5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit 

Bukti kualitas juara dunia MotoGP

Marc Marquez tampil dengan performa terbaik di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, Senin (11/4/22) dini hari. Ia sempat mengalami kendala teknis yang membuatnya harus terlempar ke urutan paling buncit.

Meski begitu, Marquez mampu melewati delapan belas pembalap untuk dapat finis di urutan ke-6. Bukan tidak mungkin bagi The Baby Alien keluar sebagai juara apabila ia tidak mengalami nasib sial saat start dimulai.

Momen itu tidak terjadi 1 atau 2 kali, lho. Marquez memang mampu tampil trengginas meski dari posisi buncit di MotoGP.

1. Marc Marquez mengasapi 35 pembalap di GP Australia 2011 

5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit Marc Marquez (youtube.com/motogp)

Pada 2012, Marc Marquez masih turun di kelas Moto2. Ia harus melakukan start dari urutan terakhir, yaitu ke-38.

Hal itu disebabkan oleh penalti yang dijatuhkan kepadanya buntut insiden kecelakaan dengan Ratthapark Wilairot saat sesi kualifikasi. Race Director melakukan peninjauan ulang dan menjatuhkan penalti tambahan waktu 1 menit untuk The Baby Alien.

Penalti itu tidak menghentikan Marc Marquez. Saat balapan dimulai, ia berhasil melewati 16 pembalap di lap pertama dan menerobos ke urutan 10 besar saat balapan baru berjalan 4 putaran.

Terus mencoba menekan, akhirnya Marquez dapat masuk ke barisan terdepan di putaran ke-10. Pada akhir balapan, The Baby Alien mampu finis di urutan ke-3. Saat itu, podium pertama diraih oleh Alex De Angelis, sedangkan podium kedua diraih oleh Stefan Bradl.

2. Tahun 2012 di Jepang, Marc Marquez melewati 28 pembalap  

5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit Marc Marquez (youtube.com/motogp)

Berbeda dengan Australia pada tahun sebelumnya, Marc Marquez memulai start di grid ke-2. Sayangnya, saat lampu hijau menyala, Marquez melakukan kesalahan yang membuatnya dilewati oleh para pembalap dan memulai dari urutan tiga di belakang.

Hebatnya, ia berhasil melewati semua pembalap dan mengakhiri balapan di urutan pertama. Momen itu terjadi di Sirkuit Motegi, Jepang.

Baca Juga: Mengapresiasi Comeback Marc Marquez di MotoGP Amerika

3. Keluar sebagai juara di Valencia, Marc Marquez melewati 32 pembalap 

5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit Marc Marquez di Valencia 2012 (youtube.com/motogp)

Seri penutup Moto2 2012 di Valencia, Marc Marquez memulai start dari grid ke-33. Ia kembali terkena penalti akibat manuvernya sebelum balapan yang membahayakan pembalap lain.

Kendati demikian, Marquez berhasil keluar sebagai juara pada seri penutup tersebut. Selain itu, ia menjadi juara dunia Moto2 2012 dengan total 328 poin. Saingan terberat The Baby Alien saat itu adalah rekan satu timnya saat ini, Pol Espargaro. Ia mengumpulkan total 269 poin dan mengamankan diri sebagai runner-up Moto2.

4. Assen saksi kepiawaian Marc Marquez bertarung dengan tiga belas pembalap pada 2021

5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Marc Marquez mengalami kecelakaan pada sesi Q1 di Sirkuit Assen, Belanda, pada 2021 lalu. Balapan itu merupakan balapan ke-7 setelah comeback dari cedera yang ia alami pada 2020.

Akibat kecelakaan itu, ia harus puas start di urutan ke-20. Kendati demikian, kondisi itu tidak menghalangi penampilan apik Marc Marquez. Ia berhasil finis di urutan ke-7.

5. Kendala teknis sebelum start di GP Amerika 2022

5 Momen Trengginas Marc Marquez saat Comeback dari Urutan Buncit Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Seri keempat MotoGP Amerika merupakan balap comeback Marc Marquez sejak didiagnosis mengalami penglihatan ganda buntut dari kecelakaan di GP Indonesia. Ia kembali ke Amerika Serikat sebagai juara bertahan musim lalu.

Marquez memulai start dari grid ke-9. Sayangnya, The Baby Alien mengalami kendala teknis menjelang start di COTA.

Akibatnya, ia harus disusul oleh semua pembalap di belakangnya dan mulai dari urutan paling buncit. Hal itu ternyata tidak menjadi masalah besar baginya. Sebagai The King of COTA, ia membuktikan kualitasnya dengan finis di urutan ke-6.

Momen buruk sempat beberapa kali menghantui Marc Marquez menjelang start. Kendati begitu, ia selalu memperlihatkan kualitas dirinya sebagai juara dunia enam kali MotoGP dengan terus berjuang meraih hasil terbaik.

Baca Juga: Marc Marquez Terinspirasi Comeback Ajaib Rafael Nadal

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya