Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!

Sayangnya, Indonesia nirgelar

Gelaran BWF World Tour Finals 2022 sudah usai. Turnamen penutup akhir tahun yang digelar di Bangkok, Thailand ini tampaknya menjadi penutup yang manis bagi para pebulu tangkis asal China.

Negeri Tirai Bambu ini sukses menyabet tiga gelar dari tiga wakil yang berlaga di partai puncak. Berikut hasil lengkap babak final BWF World Tour Finals 2022 yang berlangsung pada hari Minggu (11/12/2022).

1. Tunggal putri: Akane Yamaguchi (Jepang)

Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!Akane Yamaguchi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jepang meraih satu gelar melalui tunggal putri terbaiknya dalam ajang BWF World Tour Finals 2022. Akane Yamaguchi sukses mengunci kemenangan saat bertanding menghadapi wakil Taiwan, Tai Tzu Ying.

Kedua tunggal putri ini sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Akane keluar sebagai juara setelah menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 22-20 dalam durasi 46 menit.

2. Ganda putra: Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (pbdjarum.org)

China meraih gelar pertamanya dari sektor ganda putra. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi kembali berhasil menaklukkan pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada babak final BWF World Tour Finals 2022.

Liu/Ou menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-17, 19-21 dan 21-12 dalam durasi 59 menit. Ini merupakan kemenangan ketiga beruntun pasangan China atas ganda putra andalan Indonesia tersebut.

Baca Juga: Keok Lawan Axelsen, Anthony Ginting Jadi Runner-up World Tour Finals 2

3. Ganda putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Gelar kedua China diraih melalui sektor ganda putri. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan kembali menunjukkan performa terbaiknya kala bersua dengan pasangan tuan rumah, Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard pada laga final BWF World Tour Finals 2022.

Chen/Jia menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-14 dalam durasi yang cukup singkat, 37 menit. Ini sekaligus menjadi dua kali kemenangan beruntun Chen/Jia atas Aimsaard bersaudara tersebut.

4. Tunggal putra: Viktor Axelsen (Denmark)

Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!Viktor Axelsen, tunggal putra Denmark (bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putra, satu-satunya juara bertahan yang berhasil mempertahankan gelar juara BWF World Tour Finals. Viktor Axelsen yang merupakan tunggal putra terbaik dunia asal Denmark ini kembali sukses menaiki podium tertinggi pada turnamen penutup akhir tahun ini.

Viktor kembali menaklukkan tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting pada babak final yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Tunggal putra terbaik dunia tersebut menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-14.

5. Ganda campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

China memastikan gelar ketiga setelah ganda campuran terbaiknya berhasil menang. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dipastikan merebut gelar BWF World Tour Finals 2022 atas pasangan tuan rumah, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Zheng/Huang menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-19, 18-21 dan 21-13 dalam durasi satu jam dua menit. Dengan hasil ini, pasangan tuan rumah tersebut gagal mempertahankan gelarnya tahun lalu.

 

China kembali perkasa dalam ajang turnamen akhir tahun ini dengan meraih tiga gelar dan keluar sebagai juara umum. Sementara itu, dua wakil Indonesia di babak final yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus puas sebagai runner-up. Terima kasih telah berjuang di final, Ginting dan Ahsan/Hendra!

Baca Juga: Dibekuk China, Hendra/Ahsan Jadi Runner-up World Tour Finals 2022

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya