Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!

Sejak tahun 2016, Aprilia baru satu kali finis 10 besar

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengambil bagian pada sesi wawancara resmi MotoGP di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria (18/8/2022). Duo Aprilia itu yakin mereka akan meraih hasil positif pada gelaran balapan di sana.

Lintasan yang memiliki panjang 4,3 km itu identik dengan pabrikan Ducati. Sejak masuk kalender MotoGP tahun 2016, Ducati memiliki torehan kemenangan terbanyak, yakni 6 kemenangan, diikuti oleh KTM dengan 2 kemenangan.

Di sisi lain, motor RS-GP jadi momok menakutkan musim 2022, apalagi dengan dua pembalapnya yang sedang on-fire. Lantas, apakah mereka punya kesempatan untuk naik ke atas podium di sana? Buka data, yuk!

1. Perubahan layout lintasan 

Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!Sirkuit Red Bull Ring (motogp.com)

Lintasan lurus yang panjang memang santapan manis bagi para pembalap Ducati. Jadi, pantas saja mereka mendominasi raihan kemenangan di sana. Sirkuit Red Bull Ring mengingatkan kita pada insiden kecelakaan Franco Morbidelli dan Johann Zarco yang begitu menyeramkan. Kedua motor mereka terpelanting dan berputar-putar di atas langit.

Berkaca dari insiden tersebut, Dorna sepakat untuk merubah layout Sirkuit Red Bull Ring sebagai bentuk antisipasi kecelakaan seperti itu tak kembali terulang. Menggandeng Tilke Engineers & Architects, mereka menempatkan chicane baru sebelum masuk tikungan dua. Tujuan di balik keputusan tersebut ialah untuk menekan kecepatan motor dan menekan risiko friksi antara para pembalap.

2. Ducati punya torehan kemenangan terbanyak  

Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!Andrea Dovizioso (motogp.com)

Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, masuk kalender MotoGP sejak 2016. Lintasan yang memiliki 3 tikungan kiri dan 8 tikungan ke kanan itu merupakan santapan empuk para pembalap Ducati. 

Andrea Dovizioso tercatat jadi pembalap terbanyak yang meraih kemenangan di sana dengan total 3 kemenangan (2017, 2019, dan 2020). Saat itu Dovizioso masih berseragam pabrikan Ducati. Nama lain pengguna Desmosedici GP ialah Andrea Iannone (2016) dan Jorge Lorenzo (2018) yang juga pernah mencicipi podium tertinggi di sana.

Baca Juga: Selain Ducati Lenovo, Ini Nasib 6 Pembalap Ducati Lain di GP Inggris

3. KTM pabrikan tuan rumah 

Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!Brad Binder dan Miguel Oliveira (motogp.com)

Pabrikan KTM merupakan pabrikan tuan rumah gelaran MotoGP bertajuk CryptoData Motorrad Grand Prix von Osterreich ini. Mereka pun punya torehan mentereng di sana. Pabrikan yang identik dengan warna oranye itu berhasil mengoleksi 2 kemenangan melalui Brad Binder (2021) dan Miguel Oliveira (2020). Jika melihat pertarungan musim lalu, kemenangan Binder sangat mengesankan. 

Pada pertengahan balap musim lalu di sana, hujan tiba-tiba turun di tengah balapan. Saat para pembalap masuk ke garasi untuk mengganti ban, Binder melibas sirkuit basah dengan ban kering dan mempertahankan posisi puncak hingga chequered flag berkibar.

4. Aprilia dan nasibnya di Sirkuit Red Bull Ring 

Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!Aleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Berbeda dengan saudaranya sesama pabrikan Italia, yakni Ducati, Aprilia tak pernah naik ke atas podium. Bahkan, selama membalap di sana, para pembalap Aprilia tak pernah finis di urutan 10 besar.

Beberapa nama seperti Stefan Bradl, Sam Lowes, Scott Redding, Bradly Smith, dan Alvaro Bautista belum pernah meraih poin. Hanya Aleix Espargaro yang berhasil menyumbangkan poin bagi Aprilia, yakni tahun 2021 di urutan ke-10 jadi finis terbaiknya di sana. Sebelumnya ia tercatat 2 kali urutan ke-12 dan 1 kali urutan ke-17, ke-14, dan ke-13.

5. Gempuran peluru Noale musim 2022 

Duo Aprilia Siap Menggempur Sirkuit Red Bull Ring, Ingin Naik Podium!Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (instagram.com/aleixespargaro)

Musim 2022 adalah musim terbaik tim Aprilia jika dibandingkan dengan beberapa musim sebelumnya. Tak dimungkiri bahwa kedua penggawa pabrikan asal Noale itu sangat menggigit.

Lima podium Aleix Espargaro dan dua podium Maverick Vinales menegaskan bahwa mereka siap bertarung mati-matian. Aleix Espargaro jadi salah satu favorit juara dunia MotoGP 2022. Pada sesi wawancara, Aleix mengatakan bahwa motor RS-GP sudah setara dengan pabrikan lain.

“Performa mesin kami meningkat dan putaran motor lebih tinggi. Model ini lebih efektif ketimbang sebelumnya. Aku pikir trek ini (Red Bull Ring) akan cocok untuk kita,” kata Aleix dikutip Speedweek.

Hal serupa juga ditegaskan oleh Maverick Vinales yang mengatakan bahwa mereka datang dengan dua hasil terbaik sebelumnya.

“Kami datang dari dua akhir pekan yang bagus dan kami akan melanjutkan pertarungan di depan dan meraih kemenangan. Kami punya ruang untuk berkembang. Aku pikir lintasan ini akan cocok dengan kami dan gaya berkendara aku,” lanjut Vinales.

 

Perkembangan motor Aprilia RS-GP mengagetkan banyak pihak. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales pun sedang dalam kondisi on-fire. Apakah Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mampu naik ke atas podium?

Baca Juga: 9 Momen Bersejarah MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Unik!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya