Comscore Tracker

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGP

Keputusan ada di tangan Dorna

Leopard Racing merupakan tim papan atas di kelas Moto3. Sejak bergabung pada 2015, Leopard langsung menyabet gelar juara dunia dengan pembalapnya Danny Kent. Gelar demi gelar yang diraih oleh tim membuat tim makin disegani.

Kabar terbaru yang membuat garasi MotoGP gempar adalah hengkangnya pabrikan Suzuki dari kejuaraan balap. Apabila hal itu menjadi kenyataan, Leopard Racing memiliki kesempatan untuk mengisi kekosongan itu.

1. Pembalap MotoGP yang pernah bersama Leopard Racing 

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGPFabio Quartararo dan Joan Mir (instagram.com/le0pardracing)

Leopard memulai musim debut pada 2015. Sejak itu, tim yang identik dengan warna sky blue leopard itu menjadi salah satu tim yang disegani.

Para pembalap kelas utama saat ini sempat berkarier di sana. Mereka di antaranya, Joan Mir, Enea Bastianini, dan Fabio Quartararo. Pada 2016, Joan Mir meraih Rookie of the Year. Pada 2017, Mir menjadi juara dunia Moto3.

2. Tim penantang gelar juara dunia Moto3 2022 

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGPDennis Foggia dan Tatsuki Suzuki (instagram.com/le0pardracing)

Saat ini, Leopard Racing memiliki dua pembalap, yaitu Dennis Foggia dan Tatsuki Suzuki. Tahun lalu, Dennis Foggia adalah runner-up di kelas Moto3.

Dennis Foggia memulai musim 2022 dengan cemerlang. Pembalap muda Italia itu sudah mengkoleksi tiga podium. Saat ini, ia berada di urutan kedua klasemen pembalap dengan total 82 poin. Foggia tertinggal 21 poin dari Sergio Garcia (Gaviota GASGAS Aspar Team) yang telah mengkoleksi 103 poin.

Baca Juga: Espargaro: Aprilia Punya Peluang Jadi Juara MotoGP 2022

3. Keinginan untuk turun di kelas utama MotoGP 

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGPLeopard Racing 2022 (instagram.com/le0pardracing)

Leopard Racing sudah lama menyimpan mimpi ikut bersaing di kelas utama. Tahun ini, mereka harus merelakan mimpinya diambil Mooney VR46 Racing Team setelah hengkangnya tim Esponsorama.

Direktur teknis Leopard, Christian Lundberg, mengatakan bahwa mereka akan menunggu perkembangan situasi terkait hengkangnya Suzuki dari MotoGP. 

“Saya pikir Suzuki bisa pergi semudah itu karena kontraknya berakhir hingga tahun 2026. Bila tempat itu kosong, kami akan sangat senang,” ucap Lundberg dikutip Motorsport-total.

4. Keputusan final ada ditangan Dorna Sport 

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGPgarasi MotoGP (instagram.com/motogp)

Lundberg mengatakan bahwa timnya memiliki keseriusan untuk tampil di kelas utama. Tahap diskusi sudah dilakukan antara pihak tim dan Dorna Sport.

“Kami sudah menjelaskan beberapa waktu lalu tentang keinginan masuk ke MotoGP. Masalahnya adalah kami tidak tahu berada di urutan berapa tim kami di dalam daftar,” kata Lundberg.

5. Kemungkinan kerja sama dengan Aprilia

Leopard Racing Tertarik Menjadi Tim Satelit Aprilia di MotoGPAprilia Factory 2022 (instagram.com/aprilia)

Minat Aprilia untuk membentuk tim satelit sudah bergema di garasi MotoGP. Massimo Rivola selaku CEO Aprilia menyampaikan minat membentuk tim satelit setelah melepas status tim konsesi.

Melihat peluang itu, Lundberg berkomentar bahwa Dorna harus mendukung tim pabrikan yang hanya memiliki dua motor. Pilihan itu adalah Aprilia.

“Kami sangat senang bila bekerja dengan Aprilia karena kami juga tim Italia. Saya pikir itu lebih mudah dari pada bekerja dengan tim Jepang,” ucap Lundberg dikutip Motorsport-total.

Kabar terkait perginya tim Suzuki akhir musim ini membuat geger garasi MotoGP. Di sisi lain, hal itu menjadi kesempatan bagi tim swasta yang ingin bekerja sama dengan tim pabrikan. Satu-satunya opsi tersisa adalah tim Aprilia. Bila Suzuki hengkang, akankah Leopard mengisi kekosongan itu?

Baca Juga: 5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGP

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya