Comscore Tracker

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2

Selisih 2 poin dengan sisa 4 balapan

Lagu kebangsaan Jepang berkumandang usai Ai Ogura merebut kemenangan ketiganya di Moto2 2022 di Sirkuit Motegi, Jepang (25/9/2022). Augusto Fernandez dan Alonso Lopez mengikutinya di tempat kedua dan ketiga.

Berkat kemenangan itu, Ogura berhasil memangkas selisih poin menjadi dua poin dengan Augusto Fernandez yang memimpin klasemen sementara. Dengan sisa empat balapan pada 2022, Augusto Fernandez dan Ai Ogura akan menjadi pesaing terkuat dalam perebutan gelar juara dunia Moto2 2022.

Simak beberapa rangkuman gelaran Moto2 di Sirkuit Motegi, Jepang.

1. Mimpi buruk Aron Canet 

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2Aron Canet (instagram.com/aroncanet)

Sangat disayangkan Aron Canet tak bisa mengonversi pole position menjadi kemenangan. Ia terpaksa keluar balapan lebih awal usai mengalami insiden pada putaran keempat. 

Padahal, sebelum insiden tersebut, Canet berhasil menjauh dari kejaran beberapa pembalap di belakangnya dengan selisih waktu hampir 2 detik. Saat terjatuh, ia kembali melanjutkan balapan, sayang ia terjatuh untuk kedua kalinya beberapa putaran sebelum chequered flag.

2. Somkiat Chantra dan Alonso Lopez 

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2Alonso Lopez (instagram.com/alonsolopez_21)

Somkiat Chantra dan Alonso Lopez sempat memimpin beberapa putaran balapan. Usai Canet terperosok ke gravel, Chantra memimpi balapan selama tiga putaran.

Posisinya harus rela ia berikan kepada Alonso Lopez dan Ai Ogura yang tampil begitu dominan dan impresif. Sementara itu, saat balapan dipimpin oleh Lopez, ia terus dibayang-bayangi oleh pembalap tuan rumah, yakni Ai Ogura.

Sayangnya, Lopez pun harus memberikan posisinya kepada Ai Ogura. Itu terjadi saat balapan berjalan tiga belas putaran.

Baca Juga: Klasemen Pembalap MotoGP Jelang GP Motegi, Marquez Jadi Kuda Hitam

3. Dominasi Ai Ogura  

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2Ai Ogura (instagram.com/motogp)

Tak dimungkiri jika Ai Ogura tampil begitu meyakinan sebagai pembalap tuan rumah. Meski sempat tertatih-tatih menjalani sesi kualifikasi (qualification), di mana ia hanya mampu memulai balapan di grid ke-13, ia berhasil start dengan cantik dan bertarung dengan grup terdepan.

Ia berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh para pembalap di depannya dengan baik. Usai menekan Alonso Lopez dan mengambil posisi terdepan, Ogura terus menjauh dari kejaran para pembalap di belakangnya. 

Ia pun berhasil menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 40 menit 56,269 detik. Ia meninggalkan Augusto Fernandez di tempat kedua dengan selisih waktu 1,192 detik.

4. Augusto Fernandez  

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2Augusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Satu pembalap lagi yang tampil impresif ialah Augusto Fernandez. Pembalap yang musim depan akan memperkuat tim GASGAS Factory Racing Team itu memulai balapan dari grid ke-11.

Berbeda dengan Ogura, Pembalap Spanyol itu sempat terjebak dan mengejar posisi kedua dari urutan ke-10. Namun, secara perlahan, berkat motor dan kemampuannya yang mumpuni, ia berhasil menyusul satu per satu pembalap dan mengakhiri balapan di urutan kedua.

5. Klasemen Moto2 

Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2Ai Ogura (instagram.com/aiogura79)

Perebutan gelar juara dunia Moto2 makin mengerucut. Posisi pertama masih menjadi milik Augusto Fernandez dengan raihan 234 poin. Ia diikuti oleh Ai Ogura di tempat kedua dengan 232 poin.

Sementara itu, ada Aron Canet di urutan ketiga dengan total 177 poin dan Celestino Vietti di posisi keempat dengan 162 poin. Sedangkan, tempat kelima masih milik Tony Arbolino dengan 138 poin.

Dengan sisa empat balapan, nama Augusto Fernandez dan Ai Ogura menjadi penantang terkuat gelar juara dunia Moto2 2022. Akan sulit bagi Aron Canet dan Celestino Vietti mengejar kedigdayaan Fernandez dan Ogura pada sisa balapan musim ini.

Baca Juga: Sirkuit Motegi Jepang Hujan Deras, Akun MotoGP Panggil Mbak Rara 

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya