Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGP

Tidak tertarik mengaspal di WorldSBK

Kisah Andrea Dovizioso di Ducati adalah cerita keemasan pembalap Italia itu di kelas premier. Pembalap berumur 36 tahun tersebut merupakan runner-up MotoGP 2017—2019. Sayangnya, selama membetot gas motor YZR-M1 bersama WithU Yamaha RNF, ia tidak pernah tampil impresif.

Dovi selalu mengeluh usai membalap. Dari 9 balapan musim 2022, ia baru mengemas 8 poin. Hal itu tentu merupakan hasil yang sangat mengecewakan baginya. 

Pada seri balapan WorldSBK di Sirkuit Misano yang digelar tanggal 10—12 Juni, Dovi terlihat di foto bersama Toprak Razgatlioglu. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa selepas pensiun di MotoGP, Dovi akan merapat ke WorldSBK. Benarkah hal itu?

1. Andrea Dovizioso merasa sulit beradaptasi dengan YZR-M1 

Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGPAndrea Dovizioso (instagram.com/andreadovizioso)

Tidak dimungkiri bahwa performa Andrea Dovizioso tidak sesuai ekspektasi. Ia kerap mengeluh dengan performa grip ban belakang dan membuat pembalap veteran itu kelimpungan menyesuaikan gaya balapnya.

Bersama Yamaha musim ini, Dovi baru mengemas 8 poin. Kondisi itu membuatnya bercokol di urutan ke-22. 

2. Performa melempem musim 2022 dikaitkan dengan masa istirahat Andrea Dovizioso  

Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGPAndrea Dovizioso (instagram.com/andreadovizioso)

Akhir musim 2020, Andrea Dovizioso memutuskan hengkang dari tim Ducati. Sejak saat itu, Dovi vakum dari dunia balap hingga kemudian kembali mengaspal pada akhir September. Kala itu, ia mulai membalap di bawah naungan tim Petronas Yamaha SRT.

Performanya musim 2022, dikaitkan dengan masa-masa vakumnya dari dunia balap. Namun, ia membantah dengan tegas rumor tersebut. Dovi tidak merasa bahwa itu alasan yang membuatnya melempem. 

“Beberapa hal bisa Anda lihat dengan baik. Namun, tidak semua dapat Anda lihat hingga hal mendetail,” ucap Dovi dikutip Speedweek.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Mengaku Kecewa dengan Kondisinya Bersama YZR-M1

3. Kehadiran Andrea Dovizioso di paddock WorldSBK 

Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGPAndrea Dovizioso (instagram.com/andreadovizioso)

Pada seri WorldSBK di Sirkuit Misano, Andrea Dovizioso terlihat di garasi Yamaha bersama Toprak Razgatlioglu. Pembalap Italia itu dikaitkan dengan membalap di WorldSBK, musim depan. 

Namun, secara gamblang menyatakan bahwa, dirinya tidak tertarik membalap di WorldSBK. Kehadirannya di sana karena rumahnya sangat dekat dengan sirkuit. 

Pembalap WithU Yamaha RNF itu hanya ingin bersenang-senang. Bertemu dengan teman-teman pembalap seperti, Toprak Razgatlioglu, Jonathan Rea, dan Alvaro Bautista. Selain itu juga ada beberapa kawan MotoGP seperti, Valentino Rossi, Marco Bezzecchi, Luca Marini, Max Biaggi, Francesco Bagnaia, dan Fabio Di Giannantonio.

4. Andrea Dovizioso ingin menikmati hidup 

Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGPAndrea Dovizioso (instagram.com/rnfracingofficial)

Selepas performa buruk musim 2022, rumor pensiun Andrea Dovizioso beredar di paddock MotoGP. Pembalap Italia itu belum tahu bagaimana nasibnya musim 2023, sebab, kontraknya bersama Yamaha, akan akhir musim 2022.

“Aku mungkin akan menikmati hidup. Mengendarai motocross dan melakukan hal lain yang ada di pikiran aku,” kata Dovi dikutip Corsedimoto.

5. Persiapan GP Sachsenring 

Andrea Dovizioso Ingin Bersenang-senang jika Pensiun dari MotoGPAndrea Dovizioso (instagram.com/andreadovizioso)

Menjelang seri ke-10 MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada tanggal 17—19 Juni 2022, Andrea Dovizioso tidak memberi target. Tujuan dia hanya ingin bersenang-senang. 

Kendati demikian, ia berharap dapat tampil impresif yang memungkinkan dirinya melangkah lebih baik. Ditambah dengan hasil positif saat tes di Sirkuit Catalunya, kala ia mencari set-up pengereman.

“Sachsenring merupakan lintasan yang sangat berbeda dari biasanya. Tahun lalu, Yamaha mengalami kendala, jadi Aku tidak tahu apa yang dapat kita harapkan,” kata Dovi dikutip Corsedimoto.

 

Pembalap sekaliber Andrea Dovizioso tentu tidak menyangka dirinya tampil melempem bersama Yamaha. Padahal, selama berkarier di kelas utama, Dovi sudah mengemas 15 kemenangan. Mampukah Dovi meraih hasil impresif di Sirkuit Sachsenring? 

Baca Juga: Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung Tanduk

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya