Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022

Komitmen Enea Bastianini untuk tampil konsisten

Nama Enea Bastianini jadi favorit penantang gelar juara dunia MotoGP 2022 usai meraih kemenangan di Sirkuit Le Mans, Prancis. Ia jadi pembalap pertama yang mendulang 3 kemenangan dari 7 seri yang sudah berjalan saat itu. 

Sayangnya, dewi fortuna tidak berpihak kepadanya pada empat seri berikutnya. Bastianini mendapat berbagai macam kendala yang membuatnya kerap kesulitan saat membalap. 

Ia turun ke urutan lima klasemen sementara pada akhir paruh musim pertama 2022. Meski begitu, Bastianini berkomitmen untuk memperbaiki performanya pada paruh kedua musim 2022. Bagaimana persiapan Enea Bastianini mengawali paruh kedua MotoGP 2022?

1. Persaingan ketat para jawara 

Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022ilustrasi balap MotoGP (instagram.com/hrc_motogp)

Para jawara bercokol di urutan lima besar klasemen sementara MotoGP 2022. Dari lima pembalap teratas, ada 2 nama lain yang juga mengemas 3 kemenangan selain Enea Bastianini, yakni Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo.

Selain mereka bertiga, ada Aleix Espargaro dan Johann Zarco yang rutin berdiri di atas podium. Kedua pembalap itu akan meramaikan persaingan para pembalap di atas lintasan pada paruh kedua musim 2022. 

2. Tiga kemenangan Enea Bastianini  

Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022Enea Bastianini dan Jack Miller (instagram.com/ducaticorse)

Tidak ada yang menduga jika Enea Bastianini akan tampil sangat gemilang musim ini. Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia yang digadang-gadang jadi point of view musim ini belum memperlihatkan potensi terbaiknya hingga GP Prancis. 

Di saat mereka masih berkutat dengan motor masing-masing, Enea Bastianini mengunci kemenangan ketiganya di Sirkuit Le Mans. Ia pun mengukuhkan diri sebagai pemuncak klasemen dari tujuh balapan yang sudah digelar.

Baca Juga: 5 Podium Milik Enea Bastianini di Kelas MotoGP, Selalu Tampil Buas

3. Hasil paruh pertama masih jauh dari ekspektasi 

Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022Enea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Sayangnya, pembalap berjuluk La Bestia itu tidak konsisten. Dari kemenangan terakhirnya di Le Mans, finis terbaik Bastinini ialah urutan kesepuluh di Sachsenring.

Ia tercatat 3 kali kecelakaan, 2 kali urutan ke-11 dan ke-10, dan 1 kali urutan ke-8 dari sebelas balapan. Torehan itu masih jauh dari bayangan peraih gelar juara dunia pembalap.

4. Jeda paruh musim jadi momen refleksi 

Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022Enea Bastianini (instagram.com/gresiniracing)

Kendati demikian, Bastianini sadar dengan kekurangannya pada paruh pertama MotoGP 2022. Oleh karena itu, ia ingin membuktikan diri bahwa dirinya bisa memperbaiki catatan buruknya pada paruh kedua.

“Akhirnya dimulai lagi. Jeda paruh musim sangat berguna untuk kembali membuat rencana dan menganalisis kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi,” kata Bestia dikutip Tuttomotoriweb.

5. Komitmen Enea Bastianini untuk tampil konsisten meraih hasil positif 

Enea Bastianini Ingin Tampil Ciamik Usai Jeda Paruh Musim 2022Enea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Seri ke-12 MotoGP akan digelar di Sirkuit Silverstone pada 5—7 Agustus 2022. Bastianini tak sabar kembali mengaspal di atas motor Desmosedici GP21 miliknya. 

Ia mengaku optimis mengawali paruh kedua musim ini. Pembalap bernomor 23 itu berkomitmen untuk tampil konsisten dan mengupayakan hasil positif pada setiap seri balapan. 

“Silverstone adalah sirkuit yang luar biasa. Kami siap dan berharap untuk membangun tren positif pada paruh kedua musim ini,” lanjut Bestia.

 

Selisih 67 poin dari Fabio Quartararo yang berada di puncak klasemen tentu bukan angka yang kecil. Mental juara Enea Bastianini akan diuji pada sembilan balapan tersisa, di mulai dari Sirkuit Silverstone akhir pekan ini. Mampukah ia kembali ke jalur perebutan gelar juara? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan Silverstone

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya