Begini Peluang Pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018

Dilihat dari draw masing-masing sektor!

Turnamen bulu tangkis pada tahun 2018 ini akan ditutup dengan BWF World Tour Finals 2018. Turnamen terbesar akhir tahun ini diselenggarakan di Guangzhou, China yang akan berlangsung pada 12-16 Desember 2018.

Indonesia mengirimkan enam pemain terbaiknya yang tersebar di empat sektor, kecuali sektor tunggal putri. Sedangkan tuan rumah, China mampu meloloskan delapan wakilnya di turnamen terakhir tahun ini.

Berikut peluang keenam pemain Indonesia di BWF World Tour Finals berdasarkan draw yang telah dirilis pada senin (10/12) kemarin.

1. Tidak bertemu Zheng/Huang, Hafiz/Gloria diharapkan dapat melaju jauh

Begini Peluang Pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018bwfbadminton.com

Dari undian sektor ganda campuran, satu-satunya wakil Indonesia, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja berada di grup B bersama Yuta Watanabe/Arisa Higashino (JPN), Wang Yilyu/Huang Dongping (CHN) dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (MAS).

Hafiz/Gloria terhindar dari pasangan terbaik dunia saat ini, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Oleh karena itu, pasangan Indonesia ini diharapkan mampu melaju jauh di turnamen akhir tahun ini. Paling tidak lolos ke babak semifinal.

2. Dikepung China dan Jepang, Greysia/Apriyani harus lebih fokus

Begini Peluang Pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018badmintonindonesia.org

Berada di grup A bersama Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (JPN), Chen Qingchen/Jia Yifan (CHN), dan Li Yinhui/Du Yue (CHN), ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus bisa menjaga fokus mereka jika mau lolos dari grup maut ini.

Dilihat dari head to head antar pemain, semuanya sudah pernah saling mengalahkan. Greysia/Apriyani berada di ranking 3 pada World Tour Finals tahun ini, dan diharapkan mampu lolos ke babak semifinal.

3. Tommy dan Ginting harus mengeluarkan kemampuan terbaik

Begini Peluang Pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018badmintonindonesia.org

Dari draw tunggal putra, dua wakil andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto berada di grup yang berbeda. Ginting di grup A bersama Chou Tien Chen (TPE), Son Wan Ho (KOR), dan Shi Yuqi (CHN). Sedangkan Tommy ada di grup B bersama Kento Momota (JPN), Kantaphon Wangcharoen (THA), dan Sameer Verma (IND).

Di sektor tunggal putra ini, hanya Indonesia yang mampu meloloskan dua wakil terbaiknya. Oleh karena itu, baik Ginting maupun Tommy harus menunjukkan performa terbaik mereka agar mampu lolos ke babak selanjutnya. Indonesia tentu sangat berharap akan ada kejutan manis lagi dari tunggal putra ini.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, Ini 5 Fakta Menarik BWF World Tour Finals 2018

4. Beda grup, ganda putra berpeluang ciptakan all Indonesian Finals

Begini Peluang Pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018badmintonindonesia.org

Dua wakil ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di grup yang berbeda. Marcus/Kevin yang menempati ranking satu berada di grup dengan Li Junhui/Liu Yuchen (CHN), Han Chengkai/Zhou Haodong (CHN), dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (DEN). Sedangkan Ahsan/Hendra di grup B bersama dua wakil Taipei, Chen Hung Ling/Wang Chi Lin dan Liao Min Chun/Su Ching Heng, serta Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (JPN).

Marcus/Kevin masih menjadi harapan Indonesia untuk menjadi juara di WTF tahun ini. Tapi tentu itu semua tidak mudah melihat mereka berada di grup neraka. Pasangan Indonesia yang akrab disapa MInions ini harus lebih fokus dan waspada terhadap lawan-lawan mereka.

Dari grup B, pasangan Indonesia, Ahsan/Hendra ini masih diatas lawan-lawan mereka. Jika Ahsan/Hendra bermain di performa terbaiknya, bukan tidak mungkin mereka bisa lolos hingga babak final.

Mari kita doakan yang terbaik bagi tim Indonesia di turnamen bulutangkis terakhir tahun ini, BWF World Tour Finals 2018. Semoga ada gelar yang diberikan kepada Indonesia dari Guangzhou sebagai penutup akhir tahun yang manis.

Baca Juga: 3 Wakil Indonesia Hadapi Jepang di Laga Perdana BWF World Tour Finals

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya