Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga Warganet

Para atlet juga ikut memberikan tanggapan

Kabar mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021 tentu membuat beberapa pihak terkejut. Pasalnya, tim Indonesia baru saja sukses menggelar Indonesia Badminton Festival yang diadakan di Bali, Indonesia.

Pihak PBSI yang memutuskan ini juga tentu bukan tanpa alasan yang jelas. Kesehatan para atlet menjadi alasan utama karena penyebaran virus baru juga yang belum menentu. Meski BWF menegaskan bahwa turnamen akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, tetap saja tim Indonesia tidak mau mengambil risiko.

Keputusan ini membuat beberapa pihak terkejut, terlebih lagi warganet. Para atlet juga banyak yang menyayangkan mundurnya tim Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021 ini. Berikut info selengkapnya.

1. Kekecewaan BWF

Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga WarganetIlustrasi bulu tangkis (instagram.com/bwf.official)

BWF (Badminton World Federation) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia mengaku kecewa atas keputusan PBSI untuk mundur dari ajang Kejuaraan Dunia 2021. Turnamen penutup akhir tahun ini akan digelar di Huelva, Spanyol.

BWF pun mengungkapkan rasa kecewa tersebut di laman resminya pada Rabu (08/12/2021) lalu, "BWF kecewa dengan keputusan PBSI dan menyesalkan penarikan mundur terjadi setelah drawing."

2. Ada plus minus menurut Anthony Ginting

Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga WarganetAnthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia (instagram.com/sinisukanthony)

PBSI juga mengajak para atlet untuk saling berdiskusi sebelum memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021. Bukan hanya para penggemar, beberapa atlet juga merasakan kesedihan dengan keputusan ini. Kesedihan dirasakan tunggal putra terbaik Indonesia saat ini, Anthony Sinisuka Ginting.

"Pastinya agak sedih juga karena semua pemain, termasuk saya, ingin bermain di Kejuaraan Dunia dan juara. Namun, di luar itu, memang harus ada yang lebih diperhatikan dari sisi kesehatan," ujar Ginting dikutip dari ANTARA.

Ginting juga mengatakan bahwa hal positif yang bisa diambil adalah waktunya untuk istirahat sebelum kembali mengikuti turnamen di awal tahun 2022 yang juga cukup padat. Semenjak turnamen beregu (Piala Sudirman dan Thomas Uber) para atlet belum mendapatkan istirahat yang cukup karena jadwal yang terlalu padat.

Baca Juga: Batal Tampil di Kejuaraan Dunia 2021, Anthony Ginting: Pastinya Sedih

3. Tanggapan Hendra Setiawan

Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga WarganetHendra Setiawan, pebulu tangkis ganda putra Indonesia (instagram.com/hendrasansan)

Mundurnya tim Indonesia dari ajang Kejuaraan Dunia 2021 tentu menarik banyak perhatian, terutama para pencinta bulu tangkis. Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, ikut memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

"Kalau saya sendiri sih sayang, ya, soalnya kan ini Kejuaraan Dunia. Akan tetapi, melihat kondisi, memang keputusan yang diambil sudah melalui pertimbangan yang matang," ujar Hendra dalam keterangan tertulis pada Kamis (09/12/2021).

Hendra sangat menyayangkan keputusan PBSI ini. Namun, Hendra juga mengakui bahwa keputusan itu sudah merupakan keputusan yang terbaik.

4. Rasa kecewa Tommy Sugiarto

Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga WarganetTommy Sugiarto, tunggal putra Indonesia (instagram.com/tommysugiarto31)

Tommy Sugiarto mengungkapkan rasa kecewanya mengenai keputusan PBSI yang mundur dari Kejuaraan Dunia 2021. Pasalnya, Tommy yang memang bukan tim pelatnas ini sudah mempersiapkan segalanya dari mulai booking hotel hingga tiket pesawat.

"Tiket dan hotel sudah saya bayarkan semuanya. Saya tanyakan apakah bisa di-refund, ternyata hanya tiket pesawat yang bisa, tetapi tidak bisa balik seluruhnya, tidak bisa balik 100 persen," ujarnya seperti yang dikutip dari Jawapos.

Bagi Tommy, Kejuaraan Dunia ini selalu menjadi ajang yang istimewa meski tidak ada hadiah uangnya. Puncak karier Tommy berada saat ia berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2014.

5. PBSI sampai trending

Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ini 5 Kekecewaan BWF hingga Warganettim bulu tangkis Indonesia (instagram.com/hendrasansan)

Keputusan PBSI menarik mundur tim Indonesia dari ajang Kejuaran Dunia 2021 ini tentu tidak lepas dari perhatian warganet. Topik mengenai PBSI bahkan sempat menjadi trending di Indonesia setelah mengeluarkan keputusan resmi tersebut. Beberapa ada yang merasa sedih, tapi juga ada yang ikut mendukung hasil ini.

Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi para atlet serta semua pihak yang berkaitan. Tim Indonesia bisa menikmati waktu istirahat sebelum kembali fokus ada turnamen di tahun 2022.

Baca Juga: Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia, Hendra: Sayang, Ya!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya