6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh Musim

Ducati jadi tim paling konsisten pada paruh musim pertama

Delapan pembalap Ducati meramaikan persaingan MotoGP 2022. Dari 8 nama, 6 pembalap Ducati berhasil naik podium sebelum jeda paruh musim.

Sementara ini, hanya Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini yang sudah meraih kemenangan. Mengoleksi tiga kemenangan pada 2022, Bastianini digadang-gadang akan menjadi tandem Bagnaia di tim pabrikan. 

Ada juga empat pembalap lain yang sudah naik podium. Mereka adalah Jack Miller, Johann Zarco, Jorge Martin, dan Marco Bezzecchi.

1. Johann Zarco (2 kali podium ke-2 dan ke-3) 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimJohann Zarco (instagram.com/pramacracing)

Johann Zarco merupakan pembalap motor Ducati paling konsisten pada 2022. Dari 11 balapan musim ini, pembalap Prancis itu sudah 4 kali naik podium.

Dua podium kedua ia dapatkan di Sirkuit Sachsenring dan Portimao. Sedangkan, podium ketiga ia raih di Sirkuit Mandalika dan Catalunya. 

Buah dari konsistensinya itu menempatkan pembalap bernomor 5 di urutan ketiga klasemen pembalap. Ia tertinggal 58 poin dari Fabio Quartararo dan 37 poin dari Aleix Espargaro.

2. Francesco Bagnaia (3 kemenangan) 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimFrancesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Francesco Bagnaia memulai dua balapan musim 2022 dengan buruk. Dari 2 balapan itu, pembalap yang akrab disapa Pecco hanya bisa mendulang 1 poin. 

Pada seri 3 dan 4, Bagnaia mulai memperlihatkan perkembangan. Namun, baru di Sirkuit Jerez ia mencicipi podium pertama sekaligus kemenangan pertama musim ini.

Kemenangan selanjutnya ia rengkuh di Sirkuit Mugello, Italia. Sementara, kemenangan ketiga ia raih pada seri penutup paruh musim pertama di Sirkuit Assen. Berkat kemenangan di sana, ia naik ke urutan keempat klasemen pembalap dengan total 106 poin.

3. Enea Bastianini (3 kemenangan) 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimEnea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Enea Bastianini jadi pembalap motor pertama Ducati yang meraih kemenangan pada 2022. Pembalap Gresini Racing itu meraih kemenangan pertamanya di Sirkuit Lusail, Qatar. 

Penampilan apik kembali terjadi di Circuit of the Americas, Amerika Serikat. Bastianini meraih kemenangan keduanya sekaligus meruntuhkan dominasi Marc Marquez di sana. 

Bastinini kembali mengulang tren positif di Sirkuit Le Mans, Prancis. Usai bertarung ketat dengan sesama penunggang Desmosedici, Francesco Bagnaia, pembalap berjuluk La Bestia itu mengamankan kemenangan ketiga di sana. Ia sekaligus mengukuhkan diri sebagai calon kuat pengganti Jack Miller di kursi tim pabrikan Ducati.

Baca Juga: Skema Ducati jika Enea Bastianini Bergabung ke Ducati Lenovo

4. Jack Miller (1 kali podium kedua dan 2 kali podium ketiga) 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Musim 2022 adalah musim terakhir Jack Miller mengabdi kepada Ducati setelah 5 musim bersama tim Borgo Panigale itu. Pembalap berjuluk JackAss tersebut merapat ke tim Red Bull Factory KTM. 

Meski begitu, Miller berjanji memberikan performa terbaiknya kendati menjalani musim terakhir menunggangi Desmosedici. Miller sudah tiga kali naik podium. Pembalap bernomor 43 itu mengemas 1 kali podium kedua dan 2 kali podium ketiga.

5. Jorge Martin (2 kali podium kedua) 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Jorge Martin mengawali musim 2022 tidak terlalu mulus. Dari 11 balapan, Martin 4 kali gagal mendulang poin di Qatar, Indonesia, Portugal, dan Spanyol. 

Pembalap motor yang digadang-gadang tampil impresif malah melempem. Meski begitu, Martin masih berada di radar persaingan kursi tim pabrikan.

Ia bersaing dengan Enea Bastianini dalam perebutan kursi tersebut. Pencapaian terbaik pembalap Spanyol itu musim ini ialah podium kedua di Sirkuit Catalunya dan Termas de Rio Hondo.

6. Marco Bezzecchi 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimMarco Bezzecchi (instagram.com/marcobez72)

Pembalap rookie Mooney VR46 Racing tidak bisa dianggap remeh. Marco Bezzecchi mulai memperlihatkan penampilan ciamiknya di atas Desmosedici GP21. 

Anak didik Valentino Rossi itu jadi satu-satunya rookie yang berhasil meraih podium pada paruh pertama MotoGP 2022. Pada seri penutup di Sirkuit Assen, Bezzecchi berhasil finis di urutan kedua, di belakang Francesco Bagnaia. Berkat performa impresifnya, Bezzecchi berdiri di puncak klasemen Rookie of the Year 2022 dengan 55 poin.

7. Luca Marini dan Fabio Di Giannantonio 

6 Pembalap Ducati Berhasil Naik Podium Sebelum Jeda Paruh MusimLuca Marini dan Fabio Di Giannantonio (instagram.com/fabiodiggia49instagram.com/luca_marini_97)

Luca Marini dan Fabio Di Giannantonio merupakan dua pembalap motor yang belum mencicipi podium musim ini. Kendati begitu, pada beberapa seri terakhir, performa kedua pembalap itu mulai membaik.

Giannantonio jadi satu-satunya rookie yang berhasil merebut pole position pada seri GP Mugello, Italia. Sementara, Luca Marini mulai menunjukan tajinya. Adik Valentino Rossi itu konsisten dalam beberapa seri terakhir. Ia 2 kali finis keenam dan 1 kali finis kelima. 

Dari 11 balapan MotoGP 2022, Ducati merupakan pabrikan yang tidak pernah absen dari podium. Praktis, pabrikan Borgo Panigale itu memuncaki klasemen konstruktor dengan 246 poin. Jika konsisten, bukan tidak mungkin\ mereka menggasak gelar juara dunia konstruktor 2022.

Baca Juga: Kompetitif di Semua Sirkuit, Ducati Tak Lagi Dominan di Trek Lurus

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya