Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Sudirman Cup 2019 Ini Jarang Diketahui

Turnamen ini dimulai pada Minggu (19/5)

Turnamen beregu Sudirman Cup 2019 akan segera digelar. Turnamen dua tahunan ini dimulai pada Minggu (19/5), selama 8 hari berturut-turut yang diselenggarakan di Nanning, China.

Semua negara yang ikut berkompetisi di turnamen ini sudah menyiapkan 20 wakil terbaiknya, tak terkecuali Indonesia. Dengan komposisi 12 pemain putra dan 8 pemain putri, tim Indonesia siap membawa pulang kembali Piala Sudirman dari Korea yang merupakan juara bertahan tahun 2017.

Ada beberapa fakta menarik tentang Sudirman Cup 2019 yang perlu diketahui lho terutama bagi kalian pecinta bulutangkis. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Desain Piala Sudirman

3 Fakta Menarik Sudirman Cup 2019 Ini Jarang Diketahuidjarumbadminton.com

Sudirman Cup pertama kali digelar tahun 1989. Setelah resmi, PBSI menyelenggarakan sayembara untuk desain Piala Sudirman. Sayembara ini akhirnya dimenangkan oleh Rusnandi yang merupakan mahasiswa seni rupa ITB.

Piala Sudirman ini merupakan trofi perak berlapis emas 22 karat yang terdiri dari beberapa bagian. Bagian puncak itu adalah candi borobudur, sementara bagian badannya merupakan shuttlecock sesuai cabang olahraganya serta bagian pegangannya adalah benang sari yang menyimbolkan bibit unggul bulutangkis.

Di bagian bawah terdapat tulisan "Presented to the International Badminton Federation by
Badminton Association of Indonesia. Jakarta, May 1989" sebagai bukti bahwa piala ini berasal dari PBSI. Alas piala terbuat dari kayu jati dan di sisi alas tercantum nama pemenang dari tahun 1989.

Baca Juga: 10 Potret Greysia Polii, Atlet Bulutangkis Berprestasi & Multitalenta

2. Baru ada 3 negara yang menjuarai Sudirman Cup

3 Fakta Menarik Sudirman Cup 2019 Ini Jarang Diketahuidjarumbadminton.com

Sudirman Cup 2019 ini merupakan gelaran yang ke-16 sejak tahun 1989. Hanya ada 3 negara yang mampu mencatatkan namanya sebagai juara. Ketiga negara tersebut adalah Indonesa, China dan Korea.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1989 di Jakarta, Indonesia berhasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Korea. China dan Denmark hanya meraih perunggu. Itu merupakan gelar pertama Indonesia meraih Piala Sudirman.

China memimpin dengan 10 kali kemenangan disusul dengan Korea yang berhasil mengantongi 4 kali juara Piala Sudirman. Termasuk pada edisi ke-15 yang digelar di Gold Coast, Australia dua tahun yang lalu, Korea keluar sebagai juara setelah berhasil menaklukkan sang juara bertahan 6 kali berturut, China dengan skor 3-2.

3. Jepang dan Denmark sempat melaju ke final

3 Fakta Menarik Sudirman Cup 2019 Ini Jarang Diketahuiindosport.com

Sampai pada edisi ke-15, belum ada juara baru yang berhasil meraih Piala Sudirman. Jepang dan Denmark pernah sama-sama melaju hingga partai final, namun kedua negara ini tetap saja kalah oleh China.

Pada Piala Sudirman 2019 ini, Jepang menjadi unggulan pertama yang diikuti dengan China diunggulan kedua. Bila dilihat dari kekuatan pemain, Jepang memang lebih merata di semua sektor. Akankah tahun ini ada juara baru?

Indonesia sendiri berada diunggulan ketiga yang diikuti oleh Taipei di tempat keempat. Di posisi kelima ditempati Korea yang merupakan juara bertahan Piala Sudirman 2017.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You