Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  

Para pembalap mulai mendiskusikan kontrak

Bursa transfer pembalap saat ini menjadi sorotan. Hampir semua pembalap akan habis masa kontrak pada akhir MotoGP 2022, kecuali Marc Marquez, Franco Morbidelli, dan Brad Binder.

Juara bertahan Fabio Quartararo hingga saat ini juga belum memberikan keputusan soal masa depannya bersama Yamaha. El Diablo terbuka dengan pabrikan lain yang ingin meminangnya.

Seperti apa kabar transfer pembalap sejumlah pabrikan? Ke mana para pembalap ini akan berlabuh? Mari kita simak!

1. Aprilia 

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan tim Aprilia (instagram.com/aprilia)

Duo Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, memberikan respons positif soal perpanjangan kontrak bersama Aprilia. Vinales merasa cukup puas dengan perkembangannya bersama tim asal Noale itu.

Aleix Espargaro juga merasakan hal yang sama. Pembalap Spanyol tersebut bahkan menyampaikan keinginannya untuk menghabiskan karier bersama Aprilia.

Kendati begitu, manajer Aleix Espargaro dan Massimo Rivola masih membicarakan opsi perpanjangan kontrak. Aleix meminta kenaikan gaji seiring rekor baru yang berhasil ia catat di Argentina. Ia berhasil membawa Aprilia keluar sebagai juara sejak era MotoGP.

2. Suzuki 

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Joan Mir dan Alex Rins (instagram.com/suzukimotogp)

Livio Suppo selaku manajer tim Suzuki Ecstar mengaku masih memperjuangkan dua pembalapnya saat ini. Ia merasa  puas dengan performa Alex Rins dan Joan Mir.

Kendati begitu, Suppo juga memiliki opsi cadangan apabila bursa transfer bergerak ke arah lain. Ia akan mempertimbangkan Fabio Quartararo. Namun, sebagai konsekuensi, Suzuki harus siap menggelontorkan dana jutaan euro untuk mendatangkannya.

3. KTM  

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Brad Binder dan Miguel Oliviera (instagram.com/ktmfactoryracing)

Brad Binder masih berstatus pembalap KTM hingga akhir musim 2024. Sementara, rekan satu timnya, Miguel Oliviera, akan habis kontrak akhir musim ini.

Francesco Guidotti selaku manajer tim sejauh ini mengakui performa Miguel Oliviera. Ia tidak keberatan melanjutkan proyek kerja sama dengan pembalap bernomor 88 itu.

Di sisi lain, Remy Gardner dan Raul Fernandez sejauh ini belum memperlihatkan performa terbaik. Raul Fernandez bahkan merasakan ketidaknyamanan itu. Ia menginginkan suatu perubahan. Saat ini, pembalap Spanyol tersebut telah didekati Yamaha.

Baca Juga: Nasib Miguel Oliveira di KTM Akan Diputuskan pada Mei 2022

4. Ducati 

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Francesco Bagnaia dan Jack Miller (instagram.com/ducaticorse)

Komposisi pembalap Ducati kemungkinan tidak akan banyak berubah. Namun, tim pabrikan sejauh ini belum melakukan perpanjangan kontrak Jack Miller.

Posisi Jack Miller digadang-gadang akan diisi Jorge Martin atau Enea Bastianini. Bila benar begitu, Miller bisa kembali ke tim Pramac Racing bersama Johann Zarco musim depan. Sementara itu, Mooney VR46 Racing Team sedang melakukan pembaharuan kontrak Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

5. Honda 

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Marc Marquez dan Pol Espargaro (instagram.com/hrc_motogp)

Marc Marquez bukan masalah untuk pabrikan Honda. The Baby Alien telah meneken kontrak hingga 2024.

Meski begitu, posisi Pol Espargaro belum aman. Alberto Puig masih meninjau sejauh apa perkembangan Pol Espargaro bersama Honda dalam perebutan juara dunia musim ini. Puig kabarnya terpincut performa Fabio Quartararo dan Joan Mir sebagai alternatif.

Opsi perpindahan juga digadang-gadang akan terjadi di tim satelit LCR Honda. Ada kemungkinan mereka menggaet Ai Ogura dari Idemitsu Honda Team Asia sebagai pengganti Takaaki Nakagami.

6. Yamaha 

Bursa Pembalap MotoGP hingga Teka-teki Karier Fabio Quartararo  Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (instagram.com/yamahamotogp)

Garasi Yamaha sedang dalam kondisi menegangkan. Pembalap utamanya, Fabio Quartararo, hingga saat ini belum menandatangani perpanjangan kontrak.

El Diablo merasa harapannya terkait pengembangan motor YZR-M1 belum terealisasi. Eric Mahe selaku manajer Quartararo mengatakan bahwa pembalap Prancis itu akan berusaha mencari opsi terbaik untuk kariernya.

Di sisi lain, kontrak Franco Morbidelli masih tersisa hingga akhir musim 2023. Kendati begitu, ia masih belum dapat memastikan seperti apa kariernya selepas kontrak itu. Morbidelli masih sibuk dengan adaptasi dengan motor.

Sementara itu, Razlan Razali, Manajer WithU Yamaha RNF, sedang dalam kondisi gamang. Ia harus memberikan jaminan untuk tetap menjadi tim satelit Yamaha.

Kemungkinan Darryn Binder di tim masih terbuka lebar karena status rookie. Berbeda dengan Andrea Dovizioso, ia diharapkan tampil kompetitif pada sisa seri MotoGP 2022. Nama Jake Dixon dan Celestino Vietti juga mencuat digarasi Yamaha.

MotoGP 2022 masih menyisakan tujuh belas seri balapan. Namun, isu perpindahan gencar dibicarakan di garasi MotoGP. Siapakah pembalap yang akan menggunakan livery baru pada MotoGP 2023? Layak ditunggu!

Baca Juga: Performa Mooney VR46 Racing Team pada 4 Seri Awal MotoGP 2022

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya