Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGP

Pengaruh Dani Pedrosa serta kecerdasan layaknya Casey Stoner

Marc Marquez ialah juara dunia enam kali MotoGP. Ia memulai karier di kelas utama pada tahun 2013. Kala itu, ia langsung tandem dengan Dani Pedrosa di garasi Repsol Honda.

Musim ini adalah musim kesepuluh Marc Marquez bersama Repsol Honda. Ternyata, Dani Pedrosa adalah sosok di balik keperkasaan Marc Marquez. Kendati Dani Pedrosa belum pernah menjadi juara dunia di kelas utama, Marquez mengakui bahwa Pedrosa adalah sosok yang sangat berjasa baginya.

Simak ulasan lengkap seputar role model Marc Marquez dalam balap MotoGP berikut ini, ya!

1. Sepuluh tahun mengisi paddock Repsol Honda 

Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGPpotret tim Repsol Honda (instagram.com/hrc_motogp)

Marc Marquez merupakan salah satu pembalap Spanyol yang bersinar di MotoGP. Sejak naik ke kelas utama, Marquez hanya membela satu bendera, yakni Honda.

Ia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk pensiun bersama Honda. The Baby Alien ingin kembali meraih kejayaannya di atas motor RC213V.

“Tidak ada motor yang sempurna. Setiap motor memiliki kelebihan masing-masing. Anda akan selalu melihat bahwa motor dari pabrikan lain lebih unggul,” ucap Marquez dikutip dari Motosan.

2. Sosok Valentino Rossi dan Dani Pedrosa merupakan teladan bagi Marc Marquez 

Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGPpotret Dani Pedrosa (instagram.com/26_danipedrosa)

Sebelum naik ke kelas utama, Marc Marquez sangat mengidolakan Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. The Baby Alien mengakui bahwa kedua sosok itu adalah pembalap favoritnya.

Pada saat naik ke kelas utama, Marquez bertandem dengan Dani Pedrosa. Ia mengakui bahwa ia banyak belajar dari sosok Pedrosa pada musim debutnya di kelas premier.

Baca Juga: Marc Marquez Protes: Menyusul di MotoGP 2022 Susah

3. Marc Marquez mengikuti set-up motor Dani Pedrosa 

Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGPpotret Dani Pedrosa dan Marc Marquez (instagram.com/26_danipedrosa)

Menurut Marc Marquez, Dani Pedrosa memberi pengaruh besar pada perkembangan gaya balapnya. Sejak berbagi garasi dengan The Little Samurai, Marc Marquez pun mengalami perkembangan pesat.

Ia selalu meminta set-up motor seperti yang digunakan Pedrosa. The Baby Alien menjadikannya sebagai patokan saat balapan. Juara dunia enam kali itu mengakui bahwa apa yang ia tunjukkan saat ini adalah pengaruh besar dari Dani Pedrosa.

4. Mantan pelatih Marc Marquez mengakui kecerdasan Marc Marquez 

Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGPMarc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Pada musim debutnya di kelas premier, Marc Marquez ditemani oleh sosok Cristian Gabarrini. Kerja sama mereka di Repsol Honda berjalan satu tahun. Saat ini, Gabarrini berbagi kursi dengan Francesco Bagnaia di Ducati. 

Sosok Gabarrini adalah sosok fenomenal. Ia merupakan sosok di balik kegemilangan Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Menanggapi kondisi Marc Marquez saat ini, ia mengatakan bahwa The Baby Alien belum pulih. Selain itu, ia juga melihat bahwa pembalap Spanyol itu merubah gaya berkendara di atas RC213V. 

Gabarrini mengakui bahwa Marc Marquez memiliki kecerdasan layaknya Casey Stoner. Kendati hanya bekerja sama satu tahun dengan Marquez, ia banyak belajar darinya.

“Ia cerdas seperti Casey. Saya sangat beruntung bekerja dengan pembalap yang tangguh. Saya memperkaya pengalaman setiap saat,” ucap Gabarrini dikutip dari Motosan.

5. Perkembangan kejuaraan MotoGP 

Marc Marquez Ungkap Sosok yang Pengaruhi Gaya Balapnya di MotoGPsusunan pembalap MotoGP 2022 (instagram.com/motogp)

Kejuaraan MotoGP saat ini sangat kompetitif. Sulit membayangkan siapa yang dominan dari setiap seri balapan. 

Cristian Gabarrini pun mengakui hal itu. Jika dilihat dari persentase, menurutnya Valentino Rossi hanya mengeluarkan 90 persen kemampuannya saat meraih kemenangan 15 tahun lalu. Saat ini levelnya berbeda. Setiap pembalap harus mengeluarkan 95—100 persen kemampuan mereka untuk keluar sebagai juara dunia. 

Dengan kondisi fisik yang belum pulih dan kondisi motor yang belum mumpuni, Marc Marquez memang masih merasakan kesulitan untuk kembali ke jalur juara. Mampukah The Baby Alien kembali menemukan performa terbaiknya? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP Prancis

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya