paris Saint-Germain. Messi mendapatkan kontrak dari PSG selama 2 tahun dengan nilai yang diperkirakan sebesar 35 juta—41 juta dolar Amerika (Rp501 miliar hingga Rp587 miliar) per tahun.

2. Patrick Mahomes

Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak TermahalPatrick Mahomes (instagram.com/patrickmahomes)

Selepas menjadi juara Super Bowl 2020, Kansas City Chiefs memperpanjang kontrak Patrick Mahomes selama 10 tahun. Chiefs mengeluarkan 503 juta dolar Amerika (Rp7,2 triliun) untuk menambah masa bakti quarterback andalan mereka tersebut.

Mahomes akan menerima signing bonus senilai 27,4 juta dolar Amerika (Rp392 miliar) pada 2022 dan 34 juta dolar Amerika (Rp487 miliar) pada 2023. Pemain yang mendapatkan penghargaan MVP NFL 2018 ini juga mendapatkan insentif sebesar 25 juta dolar Amerika (Rp358 miliar) dari Chiefs selama 10 tahun.

Kansas City Chiefs setuju memberikan insentif 1,25 juta dolar Amerika (Rp17,9 miliar) jika Mahomes bisa mengantarkan Chiefs menjadi juara AFC Championship. Mereka juga bisa memberikan 1,25 juta dolar Amerika (Rp17,9 miliar) apabila Mahomes meraih MVP NFL. Dampak dari perpanjangan kontrak Patrick Mahomes, Chiefs harus pandai mengatur salary cap roster mereka, mengingat jumlah pemain sebuah tim NFL cukup banyak.

Baca Juga: Nilai Pasar Top 5 Men's Ballon d'Or 2021, Lionel Messi Termahal!

3. Mike Trout

Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak TermahalMike Trout (mlb.com)

Pada 2019, Los Angeles Angels memperpanjang kontrak Mike Trout. Angels dan Trout menyetujui perpanjangan kontrak selama 12 tahun senilai 426,5 juta dolar Amerika (Rp6,1 triliun).

Sebelum menandatangani kontrak pada 2019, Trout pernah mendapatkan kontrak fantastis dari Angels pada 2014. Rekan setim Shohei Ohtani ini mendapatkan kontrak senilai 144,5 juta dolar Amerika (Rp2 triliun) saat itu.

Dengan menyetujui perpanjangan kontrak senilai 426,5 juta dolar Amerika (Rp6,1 triliun), Mike Trout memecahkan nilai kontrak terbesar di Major League Baseball yang sebelumnya dipegang oleh Bryce Harper. Saat dikontrak oleh Philadelphia Phillies, Harper mendapatkan kontrak berdurasi 13 tahun senilai 330 juta dolar Amerika (Rp4,7 triliun).

4. Canelo Alvarez

Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak TermahalCanelo Alvarez (instagram.com/canelo)

Berbeda dari Messi, Mahomes, dan Trout yang mendapatkan kontrak dari klub yang mereka bela, petinju asal Meksiko, Canelo Alvarez, mendapatkan kontrak dengan nominal besar dari penyedia layanan streaming pertandingan olahraga, DAZN. Pada 2018, DAZN mengontrak Canelo selama 5 tahun dengan nilai kontrak sebesar 365 juta dolar Amerika (Rp5,2 triliun) untuk bertarung sebanyak sebelas kali. 

Dari 11 pertarungan yang direncanakan, Canelo hanya naik ring sebanyak 3 kali, yaitu ketika mengalahkan Rocky Fielding pada 2018, Daniel Jacobs pada Mei 2019, dan Sergey Kovalev pada November 2019. Pada 2020, kontrak Canelo dan DAZN berakhir setelah Canelo mengajukan tuntutan kepada promotor Golden Boy dan DAZN.

5. Mookie Betts

Ada Messi dan Canelo, Inilah 5 Atlet dengan Nilai Kontrak TermahalMookie Betts (mlb.com)

Los Angeles Dodgers mendatangkan Mookie Betts dan David Price pada 2020 dari Boston Red Sox. Sebagai imbalan karena sudah melepas Betts dan Price, Dodgers mengirimkan Alex Verdugo, Jeter Downs, dan Connor Wong ke Boston.

Ketika didatangkan oleh Dodgers, Betts diikat kontrak selama setahun dengan nilai 27 juta dolar Amerika (Rp386 miliar). Belum ada setahun membela Dodgers, Mookie Betts mendapatkan perpanjangan kontrak selama 12 tahun senilai 365 juta dolar Amerika (Rp5,2 triliun) dari Dodgers.

Keputusan Dodgers memberikan kontrak besar kepada Betts langsung membuahkan hasil. Mookie Betts berhasil membawa Los Angeles Dodgers menjadi juara World Series 2020.

Walaupun bisa mendapatkan kontrak besar, para atlet di atas memiliki beban yang berat. Mereka perlu membuktikan bahwa mereka pantas diberikan kontrak dengan nilai yang fantastis.

Baca Juga: Heboh Canelo Alvarez Berantem di Luar Ring Tinju

Rizki Photo Verified Writer Rizki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya