Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru 

Pembalap termuda yang meraih kemenangan di kelas Moto2

Pedro Acosta mengunci kemenangan pertamanya musim ini di kelas Moto2 di Sirkuit Mugello, Italia. Juara dunia Moto3 itu sempat bertarung ketat bersama Aron Canet hingga pertengahan balapan.

Kemenangan di Sirkuit Mugello, Italia, menjadi salah satu hadiah tak terlupakan bagi Acosta yang baru saja merayakan ulang tahun ke-18. Kini, namanya tercatat sebagai pembalap termuda yang pernah memenangi seri balapan di kelas Moto2.

Lantas, bagaimana sepak terjang performa Pedro Acosta musim ini? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Juara dunia Moto3 2021 

Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru Pedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Pedro Acosta merupakan salah satu pembalap rookie Moto2 2022. Pada tahun 2021, pembalap bernomor 51 itu mengunci gelar juara dunia di kelas Moto3. Berkat penampilan impresifnya, ia pun naik ke kelas Moto2 dengan tim yang sama, yakni Red Bull KTM Ajo.

Pembalap Spanyol itu tidak perlu waktu lama untuk naik ke kelas Moto2. Tahun 2021 juga merupakan musim rookie-nya di kelas Moto3. Ia tampil meyakinkan dengan meraih 6 kemenangan, 1 podium kedua, dan 1 podium ketiga.

Berkat konsistensinya, ia berhasil mengumpulkan 259 poin dan mengunci juara dunia di musim debutnya di kelas Moto3. Ia meninggalkan Dennis Foggia dari Leopard Racing yang hanya mengumpulkan 216 poin.

2. Musim debut Moto2 2022 

Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru Pedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Sebagai pembalap debutan, Pedro Acosta perlu beradaptasi dengan motornya. Dari tujuh seri yang telah dilakoni di awal musim, finis terbaik Acosta terjadi di GP Argentina saat ia bisa finis di urutan ketujuh. 

Sementara itu, di Qatar Acosta finis urutan ke-12, di Indonesia urutan ke-9, dan di Spanyol urutan ke-20. Ia juga tercatat tiga kali DNF, yaitu pada seri balapan di Amerika Serikat, Portugal, dan Prancis. 

Baca Juga: 5 Fakta Pedro Acosta, Pembalap Spanyol Juara Moto3 2021

3. Nasib sial di GP Prancis 

Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru Pedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Nasib sial menimpa Pedro Acosta di Prancis. Pada sesi latihan bebas FP2 dan FP3, pembalap Spanyol itu keluar sebagai pembalap tercepat. Momen indah itu berlanjut di sesi kualifikasi saat ia berhasil mengunci pole sitter.

Pada saat balapan, ia pun tampil sangat dominan bersama rekan satu timnya, Augusto Fernandez. Sayangnya, Acosta harus menelan pil pahit akibat kecelakaan yang ia derita saat balapan baru memasuki 10 putaran.

4. Kemenangan pertama Pedro Acosta

Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru Pedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Pertarungan ketat terjadi antara Aron Canet dan Pedro Acosta pada seri GP Mugello, Minggu (29/5/2022). Mereka berdua mendominasi sejak awal balapan. Namun, ia terus dibuntuti oleh para pembalap lain, yakni Celestino Vietti, Joe Roberts, Ai Ogura, Tony Arbolino, dan Sam Lowes.

Beruntung bagi Acosta karena Vietti dan Lowes terpaksa keluar balapan terlebih dahulu. Vietti mengalami kendala teknis, sedangkan Lowes bersenggolan dengan rekan satu timnya, Tony Arbolino.

Sejak Aron Canet kecelakaan, Pedro Acosta pun semakin dominan hingga menyentuh garis finis. Ia meninggalkan Joe Roberts jauh di urutan kedua dengan selisih waktu 4,051 detik.

5. Pedro Acosta mencatatkan rekor baru

Kemenangan Pedro Acosta di GP Mugello Jadi Catatan Sejarah Baru Pedro Acosta (instagram.com/redbull_ktm_ajo)

Pedro Acosta termasuk salah satu pembalap muda di kelas Moto2. Berkat kemenangan itu, kini namanya pun tercatat sebagai pembalap termuda yang meraih kemenangan di kelas Moto2. 

Pembalap kelahiran tahun 2004 itu mengunci kemenangan pertama di kelas Moto2 saat umurnya saat ini masih 18 tahun 4 hari. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh nama-nama besar, seperti Dani Pedrosa (18 tahun 202 hari) dan Marc Marquez (18 tahun 57 hari).

Kemenangan di Sirkuit Mugello, Italia, tentunya menjadi kado ulang tahun terbaik bagi Pedro Acosta. Bukan tidak mungkin di umurnya saat ini, ia bakal kembali mencatatkan rekor-rekor baru di kejuaraan MotoGP. Catatan rekor apa saja yang bisa dipecahkan oleh Pedro Acosta musim ini?

Baca Juga: Pedro Acosta, Calon Legenda Balap MotoGP?

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya