Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 Wakil

Tanpa ganda putra China

Ganda putra jadi salah satu sektor paling mencuri perhatian di BWF World Championships (BWC) atau Kejuaraan Dunia BWF 2022. Pasalnya, sepanjang tahun 2022, sektor ini mempunyai kekuatan merata.

Tahun lalu, gelar juara dunia diraih ganda putra tuan rumah, Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Sedangkan, tim bulu tangkis Indonesia memutuskan untuk tidak berkompetisi pada turnamen tahunan ini.

Sementara, untuk tahun ini, Indonesia memboyong pemain terbaiknya pada sektor ganda putra. Tanpa ganda putra China, seperti apa peluang ganda putra Indonesia di BWF World Championships 2022?

1. Semua pasangan unggulan mendapat bye pada babak pertama

Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 WakilMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan ganda putra Jepang. (djarumbadminton.com)

Ada keuntungan bagi para pemain unggulan dari semua sektor ganda, tak terkecuali sektor ganda putra. Semua pemain unggulan mendapat bye pada babak pertama dan akan langsung bertanding pada babak 32 besar.

Keuntungan ini tentu dirasakan keempat pasang wakil ganda putra Indonesia. Semua ganda putra Indonesia dipastikan melaju ke babak 32 besar karena merupakan pasangan unggulan.

Semua wakil Indonesia juga baru akan bertanding pada hari ketiga, Rabu (24/8/2022). Begitu pun para pemain unggulan lainnya.

2. Draw yang kurang menguntungkan untuk Indonesia

Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 WakilMohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/fajaralfian95)

Indonesia mengirimkan empat pasang ganda putra di BWF World Championships 2022. Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Keempat ganda putra Indonesia ini merupakan pemain unggulan. Sayangnya, tiga pasang harus berada di pool yang sama. Hanya Fikri/Bagas yang berada di pool bawah.

Baca Juga: 7 Atlet Indonesia Debut di Kejuaraan Dunia 2022, Semua Sektor!

3. Sang juara bertahan berada di pool bawah

Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 WakilTakuro Hoki/Yugo Kobayashi (instagram.com/hokitonami)

Berdasarkan draw, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang merupakan juara dunia 2021 menempati posisi bawah. Pasangan ganda putra tuan rumah ini diunggulkan di posisi kedua.

Jika keduanya sama-sama menang, Hoki/Kobayashi akan bertemu dengan pasangan Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Mereka akan bertemu pada babak ketiga atau enam belas besar.

Sementara itu, di pool bawah banyak unggulan lainnya yang sedang on fire. Mereka di antaranya Lee Yang/Wang Chi Lin (Taipei), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), dan Satwiksairaj Rankiredyy/Chirag Shetty (India).

4. Ganda putra Korea langsung tembus babak enam belas besar

Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 WakilChoi Sol Gyu/Seo Seung Jae (bwfbadminton.com)

Satu draw menguntungkan bagi pasangan Korea, Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae. Ganda putra yang diunggulkan di posisi kesepuluh ini langsung menembus babak enam belas besar tanpa berkeringat di pool bawah.

Lawan mereka pada babak 32 besar semuanya mengundurkan diri. Jika bisa menembus babak ketiga, ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin yang merupakan unggulan keempat, bisa menjadi lawan pasangan Korea ini.

5. Lawan ganda putra Indonesia pada babak 32 besar

Kekuatan Ganda Putra di BWC 2022, Indonesia Punya 4 WakilMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/badminton.ina)

Babak 32 besar sektor ganda putra baru akan dimulai pada hari ketiga, Rabu (24/8/2022). Berikut calon lawan yang akan dihadapi ganda putra Indonesia pada babak kedua di BWF World Championships 2022:

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Jaromir Janacek/Tomas Svejda (Republik Ceko)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lucas Corvee/Ronan Labar (Prancis)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Hiroki Okamura/Masayuki Onodera (Jepang)
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana masih harus menunggu lawan antara Alexander Dunn/Adam Hall (Skotlandia) atau Job Castillo/Luis Armando Montoya Navarro (Meksiko)

Belum ada yang dominan sepanjang 2022 untuk sektor ganda putra. Namun, sejauh ini, Fajar/Rian sudah mengantongi tiga gelar pada ajang BWF tahun ini. Apakah ada juara dunia baru dari sektor ganda putra? We'll see!

Baca Juga: Hasil Tunggal Putra Indonesia di BWF World Championships 2022 Hari 1

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya