Comscore Tracker

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit Mugello

Hari baik untuk Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio

Tim Ducati menunjukkan tajinya di Sirkuit Mugello, Italia. Pabrikan Borgo Panigale itu berhasil menempatkan lima pembalapnya di grid terdepan.

Para pembalap tersebut adalah Fabio Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, Luca Marini, Johann Zarco, dan Francesco Bagnaia. Hal yang tidak terduga ialah performa Diggia. Ia meraih pole position pertamanya sebagai rookie MotoGP. Bagaimana performa mereka pada sesi latihan bebas dan kualifikasi? Ikuti terus, ya!

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit MugelloFrancesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Sebagai pembalap tuan rumah, Francesco Bagnaia berhasil sapu bersih sesi latihan bebas FP1—FP4 di urutan tiga besar. Pada hari pertama, ia mencatatkan waktu gabungan 1 menit 45,940 detik, tertinggal dari Aleix Espargaro yang berhasil mencatatkan waktu 1 menit 45.891 detik.

Pada sesi FP3 dan FP4, Pecco selalu menjadi pembalap tercepat. Pada akhir sesi FP4, pembalap bernomor 63 itu menorehkan waktu 1 menit 46.614 detik. Torehan waktu itu membawanya lolos ke Q2. Pada sesi Q2, pembalap Italia itu sempat berada di urutan kedua. Sayangnya, pada akhir sesi Q2, ia bercokol di urutan kelima

2. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) 

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit MugelloJohann Zarco (instagram.com/pramacracing)

Johann Zarco juga memulai sesi latihan bebas pertama dengan cukup apik. Pada hari pertama, pembalap Prancis itu bercokol di urutan keempat dengan torehan waktu 1 menit 46,349 detik. Sayangnya, ia merosot ke urutan 14 pada akhir sesi FP4. Kendati demikian, berdasarkan hasil waktu gabungan, ia lolos masuk Q2.

Pada sesi Q2, saat waktu tinggal menyisakan 5 menit, Zarco sempat menjadi pembalap tercepat. Sayangnya, posisinya berhasil digeser kembali oleh Fabio Di Giannantonio. Akhirnya, ia mencatatkan waktu tercepat keempat dengan torehan waktu 1 menit 46,383 detik.

Baca Juga: Skema Ducati jika Enea Bastianini Bergabung ke Ducati Lenovo

3. Luca Marini (Mooney VR46 Racing) 

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit MugelloLuca Marini (Instagram.com/vr46racingteam)

Luca Marini memulai latihan bebas dengan sangat impresif. Pada sesi FP1, ia berada di urutan kesepuluh. Catatan itu diperbaiki pada sesi FP2 dengan finis di posisi kelima. Adik Valentino Rossi itu juga kembali memperbaiki catatan waktunya pada sesi FP3, namun kembali tersungkur pada sesi FP4. Namun, ia berhasil lolos Q2.

Pada akhir sesi Q2, pembalap bernomor 10 itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 46, 327 detik. Dengan torehan waktu itu, Marini berhasil start di urutan ketiga dan posisi terdepan kedua musim ini. Di Argentina, ia juga memulai start dari grid ketiga.

4. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) 

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit MugelloMarco Bezzecchi (instagram.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi merupakan pemimpin klasemen Rookie of the Year. Pembalap Italia itu memulai sesi latihan bebas dengan sangat impresif. Sebagai pembalap tuan rumah, ia ingin memberikan penampilan terbaiknya di kandang.

Pembalap bernomor 72 itu tembus Q2. Pada sesi Q2, ia mencatatkan waktu 1 menit 46,244 detik. Ia terpaut 0,088 detik dari Fabio Di Giannantonio yang meraih pole position.

5. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

Tim Ducati Menguasai 5 Grid Terdepan MotoGP di Sirkuit MugelloFabio Di Giannantonio (instagram.com/motogp)

Performa terbaik diperlihatkan oleh Fabio Di Giannantonio. Ia menjadi pembalap rookie pertama yang meraih pole position musim ini. Padahal, ia harus melewati sesi Q1 sebelum akhirnya menjadi pembalap tercepat sesi itu dan diikuti oleh Marc Marquez di urutan kedua. 

Pada sesi Q2, ia tampil trengginas. Sejak sesi Q2 dimulai, pembalap Italia itu selalu berada di urutan tiga besar. Ia berhasil mengakhiri sesi Q2 dengan catatan waktu 1 menit 46,156 detik. Torehan waktu itu membawanya start sebagai polesitter.

 

Tiga pembalap Italia menguasai grid terdepan GP Mugello. Mereka menampilkan performa terbaiknya pada saat sesi latihan bebas dan kualifikasi. Dengan hasil itu, apakah mungkin tiga bendera Italia berkibar di atas podium Sirkuit Mugello, Italia? Kita tunggu, yuk!

Baca Juga: Pembalap Mooney VR46 Racing Team Ingin Segera Taklukkan Mugello

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya