Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!

Empat pembalap merebut kemenangan dari lima seri awal

Grand Prix Assen baru saja usai pada Minggu malam (26/6/2022). Balapan kesebelas MotoGP 2022 itu menandai akhir paruh musim pertama kejuaraan balap motor paling bergengsi. 

Francesco Bagnaia mengunci kemenangan ketiganya di Belanda. Pecco, sapaan akrab Francesco Bagnaia, mengasapi rookie Marco Bezzecchi (2) dan Maverick Vinales (3). 

Dari sebelas balapan, Enea Bastianini (Qatar, Amerika Serikat, Prancis), Fabio Quartararo (Portugal, Catalunya, Jerman), dan Francesco Bagnaia (Jerez, Italia, Belanda) masing-masing mengunci tiga kemenangan. Ada pula nama Miguel Oliveira (Indonesia) dan Aleix Espargaro (Argentina) yang pernah menang sekali.

1. GP Qatar 

Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!Enea Bastianini (instagram.com/motogp)

Seri perdana MotoGP 2022 digelar di Sirkuit Lusail, Qatar pada 7 Maret 2022. Pada seri pembuka itu, Enea Bastianini keluar sebagai juara. Ia diikuti Brad Binder (2) dan Pol Espargaro (3).

Jorge Martin yang tampil sebagai pole sitter harus rela menyelesaikan balapan lebih awal karena terlibat insiden. Ia mengalami kecelakaan dengan sesama pengguna Desmosedici, Francesco Bagnaia. 

Enea Bastianini memulai start dari grid kedua. Saat membalap, ia bersaing ketat dengan Brad Binder. Aksi susul-menyusul tidak terhindarkan di posisi kedua. Setelah berhasil melewati Binder, Bastianini terus mengejar Pol Espargaro di tempat pertama. 

Akibat tekanan terus-menerus yang dilancarkan Bastianini, Pol Espargaro melakukan kesalahan. Pembalap bernomor 44 itu melebar ke sisi lintasan. Posisinya diambil Bastianini dan Binder. Posisi itu bertahan hingga akhir balapan.

2. GP Indonesia 

Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!Miguel Oliveira (instagram.com/motogp)

Setelah 25 tahun menunggu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Mereka menjadi tuan rumah pada seri kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Miguel Oliveira kala itu keluar sebagai juara. Ia diikuti Fabio Quartararo (2) dan Johann Zarco (3). Sementara itu, Marc Marquez terjatuh saat sesi pemanasan atau warm-up (WUP) pada Minggu (20/3/2022).

Setelah proses pemeriksaan, The Baby Alien atau sapaan akrab Marquez, dinyatakan mundur dari balapan. Saat itu, hujan deras memang menyelimuti hampir seluruh agenda MotoGP sejak hari pertama. Saat sesi balap, race director mengambil keputusan wet race.

Berkat kemenangan Miguel Oliveira di sana, KTM memuncaki tangga klasemen. Apalagi setelah podium kedua sebelumnya di GP Qatar. 

Hal menarik lain pada gelaran MotoGP di Indonesia ialah sosok Rara dan Risman. Aksi Rara sebagai pawang hujan disorot berbagai pihak. Salah satunya Fabio Quartararo, yang mengikuti gaya pawang hujan itu beraksi pada sela-sela waktu istirahat. Sedangkan, Risman disorot karena Miguel Oliveira mempersembahkan kemenangan GP Indonesia untuknya.

Baca Juga: Serbi-serbi Manajer Pembalap MotoGP, Profil hingga Tanggung Jawab

3. GP Argentina 

Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!Aleix Espargaro (instagram.com/motogp)

Setelah 200 penampilan di kejuaraan MotoGP, Aleix Espargaro merayakan kemenangan pertamanya di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 3 April 2022. Momen itu sekaligus menjadi momen membanggakan bagi Aprilia.

Kala itu, logistik MotoGP sendiri mengalami kendala sehingga membuat agenda GP Argentina berubah. Sesi latihan bebas atau free practice (FP) hanya berlangsung dua sesi, yakni FP1 dan FP2.

Dari hasil waktu gabungan, Aleix Espargaro tampil sebagai pembalap tercepat. Catatan itu kembali diulang pada sesi kualifikasi atau qualification kedua (Q2).

Aprilia meraih pole position untuk pertama kalinya. Kemenangan Aleix Espargaro juga menjadi kemenangan pertama Aprilia sejak era MotoGP. Sementara, tempat kedua dan ketiga diisi Jorge Martin dan Alex Rins.

4. GP Amerika Serikat 

Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!Enea Bastianini (instagram.com/motogp)

Semenjak mengaspal di kelas utama, Marc Marquez sudah tujuh kali meraih kemenangan di Circuit of the Americas (COTA), Amerika Serikat. Karakteristik sirkuit yang berlawanan dengan arah jarum jam itu jadi santapan manis Marquez.

Sayangnya, ia tidak berhasil meraih kemenangan pada 10 April 2022. Pembalap bernomor 93 itu kebetulan baru saja sembuh dari masalah penglihatan ganda.

Marc Marquez juga mengalami kendala saat start. Akibatnya, ia disusul semua pembalap.

Kemenangan jatuh ke pangkuan Enea Bastianini. Ia lalu disusul Alex Rins (2) dan Jack Miller (3). Sedangkan, Marc Marquez pada akhirnya harus puas finis di urutan keenam.

5. GP Portugal  

Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!Fabio Quartararo (instagram.com/motogp)

GP Portugal merupakan seri perdana tur Eropa. Setelah empat seri terseok-seok, Fabio Quartararo mengunci kemenangan pertamanya di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 24 April 2022. 

Posisi kedua menjadi milik Johann Zarco. Ia diikuti Aleix Espargaro.

Di sisi lain, Miguel Oliveira tidak berhasil mencicipi podium. Pembalap tuan rumah itu hanya mampu finis di urutan kelima. Ia tertinggal 13,573 detik di belakang Fabio Quartararo.

Berkat kemenangan di Sirkuit Portimao, Fabio Quartararo bercokol di puncak klasemen MotoGP 2022. Seperti apa penampilannya pada enam seri sisa pada pertengahan musim? Lanjut ke bagian kedua, ya!

Baca Juga: Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya