Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!

Ganda putra jadi yang paling banyak

Semua rangkaian turnamen BWF tahun 2022 telah selesai. Indonesia berhasil mengumpulkan 16 gelar dari kelima sektor bulu tangkis sepanjang tahun ini.

Didominasi oleh ganda putra, berikut daftar atlet Indonesia yang sukses meraih gelar BWF di tahun 2022. Siapa saja mereka?

1. Tunggal putra

Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia berhasil meraih empat gelar BWF dari sektor tunggal putra. Keempat gelar tersebut sukses dipersembahkan oleh tiga tunggal putra andalan Indonesia.

Berikut daftar lengkap peraih BWF dari sektor tunggal putra:

  • Anthony Sinisuka Ginting: Singapore Open (Super 500) dan Hylo Open (Super 300)
  • Chico Aura Dwi Wardoyo: Malaysia Masters (Super 500)
  • Jonatan Christie: Swiss Open (Super 300)

Malaysia Masters menjadi gelar pertama bagi Chico. Sementara Ginting menjadi tunggal putra Indonesia tersukses sepanjang tahun 2022. Sedangkan untuk Jonatan, kini menempati posisi kelima dunia dan menjadi tunggal putra terbaik Indonesia saat ini.

2. Tunggal putri

Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Satu-satunya gelar BWF dari sektor tunggal putri diraih oleh Putri Kusuma Wardani. Tunggal putri andalan Indonesia ini berhasil menyabet gelar juara Orleans Masters 2022 yang merupakan turnamen BWF Super 100.

Gelar ini menjadi gelar pertama individu Putri pada tahun 2022. Putri Kusuma Wardani sukses mengalahkan wakil Amerika Serikat, Iris Wang pada laga final yang berlangsung di Palais des Sports di Orléans, Prancis bulan April lalu.

Baca Juga: 5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour Finals

3. Ganda putra

Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di podium Singapore Open 2022. (pbsi.id)

Sektor ganda putra menjadi sektor yang paling banyak persembahkan gelar BWF untuk Indonesia. Sebanyak lima pasang ganda putra Indonesia berhasil meraih gelar sepanjang tahun 2022 ini.

Berikut daftar peraih gelar BWF dari sektor ganda putra:

  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana: All England (Super 1000)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto: Denmark Open (Super 750), Indonesia Masters dan Malaysia Masters (Super 500) dan Swiss Open (Super 300)
  • Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan: Kejuaraan Asia 2022
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin: Singapore Open (Super 500)
  • Pramudya Kusumawardhana/Rahmat Hidayat: Indonesia Masters Super 100

4. Ganda putri

Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu (instagram.com/badminton.ina)

Dari sektor ganda putri, Indonesia berhasil meraih dua gelar BWF. Kedua gelar tersebut sama-sama dipersembahkan oleh ganda putri satu-satunya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Meski baru dipasangkan tahun ini, Apriyani/Fadia sukses meraih dua gelar BWF. Kedua gelar tersebut adalah Malaysia Open (Super 750) dan Singapore Open (Super 500). Sebelumnya, Apriyani/Fadia juga menyabet medali emas Sea Games Vietnam 2022 dari sektor individu.

5. Ganda campuran

Daftar Atlet Indonesia Peraih Gelar BWF Tahun 2022, Semua Sektor Ada!Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (djarumbadminton.com)

Sektor ganda campuran juga memberikan dua gelar BWF untuk Indonesia. Kedua gelar tersebut diraih oleh pasangan yang berbeda. Berikut daftar lengkapnya:

  • Rehan Naufal Kushrajanto/Lisa Ayu Kusumawati: Hylo Open (Super 300)
  • Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja: Vietnam Open (Super 100)

Dejan/Gloria merupakan pasangan baru dari PB Djarum. Sedangkan untuk Rehan/Lisa, gelar Hylo Open ini juga menjadi gelar pertama mereka pada tahun 2022.

 

Tahun 2022 ini menjadi tahun yang cukup baik bagi pebulu tangkis Indonesia. Semua sektor sukses mempersembahkan gelar bagi Merah-Putih. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi, ya!

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gelar BWF World Tour Terbanyak di Tahun 2022

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya