Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGP

Sempat tersangkut kasus doping

Andrea Iannone sudah tak sabar kembali membalap di atas motor MotoGP. Ia lama tidak berkompetisi di atas lintasan. Sebab, Iannone tersangkut kasus doping pada akhir musim 2019 usai membalap di Sirkuit Sepang, Malaysia. 

Meski tak setuju dengan hasil keputusan itu, Iannone tetap harus menjalani hukuman yang dijatuhkan kepadanya. Sejak saat itu, ia hanya bisa berlatih mandiri. Iannone pun berharap bisa kembali membalap di mana pun tempatnya.

Sebesar apa hasrat Andrea Iannone kembali menjajal MotoGP?

1. Kiprah Andrea Iannone  

Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGPAndrea Iannone (instagram.com/andreaiannone)

Karier balap Andrea Iannone di kelas utama dimulai pada 2013. Pembalap Italia itu ditarik tim Pramac Ducati setelah berhasil duduk di urutan ketiga klasemen Moto2 2012. 

Selama 7 tahun berkiprah di kasta tertinggi kejuaraan MotoGP, Iannone tiga kali berpindah tim, yakni Ducati, Suzuki, dan Aprilia. Hasil terbaiknya ialah urutan kelima klasemen akhir MotoGP 2015.

2. Raihan podium  

Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGPAndrea Iannone (instagram.com/andreaiannone)

Andrea Iannone menghabiskan waktu 4 tahun bersama Ducati. Selama berkarier di pabrikan Borgo Panigale, pembalap yang dijuluki The Maniac itu berhasil mengemas 1 kemenangan, 1 kali podium kedua, dan 5 kali podium ketiga.

Iannone pindah ke tim Suzuki pada 2017. Bersama tim Hamamatsu itu, ia mengoleksi 1 kali podium kedua dan 3 kali podium ketiga. Namun, ia belum pernah naik ke atas podium bersama Aprilia pada 2019.

Baca Juga: Kabar Terbaru Andrea Iannone, Rider MotoGP yang Terkena Sanksi

3. Kasus doping 

Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGPAndrea Iannone (instagram.com/andreaiannone)

Sudah hampir 3 musim Andrea Iannone tidak membalap di berbagai kompetisi. Hal itu terjadi karena Iannone dinyatakan positif menggunakan drostanole.

Sejumlah upaya telah dilakukan Iannone untuk keluar dari permasalahan tersebut. Ia mengajukan banding, tetapi tidak digubris Tasmanian Institute of Sport (TAS).

4. Ingin kembali mengaspal 

Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGPAndrea Iannone (instagram.com/andreaiannone)

Hukumannya tersisa hingga Desember 2023, Iannone masih menyimpan hasrat untuk mengaspal di ajang balap motor meskipun saat ini umurnya telah menyentuh 33 tahun. Ia mengaku bahwa dirinya masih bisa bersaing untuk memperjuangkan kemenangan atau podium.

“Aku ingin kembali. Aku tidak tahu di mana, bagaimana, dan kapan,” ucap Iannone dikutip Tuttomotoriweb.

5. Tak tertarik jika sebagai test rider 

Hasrat Andrea Iannone Kembali Menjajal MotoGPAndrea Iannone (instagram.com/andreaiannone)

Sebagai salah satu pembalap veteran, Iannone tidak berharap dirinya ditempatkan sebagai test rider. Namun, ia pun sadar ada banyak perubahan saat ini. Ia harus bisa beradaptasi jika pada kemudian hari diberi kesempatan kembali membalap. 

“Aku merasa cepat dengan referensi yang aku punya. Aku menyimpan hasrat untuk mendorong diriku sendiri,” lanjut Iannone.

Bagi Andrea Iannone, kembali ke kompetisi balap motor tentu bukan hal mudah. Ia harus beradaptasi lagi dengan motor yang terus berkembang. Apakah ada kesempatan baginya membalap di  MotoGP lagi?

Baca Juga: Kesal Disalip Rossi, Benarkah Lorenzo Sengaja Celakakan Iannone?

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya