Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac Lagi

Siap tampil kompetitif pada sisa musim 2022

Jorge Martin ialah rookie terbaik MotoGP 2021. Digadang-gadang jadi pesaing kuat, ia justru terseok-seok untuk bertarung di barisan depan. Bahkan, dari 9 balapan, 5 di antaranya tidak berujung poin. 

Meski begitu, berkat penampilan ciamiknya di Sirkuit Catalunya, Jorge Martin berhasil naik podium. Pembalap berjuluk The Martinator itu bersaing ketat dengan Aleix Espargaro selama membalap di sana. Saat balapan menyisakan satu putaran, Aleix melakukan blunder, Martin mengambil kesempatan itu dan mengakhiri balapan di urutan kedua.

1. Pembalap debutan terbaik pada 2021

Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac LagiJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Musim 2021 adalah musim perdana Jorge Martin di kelas premier. Pembalap berusia 24 tahun itu menyelesaikan musim debut sebagai Rookie of the Year. Ia sendiri bercokol di urutan kesembilan klasemen akhir MotoGP 2021. 

Pembalap Spanyol itu mengemas 1 kemenangan, 1 podium kedua, dan 2 podium ketiga pada 2021. Sedangkan, pesaing terkuatnya, Enea Bastianini, hanya meraih dua kali podium ketiga.

2. Jack Miller cabut ke KTM, Jorge Martin dan Enea Bastianini terus bersaing 

Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac LagiJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Pada Kamis (9/6/2022), pabrikan KTM secara resmi mengumumkan bahwa Jack Miller akan membalap dengan pabrikan Austria itu mulai 2023. Sebelumnya, Jorge Martin, Enea Bastianini, dan Jack Miller berebut kursi tim pabrikan Ducati Lenovo. Dengan pengumuman tersebut, praktis perebutan kursi makin mengerucut kepada dua pembalap, Enea Bastianini dan Jorge Martin.

Jika dilihat dari performa kedua pembalap itu pada 2022 ini, Bastianini punya total podium lebih banyak, yakni tiga kemenangan di Qatar, Amerika Serikat, dan Prancis. Sementara itu, Martin baru meraih dua podium kedua di Sirkuit Termas de Rio Hondo dan Catalunya. Kendati belum ada pengumuman resmi, Bastianini difavoritkan masuk ke tim pabrikan.

Saat ini, Bastianini bercokol di urutan ketiga klasemen pembalap. Sedangkan, Martin berada di urutan ke-12. Selisih poin kedua pembalap itu 43 poin.

Baca Juga: Ambisius! Jorge Martin Targetkan Masuk Tim Pabrikan Tahun 2023 Nanti

3. Target musim ini masuk lima pembalap terbaik di klasemen akhir 

Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac LagiJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Dengan awal musim yang buruk, Jorge Martin cukup realistis terkait target akhir musim 2022. Lima balapan tidak meraih poin membuat rasa kepercayaan diri Martin menciut. 

Meski begitu, berkat podium kedua di Sirkuit Catalunya, kepercayaan dirinya secara perlahan kembali. Pembalap bernomor 89 itu akan berjuang untuk urutan lima besar di klasemen akhir musim.

4. Masa depan bersama Ducati 

Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac LagiJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Jorge Martin jadi satu-satunya pembalap pesaing Enea Bastianini dalam perebutan kursi tim Ducati Lenovo. Namun, ia sadar bahwa posisinya saat ini tidak menguntungkan jika dibandingkan dengan Bastianini. 

Martin mengakui bahwa Bastianini memang layak mendapat kursi tim pabrikan. Namun, pembalap Prima Pramac Racing itu akan berjuang sebaik mungkin dan tetap fokus. Martin juga yakin bisa tampil kompetitif di Austin, Silverstone, dan Aragon.

“Pramac adalah tim terbaik dan aku senang berada di sini serta kekeluargaan yang kami bentuk. Jika aku tidak ke tim pabrikan, aku akan mengejar motor pabrikan,” kata Martin dikutip Motosan.

5. Berharap tampil ciamik di GP Sachsenring, Jerman 

Jorge Martin Kejar Spek Motor Tim Pabrikan jika Bersama Pramac LagiJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Pada Senin (6/6/2022), Jorge Martin menjalani operasi lengan. Operasi itu dilakukan di Policlinico di Modena.

Setelah operasi, Martin mengunggah kondisi terbaru di laman media sosial pribadinya. Ia pun mengatakan bahwa akan berjuang sebaik mungkin agar dapat tampil kompetitif di Sirkuit Sachsenring, Jerman, yang akan berlangsung pada 17—19 Juni 2022. Martin optimis kondisinya segera pulih.

Kendati memulai musim dengan terseok-seok, Jorge Martin ialah salah satu pembalap terbaik di grid MotoGP 2022. Setelah menjalani proses pemulihan dan kembali fit, Martin akan berusaha tampil dengan performa terbaiknya.

Baca Juga: Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama Ducati

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya