Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 Poin

Fabio Quartararo dibuntuti empat pembalap kawakan

MotoGP 2022 akan kembali digelar pada 7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Fabio Quartararo memulai paruh musim kedua sebagai pemuncak klasemen. Dengan 9 balapan tersisa, ada 225 poin yang bisa diperebutkan.

Ada lima nama yang digadang-gadang akan meramaikan perebutan gelar juara dunia musim ini, yakni Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. Sementara, tiga nama pembalap Ducati seperti Johann Zarco, Francesco Bagnaia, dan Enea Bastianini mengikuti di urutan ketiga hingga kelima.

1. Fabio Quartararo 

Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 PoinFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Terperosoknya Fabio Quartararo ke gravel Sirkuit Assen membuat peta persaingan gelar juara dunia MotoGP 2022 terbuka lebar. Jaraknya dengan Aleix Espargaro di tempat kedua terpangkas jadi 21 poin. Padahal ia punya kans melebarkan jarak sebelum jeda paruh musim. 

Hukuman long laps penalty pun masih menunggu pembalap Prancis itu di Sirkuit Silverstone. Meski begitu, Quartararo masih jadi sosok terkuat untuk meraih gelar juara dunia 2022. Ia memimpin klasemen dengan total 172 poin.

2. Aleix Espargaro 

Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 PoinAleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Nama Aleix Espargaro jadi buah bibir di MotoGP 2022. Sebab, ia berhasil mencatatkan sejumlah rekor baik musim ini di atas motor Aprilia RS-GP. Satu kemenangan dan empat podium beruntun jadi saksi kehebatan pembalap Spanyol itu. 

Belum lagi aksi heroiknya di Sirkuit Assen. Usai insiden bersama Quartararo, Aleix berhasil finis di urutan keempat setelah melakukan overtake kepada Brad Binder dan Jack Miller di tikungan terakhir Sirkuit Assen.

Aleix Espargaro punya catatan baik di Silverstone. Tahun lalu, ia berhasil meraih podium pertamanya setelah 5 tahun menunggangi motor RS-GP.

Dengan selisih 21 poin dari Quartararo, Aleix punya kans merebut puncak klasemen pembalap usai GP Silverstone. Hukuman bagi Quartararo jadi satu keuntungan yang bisa dimanfaatkan olehnya.

Baca Juga: Fabio Di Giannantonio Optimis Sambut Paruh Kedua MotoGP 2022

3. Johann Zarco 

Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 PoinJohann Zarco (instagram.com/pramacracing)

Di antara lima pemuncak klasemen pembalap, Johann Zarco satu-satunya pembalap yang belum pernah meraih kemenangan musim ini dan selama kariernya di kelas utama MotoGP. Meski begitu, performanya pada 2022 patut diperhitungkan. 

Memulai paruh musim kedua, Zarco datang sebagai pemimpin tim Ducati. Sebab, ia punya poin tertinggi di antara delapan pembalap pabrikan Borgo Panigale. Pembalap Prima Pramac Racing itu hanya terpaut 58 poin dari pemuncak klasemen.

4. Francesco Bagnaia 

Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 PoinFrancesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Kemenangan Francesco Bagnaia di Assen memangkas jarak poinnya dengan Quartararo. Runner-up MotoGP 2021 itu kembali ke dalam pertarungan gelar juara dunia musim ini berkat kemenangannya di Sirkuit Assen, Belanda, sehingga hanya terpisah 66 poin dari pemuncak klasemen.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu harus diwaspadai. Sebab, pada paruh kedua 2021, ia tampil sangat impresif. Bukan tidak mungkin dirinya mengulang momen itu pada 2022, ditambah lagi dengan motor Desmosedici GP22 yang dianggap sebagai salah satu motor terkuat musim ini.

5. Enea Bastianini 

Persaingan Juara 5 Pembalap MotoGP 2022, Ada yang Terpisah 67 PoinEnea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Nama Enea Bastianini juga dikaitkan dengan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2022. Tiga kemenangan Enea Bastianini di Sirkuit Lusail, Circuit of the Americas, dan Le Mans, membuat namanya patut diwaspadai keempat pembalap di muka. 

Performanya pada paruh musim pertama berfluktuasi. Jika kondisinya terus seperti itu, ia akan sulit bersaing memperebutkan gelar juara dunia. Sebab, para pembalap lain sedang dalam kondisi panas.

Bastianini juga harus mengarungi pertarungannya dengan Jorge Martin dalam memperebutkan kursi tim pabrikan. Fokusnya bisa terpecah di sini. Meski begitu, Bastianini masih punya kans dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2022.

Bastianini punya selisih poin terbesar dengan Quartararo, yaitu 67 poin. Dengan sisa sembilan balapan, mereka masih punya kesempatan merebut gelar juara dunia 2022. Siapa jagoan kamu?

Baca Juga: Aleix Espargaro Calon Juara MotoGP meski Jarang Menangi Seri, Ajaib!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya