Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di Eropa

Siap tampil beringas pada sisa musim

Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, mengaku puas dengan hasil GP Amerika pada 2022 ini. Kendati belum pernah keluar sebagai pemenang, ia cukup kompetitif untuk bersaing di barisan depan pada tiap seri.

Pencapaian impresif para pembalap Suzuki pada empat seri pertama memang mengesankan. Joan Mir dan rekannya menempatkan tim di puncak klasemen.

Suzuki kini meraih total 102 poin. Mereka unggul 32 poin dari saingan terdekatnya, Red Bull KTM Factory Racing. Dari hasil terakhir di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (10/4/2022), para pembalapnya menempati urutan ke-2 dan ke-4.

1. Pembalap Suzuki selalu finis berdekatan sejak seri pertama pada 2022

Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di EropaJoan Mir dan Alex Rins (instagram.com/suzukimotogp)

Penampilan impresif Joan Mir dan Alex Rins pada 2022 tampak sejak seri pembuka di Qatar. Mereka finis di urutan ke-7 dan ke-8.

Pada seri kedua di Indonesia, keduanya juga finis di urutan ke-5 dan ke-6. Sedangkan, di Argentina, mereka finis di urutan ke-4 dan ke-5. Hingga seri terakhir di Amerika Serikat, Mir dan Rins selalu tampil kompetitif dengan meraih poin.

2. Frankie Carchedi memuji performa Joan Mir di GP Amerika

Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di EropaJoan Mir (instagram.com/joanmir36official)

Joan Mir memulai start di grid ke-8. Sejak awal balapan, ia tampil apik dengan menempel di barisan kedua. Mir berada di belakang Jack Miller dan Enea Bastianini.

Kepala kru Joan Mir lantas memuji kinerja pembalapnya di Amerika Serikat. Menurut Frankie Cacherdi, pembalap dengan nomor 36 itu tampil sangat memukau.

Baca Juga: Joan Mir Senang dengan Pencapaiannya meski Belum Pernah Podium

3. Joan Mir puas dengan GP Amerika 

Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di EropaJoan Mir (instagram.com/suzukimotogp)

COTA sebenarnya bukan lintasan favorit Joan Mir. Ia mengaku balapan di Amerika Serikat bukan balapan yang ia sukai. Morfologi COTA yang berada di tengah perbukitan menjadi rintangan bagi para pembalap.

“Trek ini berbeda dengan yang lain. Saya tidak menikmati berkendara di lintasan ini,” ujar Mir dikutip laman MotoGP.

Kendati tidak berhasil podium, Mir mengaku puas dengan pencapaiannya di Amerika Serikat. Penampilannya membuat Suzuki berada di atas.

4. Empat seri pembuka merupakan modal utama 

Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di EropaJoan Mir (instagram.com/suzukimotogp)

Empat seri MotoGP di luar Eropa merupakan tantangan tersendiri bagi Joan Mir. Penampilan apik selama empat seri awal menjadi modal sebelum bertolak ke seri Eropa.

Pembalap Spanyol itu boleh saja menunjukan performa apik di GP Amerika. Kendati begitu, masih perlu banyak peningkatan untuk memperbaiki tiap masalah kecil. Sebab, perbaikan juga bakal jadi modal bersaing pada seri selanjutnya.

“Saya senang dan saya yakin bahwa segala urusan akan berjalan lancar di Eropa. Kami akan menjadi lebih kuat,” ujar Mir dikutip Speedweek.

5. Joan Mir berusaha untuk lebih kuat di Eropa

Joan Mir Percaya Diri Menjelang Seri MotoGP di EropaJoan Mir (instagram.com/joanmir36official)

Joan Mir merasa raihannya dan Alex Rins sejauh ini menjadi bukti kekuatan Suzuki. Kendati begitu, ia perlu melakukan perbaikan pada sesi kualifikasi bersama rekan satu timnya agar meraih waktu putaran yang lebih baik.

“Saya pikir kami akan bisa meraih hasil bagus di Portimao, Portugal. Selain itu, saya juga menyukai lintasan Jerez. Kami akan melihat seperti apa posisi kami pada akhirnya dengan menjalani tiap balapan di Eropa,” ujar Mir lagi.

Suzuki berhasil duduk di urutan pertama klasemen sementara tim. Itu terjadi berkat performa trengginas kedua pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins, pada tiap seri musim ini. Menjelang seri di Eropa, mampukah mereka konsisten meraih hasil positif?

Baca Juga: Alex Rins dan Joan Mir Konsisten, Suzuki Ecstar Pimpin Klasemen Tim

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya