5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022

Melesat ke babak final, nih!

Indonesia memastikan satu wakilnya yang akan berlaga di partai puncak BWF World Tour Finals 2022. Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melesat ke babak final setelah mengalahkan rekan senegaranya pada laga semifinal.

Babak final BWF World Tour Finals 2022 akan berlangsung pada hari Minggu (11/12/2022) yang digelar di Bangkok, Thailand. Berikut lima fakta menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022.

1. World Tour Finals keempat yang diikuti

5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Anthony Sinisuka Ginting menjadi tunggal putra andalan Indonesia yang paling sering ikut berlaga dalam BWF World Tour Finals. Tahun ini merupakan World Tour Finals keempat yang diikuti Ginting.

Meski sudah sering mengikuti turnamen akhir tahun ini, tapi Ginting belum pernah meraih gelar World Tour Finals. Prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up pada World Tour Finals 2019 yang digelar di Guangzhou, China.

2. Bukan pemain unggulan

5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Ginting lolos ke World Tour Finals 2022 dengan menempati posisi ketujuh. Meski tidak diunggulkan, tapi Ginting mampu keluar sebagai juara grup B dengan mengalahkan dua pemain unggulan lain.

Grup B tunggal putra diisi oleh Chou Tien Chen (Taiwan), Jonatan Christie (Indonesia) dan Loh Kean Yew (Singapura). Ginting berhasil meraih tiga kali kemenangan dalam tiga laga fase penyisihan grup.

Baca Juga: 5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022

3. Menang dua kali beruntun atas Jonatan Christie

5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022Potret tim Indonesia pada gala dinner WTF 2022 (instagram.com/badminton.com)

Dua wakil Indonesia dari sektor tunggal putra sama-sama lolos ke semifinal. Sayangnya, Ginting yang merupakan juara grup B harus kembali melawan rekan senegaranya, Jonatan Christie yang berstatus sebagai runner-up grup B.

Laga pertandingan tunggal putra ini kembali dimenangkan oleh Ginting melalui pertarungan tiga set. Sebelumnya, Ginting juga berhasil mengalahkan Jonatan pada laga perdana penyisihan grup B World Tour Finals 2022.

4. Tantang tunggal putra terbaik dunia di partai puncak

5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022Anthony Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Kemenangan Ginting atas Jonatan, membuat tunggal putra Indonesia ini lolos ke partai puncak BWF World Tour Finals 2022. Ginting akan menghadapi tunggal putra terbaik dunia sata ini asal Denmark, Viktor Axelsen.

Kedua pemain sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Rekor pertemuan mereka adalah 10-4 untuk keunggulan Viktor. Ginting belum bisa meraih kemenangan dalam delapan kali terakhir pertemuan mereka. Semoga kali ini bisa revans, ya!

5. Sudah meraih dua gelar tahun ini

5 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting di World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/bwf.official)

Anthony Sinisuka Ginting merupakan salah satu tunggal putra terbaik Indonesia saat ini. Pemain berperingkat tujuh dunia ini sudah mengantongi dua gelar sepanjang tahun 2022.

Dua gelar tersebut di antaranya adalah Singapore Open (Super 500) dan Hylo Open (Super 300). Akankah Ginting bisa menambah gelarnya dan menutup akhir tahun ini dengan manis?

 

Selain Ginting, Indonesia juga meloloskan satu wakilnya dari sektor ganda putra. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan berhadapan dengan pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Babak final BWF World Tour Finals 2022 akan dimulai pukul 13.00 WIB yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Semoga berbuah gelar, ya!

Baca Juga: Jadwal Final BWF World Tour Final 2022: Ada Ginting vs Axelsen

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya