Comscore Tracker

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit Mugello

Marquez ingin menemukan pengaturan terbaik RC213V

Seri kedelapan MotoGP 2022 akan berlangsung pada 27—29 Mei 2022 di Sirkuit Mugello, Italia. Marc Marquez memiliki rekor yang tidak terlalu baik di sana. 

Selama 10 musim mengaspal di kelas utama, pembalap Spanyol itu baru tiga kali naik ke atas podium. Dari 3 podium, Marquez hanya 1 kali keluar sebagai juara balapan, yakni pada 2014. Namun, ia ingin memaksimalkan semuanya pada kesempatan tahun ini.

1. Tiga podium dan satu kemenangan 

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit MugelloMarc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Hanya tiga kali Marc Marquez naik ke atas podium Sirkuit Mugello. Dari 8 kali balapan di sana, Marquez bahkan tercatat mengalami 3 kali did not finish (DNF), yakni pada 2013, 2015, dan 2021. Ia baru mampu finis ke-6 pada 2017 dan ke-16 pada 2018.

Kemenangan pertama ia rengkuh pada 2014. Saat itu, ia diikuti dua pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo (2) dan Valentino Rossi (3). Pada 2016 dan 2019, Marquez finis di urutan kedua.

2. MotoGP 2022 yang sulit bagi Marc Marquez 

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit MugelloMarc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Dari 7 balapan MotoGP 2022, Marc Marquez hanya mendulang 54 poin. Pembalap Cervera itu juga dua kali melewatkan balap di Indonesia dan Argentina karena menjalani program pemulihan. Kondisi matanya memburuk buntut highside di Pertamina Mandalika International Street Circuit saat sesi pemanasan.

Posisi terbaiknya musim ini ialah urutan keempat saat balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Sedangkan, pada seri terakhir di Prancis, pembalap bernomor 93 itu harus puas finis di urutan keenam.

Baca Juga: Incar Posisi Podium, Marc Marquez Optimis Sambut MotoGP Seri Italia

3. Komentar Chicho Lorenzo soal performa Marc Marquez 

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit MugelloMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Ayah Jorge Lorenzo, yakni Chicho Lorenzo, mengomentari performa mantan rekan satu tim anaknya, yaitu Marc Marquez. Menurutnya, kondisi fisik dan motor Marquez tidak berada di posisi perebutan juara dunia. 

Chicho melihat bahwa dengan kondisi fisiknya tahun lalu, Marquez meraih tiga kemenangan di lintasan favoritnya. Namun, berbeda dengan musim ini, The Baby Alien gagal membawa kemenangan di sirkuit di mana ia selalu tampil dominan, yaitu Circuit of the Americas (COTA), Amerika Serikat.

Ada dua faktor utama yang membuat Marquez kelimpungan. Menurut Chicho, faktor pertama ialah kondisi lengan dan bahu yang belum pulih maksimal. Faktor kedua adalah motor RC213V. Marquez harus beradaptasi dengan gaya balapnya agar dapat mengendalikan motor terbaru yang sangat berbeda.

4. Marc Marquez memiliki perasaan yang baik menjelang GP Italia 

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit MugelloMarc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Tidak dimungkiri bahwa Marc Marquez terseok-seok mengawali musim MotoGP 2022. Kendati demikian, pembalap Cervera itu akan berupaya sebaik mungkin untuk dapat memaksimalkan potensinya pada akhir pekan di Sirkuit Mugello.

“Saat berkendara di Mugello, itu adalah trek yang bagus. Ia sangat cepat ditambah perasaan yang luar biasa saat balapan di lintasan lurus dengan motor MotoGP,” ucap Marquez dikutip Speedweek.

5. Bersama para teknisi, Marc Marquez akan mencari potensi motornya

Marc Marquez Akan Memaksimalkan Potensi RC213V di Sirkuit Mugellogarasi Repsol Honda (instagram.com/hrc_motogp)

Marc Marquez sedang berupaya semaksimal mungkin untuk mendapat pengaturan terbaik motor RC213V musim ini. Juara dunia enam kali ini ingin kembali tampil kompetitif dan bersaing dengan jajaran pembalap MotoGP lainnya.

“Kami akan melihat apa yang akan terjadi pada akhir pekan ini dan melihat situasi kami di sana. Saya akan terus bekerja dengan tim Honda agar dapat kembali ke tempat yang kami tahu potensi kami,” kata Marquez dikutip dari Motosan.

Berbekal 10 poin dari GP Prancis, The Baby Alien menempati urutan 10 klasemen pembalap. Pembalap Spanyol tersebut tentu ingin memperbaiki posisinya dan kembali ke jalur perebutan juara dunia musim ini.

Menjelang seri kedelapan di Sirkuit Mugello, Italia, yang akan berlangsung pada 27—29 Mei 2022, mampukah Marc Marquez mengunci kemenangan pertamanya musim ini? Kita saksikan nanti. 

Baca Juga: Marc Marquez Serahkan Putusan Nasib Pol Espargaro ke Pihak Honda

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya