Comscore Tracker

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWF

Rekor masih dipegang pemain Malaysia

BWF memberikan informasi ter-update tentang peringkat dunia tiap minggu. Ada yang naik, turun, bahkan tetap berada di posisinya seperti kelima pebulu tangkis dunia ini.

Mereka mampu bertahan dalam waktu yang lama di peringkat pertama. Selama itu pula, banyak sekali gelar yang sudah diraih. Mereka hampir mendominasi di tiap turnamen yang diikuti.

Penasaran siapa saja pebulu tangkis terlama yang menduduki peringkat satu dunia BWF? Keep scroliing, ya!

1. Lee Chong Wei (398 minggu)

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWFLee Chong Wei (instagram.com/leechongweiofficial)

Posisi pertama masih dipegang oleh pebulu tangkis asal Malaysia. Lee Chong Wei merupakan tunggal putra terlama yang menduduki peringkat satu dunia dengan total 398 minggu atau kurang lebih selama 7 tahun.

Pemain yang akrab disapa Datuk Lee ini menempati posisi pertama pada 2006 hingga 2012, sebelum pada akhirnya memutuskan pensiun pada 2019. Sepanjang kariernya, Lee Chong Wei menang sebanyak 713 dan kalah 138 kali.

2. Zhang Nan/Zhao Yun Lei (236 minggu)

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWFZhang Nan/Zhao Yun Lei (olympics.bwfbadminton.com)

Posisi kedua ditempati oleh pasangan ganda campuran China. Zhang Nan/Zhao Yun Lei menjadi ganda campuran terlama yang bertengger di peringkat satu dunia BWF dengan total 236 minggu.

Zhang/Zhao menduduki peringkat satu dunia sejak 2011. Selama berpasangan, ganda campuran China ini sangat mendominasi di tiap turnamen. Mereka sukses meraih banyak gelar turnamen bergengsi, dari juara dunia hingga olimpiade.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (226 minggu)

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWFMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/kevin_sanjaya)

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil memecahkan rekor dari sektor ganda putra. Pasangan andalan Indonesia ini menjadi ganda putra dunia terlama yang menduduki peringkat satu dunia BWF.

Marcus/Kevin bertahan selama 226 minggu atau kurang lebih 5 tahun. Meskipun minggu ini harus bergeser ke posisi kedua, Marcus/Kevin tetap menjadi ganda putra terbaik dunia sepanjang sejarah bulu tangkis.

4. Tai Tzu Ying (214 minggu)

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWFTai Tzu Ying (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putri, Tai Tzu Ying masih memegang rekor. Pemain andalan Taiwan ini menjadi tunggal putri terlama yang berada di peringkat satu dunia BWF dengan total 214 minggu.

Tai Tzu Ying resmi menduduki posisi pertama dunia pada 2016. Sejauh ini, Tzu Ying sudah meraih total 452 kemenangan dan kalah 171 kali. Minggu ini, tunggal putri terbaik Taiwan tersebut menduduki peringkat dua dunia BWF.

5. Lin Dan (211 minggu)

5 Pebulu Tangkis Terlama yang Bertengger di Peringkat 1 Dunia BWFLin Dan (instagram.com/thereallindan)

Sebelum Lee Chong Wei, Lin Dan sudah lebih dahulu bertengger di peringkat satu dunia BWF. Tunggal putra China ini bertahan selama 211 minggu dan mendominasi hampir di tiap turnamen yang diikutinya.

Lin Dan bertakhta di posisi pertama sejak 2004. Berbagai gelar juga sudah diraihnya. Bahkan, Lin Dan berhasil meraih medali emas Olimpiade dua kali berturut-turut pada 2008 dan 2012.

Dari 5 pemain bulu tangkis tersebut, 3 di antaranya sudah pensiun. Hanya Marcus/Kevin dan Tai Tzu Ying yang masih aktif. Keduanya sama-sama berada di peringkat kedua BWF saat ini.

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya