Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 Pembalap

Alex Criville menjagokan Aleix Espargaro untuk naik podium

Menapaki gelaran MotoGP ke sembilan di Catalunya, Spanyol, Alex Criville memuji kepiawaian dan konsistensi Aleix Espargaro. Mantan juara dunia era 500cc itu menjagokan Aleix Espargaro meraih kemenangan kedua di sana.

Alex Criville menganalis potensi-potensi yang dapat terjadi pada seri GP Catalan yang berlangsung pada 3—5 Juni 2022. Menurutnya, pertarungan akan terjadi antara Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Enea Bastianini, dan Francesco Bagnaia.

1. Empat pembalap berburu kemenangan 

Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 PembalapAleix Espargaro, Francesco Bagnaia, dan Fabio Quartararo (instagra.com/motogp)

MotoGP 2022 menyuguhkan persaingan ketat antara para pembalap MotoGP. Pada tiga seri perdana, nama yang berdiri di atas podium tidak seperti yang dibayangkan tampil dominan musim ini. Para pembalap itu terdiri dari Enea Bastianini, Miguel Oliveira, dan Aleix Espargaro.

Pembalap sekaliber Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia, yang merupakan juara dunia dan runner-up MotoGP, beberapa kali terseok-seok. Menapaki tur Eropa, mereka baru mulai menggigit. Fabio Quartararo meraih kemenangan di Portugal dan Francesco Bagnaia dengan dua kemenangan di Sirkuit Jerez dan Mugello.

Aleix Criville melihat seri kesembilan di Sirkuit Catalunya, Spanyol, akan menjadi tempat pertarungan hebat antara empat pembalap, yakni Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Enea Bastianini, dan Francesco Bagnaia. Keempat pembalap itu memiliki modal kuat untuk berburu kemenangan.

 2. Modal kuat top four 

Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 PembalapEnea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Alex Criville mengatakan bahwa Fabio Quartararo sangat menyukai lintasan Catalunya. Saat ini, ia pemimpin klasemen MotoGP.

Francesco Bagnaia tentu ingin mengejar kemenangan ketiganya musim ini agar menyusul raihan kemenangan Enea Bastianini. Keduanya sesama pengguna Desmosedici GP.

Menurut Criville, La Bestia kurang konsisten walaupun telah mengunci tiga kemenangan. Kendati begitu, ia harus tetap diwaspadai, sebab memiliki teknik balap yang mumpuni.

Alex Criville menjagokan Aleix Espargaro. Ia mengatakan bahwa Aleix melakoni balapan kandang. Dari delapan seri selama ini, Aleix yang paling konsisten.

Baca Juga: Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP Argentina

3. Dukungan Alex Criville untuk Aleix Espargaro 

Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 PembalapAleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Dilansir Motosan, Alex Criville terpukau dengan pencapaian Aleix Espargaro. Criville meyakini bahwa Aleix akan tampil penuh sebagai pembalap tuan rumah.

Atmosfer balapan sangat berbeda. Aleix Espargaro akan termotivasi untuk meraih kemenangan di Spanyol. Criville berharap setidaknya Aleix dapat kembali naik ke atas podium dan memuaskan para penggemarnya.

4. Repsol Honda tanpa Marc Marquez 

Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 PembalapMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Keputusan Marc Marquez kembali ke meja operasi didukung Alex Criville. Menurutnya keputusan itu sangat tepat. Stefan Bradl akan menggantikan posisi Marc Marquez selama proses pemulihan operasi walaupun belum ada kepastian kapan juara enam kali MotoGP itu akan kembali.

Honda saat ini sedang kelimpungan mencari pengaturan terbaik untuk motornya. Pol Espargaro dan Stefan Bradl akan memaksimalkan potensi RC213V dengan cara yang berbeda dari The Baby Alien. Criville mengatakan bahwa mereka memiliki banyak waktu untuk menggali potensi motor di Sirkuit Catalunya.

5. Mentalitas tim Suzuki Ecstar 

Prediksi Alex Criville Jelang GP Catalan, Pertarungan 4 PembalapAlex Rins dan Joan Mir (instagram.com/suzukimotogp)

Kondisi Joan Mir dan Alex Rins sedang kacau. Pada dua balapan terakhir di Prancis dan Italia, kedua pembalap itu mengalami kecelakaan. Pembalap tidak mendulang poin, Suzuki makin terpuruk. 

Alex Criville mengatakan bahwa kedua pembalap Suzuki Ecstar itu harus fokus dan tenang, walaupun berada di tengah kondisi yang tidak menentu setelah konfirmasi tim Suzuki tidak akan berpartisipasi lagi di MotoGP tahun depan. Hal itu tentu membuat mereka panik sebab harus segera mencari tim baru. 

“Hal terpenting adalah tenang dan terus bekerja. Pikirkan apa yang terjadi saat ini. Biarkan manajer yang melakukan pekerjaannya,” kata Criville dikutip Motosan.

Criville mengakui bahwa MotoGP 2022 sangat sulit diprediksi. Tidak ada pembalap yang mendominasi dan tampil solid seperti Valentino Rossi atau Marc Marquez. Menurut kamu, siapa yang jadi raja di GP Catalan?

Baca Juga: 2 Pembalap Repsol Honda Ketar-ketir Mengejar Para Pembalap MotoGP 

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya