Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP Valencia

Sembilan seri terakhir Jack Miller berseragam Ducati

MotoGP 2022 adalah musim terakhir Jack Miller berseragam Ducati. Pembalap Australia itu sudah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama KTM untuk musim 2023—2024.

Meski begitu, Miller berkomitmen untuk memberikan penampilan terbaiknya hingga akhir musim. Hal itu pun ditegaskan oleh Paolo Ciabatti selaku direktur olahraga Ducati.

1. Enam kemenangan Ducati paruh pertama MotoGP 2022 

Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP Valenciapara pembalap Ducati 2022 (instagram.com/ducaticorse)

Paolo Ciabbati menyambut baik perolehan poin klasemen konstruktor. Pasalnya, Ducati satu-satunya pabrikan yang selalu berhasil menempatkan pembalapnya di atas podium pada setiap gelaran MotoGP 2022. 

Torehan itu diraih oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Enea Bastianini (Gresini Racing). Mereka sudah mengemas tiga kemenangan pada paruh pertama musim 2022.

2. Jack Miller menyumbang tiga podium 

Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP ValenciaJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Sepanjang gelaran MotoGP 2022, Jack Miller berhasil tiga kali naik podium. Ia dua kali berada di urutan ke-3 (COTA dan Sachsenring) dan satu kali di urutan ke-2 (Le Mans).

Paolo Ciabatti mengungkapkan bahwa Miller merupakan salah satu pembalap yang hebat. Namun, ia kerap tampil tidak konsisten.

Baca Juga: Kisah Jack Miller Usai Lompat dari Moto3 ke MotoGP, Penuh Perjuangan!

3. Ducati akan memberikan motor terbaik 

Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP ValenciaJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Meski statusnya berganti pada tahun 2023, Miller masih punya sembilan balapan di atas motor Ducati Desmosedici GP22. Oleh karena itu, Paolo Ciabatti berharap pembalapnya itu bisa memberikan performa terbaiknya hingga balapan terakhir di Valencia. 

“Dia (Miller) adalah pembalap Ducati hingga Valencia. Kami akan memberikan 100 persen untuknya dan Jack pun akan melakukan hal itu. Kami (Ducati) ingin sebanyak mungkin meraih hasil positif,” kata Ciabatti dikutip Speedweek.,

4. Tudingan membalap tanpa strategi 

Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP ValenciaJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Jack Miller kerap dituding bahwa ia membalap tanpa strategi. Ia kerap tampil impresif saat sesi latihan bebas, tetapi performanya melempem saat membalap. Salah satu faktornya ialah manajemen ban. Ia mengakui bahwa pada saat membalap ia beberapa kali kehabisan ban kala balapan masih menyisakan beberapa putaran lagi.

Dilansir dari Speedweek, Miller tidak mengaku cukup kesulitan saat mencari putaran tercepat latihan bebas menggunakan ban bekas. Oleh karena itu, pada saat membalap ia tidak bisa memaksimalkan potensinya karena tidak menerapkan strategi penggunaan ban yang tepat.

5. Perubahan gaya balap saat membalap 

Paolo Ciabatti Ingin Jack Miller Tampil Konsisten hingga GP ValenciaJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Manajemen ban merupakan salah satu variabel yang menentukan saat membalap. Miller mengungkapkan bahwa ia kerap merubah gaya berkendaranya tergantung dari kondisi yang dialami di atas lintasan. Hal yang sama pun dilakukan oleh rekan satu timnya, yakni Francesco Bagnaia.

Tingkat keausan ban ialah satu di antara beberapa faktor yang menentukan perubahan gaya berkendara. Bahan bakar yang mulai habis pun berpotensi merubah cara seorang pembalap mengendarai motor karena bobot motor menjadi lebih ringan.

 

MotoGP 2022 menyisakan 9 balapan. Praktis hanya itu kesempatan Jack Miller berkendara di atas Ducati Desmosedici GP22 . Lima tahun membalap bersama Ducati akan selalu jadi momen penting selama kariernya, apakah ia berhasil naik podium di sisa waktunya bersama Ducati?

Baca Juga: Alasan Mengapa Jack Miller Jago Balapan di Lintasan Basah

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya