Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano Ronaldo

Dua olahragawan Portugal yang sukses

Miguel Oliveira jadi satu-satunya pembalap Portugal yang berkiprah di MotoGP 2022. Ia sudah mengarungi MotoGP selama 4 tahun dengan mengemas 4 kemenangan selama berkarier di kelas utama.

Sebagai seorang Portugis, Oliveira kerap disandingkan dengan sosok Cristiano Ronaldo. Nama baik mereka terangkat setelah mengibarkan bendera Portugal di dua cabang olahraga berbeda.

1. Miguel Oliveira menjadi superstar olahraga Portugal

Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano RonaldoMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Miguel Oliveira patut diperhitungkan di ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Kepiawaiannya di atas motor KTM RC16 membuatnya dikagumi masyarakat Portugal. Ia selalu disambut masyarakat layaknya superstar tiap pulang berpergian. 

“Aku tidak melihat diriku sebagai superstar. Namun, aku mengambil peran di mana aku merasakan banyak pengakuan dari orang-orang Portugis,” kata Oliveira dikutip Motosan.

2. Miguel Oliveira mengikuti jejak Cristiano Ronaldo

Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano RonaldoChristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Popularitas Miguel Oliveira ialah implikasi dari kesuksesan ayah satu anak itu di MotoGP. Ia pun kerap disandingkan dengan nama besar lain, yakni Cristiano Ronaldo.

Oliveira dan Ronaldo punya tempat di hati masyarakat Portugal. Sebab, mereka berhasil mengibarkan bendera negara di dua cabang olahraga berbeda. Namun, Oliveira sendiri enggan dibandingkan dengan CR7. 

“Tidak adil membandingkan Ronaldo denganku. Sebab, ia sangat banyak pengikutnya di sosial media. Ia punya dunianya sendiri,” lanjut Miguel Oliveira.

Baca Juga: Alasan Miguel Oliveira Ogah Pindah ke Tim Tech3 KTM, Buka-bukaan!

3. Empat kali mendulang kemenangan

Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano RonaldoMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Empat kemenangan selama berkarier di MotoGP jadi bukti nyata ketangguhan Miguel Oliveira di atas motor. Apalagi salah satu kemenangan itu ia raih di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 2020.

Kemenangan pertamanya di kelas premier sendiri ia rengkuh di Sirkuit Red Bull Rings pada 2020. Itu ditambah dengan kemenangan di Sirkuit Catalunya pada 2021 dan Sirkuit Mandalika pada 2022.

4. Performa Miguel Oliveira di MotoGP 2022

Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano RonaldoMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Dari 11 balapan pada 2022, Miguel Oliveira sudah mengemas 1 kemenangan. Kemenangan itu terjadi di Sirkuit Mandalika. Ia menjadi pemenang pertama di sirkuit yang baru masuk ke dalam kalender MotoGP tersebut.

Oliveira sendiri tercatat dua kali kecelakaan di Qatar dan Prancis. Namun, ia juga berhasil 3 kali finis di urutan 10 besar dan 1 kali urutan ke-5. Dalam 4 balapan terakhir, Oliveira finis di urutan ke-9 secara beruntun.

5. Klasemen pembalap di MotoGP 2022

Miguel Oliveira Jadi Bintang Portugal, Ikuti Jejak Cristiano RonaldoMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Dari hasil balapan di muka, Miguel Oliveira berhasil mengumpulkan 71. Ia bercokol di urutan ke-12 klasemen pembalap. Oliveira tertinggal 101 poin dari pemimpin klasemen, Fabio Quartararo.

Meski begitu, ia berada di urutan kedua di antara para pembalap KTM. Selisihnya dengan Brad Binder hanya 22 poin. 

Miguel Oliveira membuktikan bahwa ia memang layak dicintai masyarakat Portugal. Mengibarkan bendera negara tidak seperti membalikan telapak tangan. Ada kisah jatuh-bangun sebelum meraih popularitas di MotoGP.

Baca Juga: 10 Hal Menarik tentang Miguel Oliveira, Sudah Tahu Belum?

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya