Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF 

Para pembalap harus tampil impresif

MotoGP 2022 baru berjalan 6 seri dari total 21 balapan. Saat ini, tim Yamaha berada di urutan kedua klasemen konstruktor. Mereka tertinggal 42 poin dari Ducati.

Sedangkan, untuk klasemen tim, Monster Energy Yamaha berada di urutan ketiga dan WithU Yamaha RNF di urutan kesebelas. Fabio Quartararo menjadi pembalap yang menyumbang poin terbesar bagi Yamaha.

Ketiga pembalap lainnya adalah Franco Morbidelli, Andrea Dovizioso, dan Darryn Binder. Mereka masih sulit bersaing dalam perebutan poin.

1. Fabio Quartararo sumbangkan poin terbanyak 

Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF Fabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Tidak dimungkiri bahwa Fabio Quartararo adalah pembalap yang memberikan sumbangan terbanyak bagi Yamaha musim ini. Pada klasemen konstruktor, Yamaha berada di urutan kedua dengan total 89 poin, tertinggal 42 poin dari Ducati yang sudah mendulang 131 poin.

Pembalap Prancis itu sendiri telah mengemas tiga podium. Pencapaian terbaik El Diablo diraih di Portugal saat keluar sebagai juara pertama. Podium lainnya diraih di Indonesia dan Spanyol.

2. Pujian untuk Darryn Binder 

Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF Darryn Binder (instagram.com/rnfracingofficial)

Darryn Binder adalah salah satu rookie musim ini. Pembalap Afrika Selatan itu memperlihatkan performa terbaiknya di Indonesia saat finis di urutan kesepuluh.

Manajer Yamaha, Lin Jarvis, memuji penampilan Darryn di Indonesia saat balapan basah. Pembalap bernomor 40 itu saat ini berada di posisi ke-21 klasemen pembalap. Namun, untuk klasemen rookie, ia berada di urutan kedua di bawah Marco Bezzecchi yang telah mengumpulkan lima belas poin.

Baca Juga: Bos Yamaha Tak Begitu Senang dengan Hasil Tim WithU RNF MotoGP

3. Sebagai runner-up MotoGP, Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso belum bicara banyak 

Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF Franco Morbidelli (instagram.com/ yamahamotogp)

Dibanding Darryn Binder, Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso merupakan dua pembalap sarat pengalaman. Keduanya pernah menyandang status runner-up kejuaraan.

Andrea Dovizioso menyandang status itu secara beruntun pada 2017—2019. Sedangkan, Franco Morbidelli meraihnya pada 2020.

Kedua pembalap Italia itu belum tampil maksimal. Selain cedera, Morbidelli masih sulit beradaptasi dengan motornya. Hal serupa dirasakan Dovizioso yang kesulitan dengan YZR-M1 2022.

4. Musim yang sulit untuk Andrea Dovizioso  

Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF Andrea Dovizioso (instagram.com/rnfracingofficial)

Delapan tahun bersama Ducati membuat Dovi kesulitan beradaptasi dengan YZR-M1. Karakter motor Yamaha sangat berbeda dengan Ducati.

“Kemampuan terbaik Yamaha dipengaruhi oleh gaya balap, Quartararo menguasainya dengan sempurna. Mengubah gaya berkendara Dovizioso bukanlah perkara kecil,” ucap Lin Jarvis dikutip Speedweek.

5. Status tim WithU Yamaha RNF musim depan masih mengambang 

Serba-Serbi Tim Yamaha, Status Pembalap hingga Kontrak WithU RNF garasi WithU Yamaha RNF (instagram.com/rnfracingofficial)

Tim besutan Razlan Razali dan Wilco Zeelenberg belum mendapat kepastian terkait status kontraknya bersama Yamaha. Akhir musim ini kontrak kerja sama kedua pihak akan berakhir.

Aprilia menjadi salah satu opsi pertimbangan ke depan sebagai antisipasi apabila Yamaha memutus kontrak kerja sama. Perkembangan motor RS-GP Aprilia sangat signifikan. Aleix Espargaro telah memperlihatkan kemajuan itu musim ini dengan tiga podium.

Hasil buruk pabrikan Yamaha awal musim ini mulai diperbaiki satu per satu. Fabio Quartararo mampu memperlihatkan performa terbaiknya selama tur MotoGP Eropa.

Di sisi lain, ketiga pembalap lainnya belum tampil apik. Menurut kamu, mampukah Franco Morbidelli, Andrea Dovizioso, dan Darryn Binder membantu Quartararo mendulang poin pada sisa balapan musim ini?

Baca Juga: Kesulitan di WithU RNF, Dovizioso Tak Menyesal Batal Gabung Aprilia

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya