Comscore Tracker

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020

Selamat untuk Greysia/Apriyani 

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akhirnya keluar sebagai juara di rumah sendiri pada turnamen Indonesia Masters 2020 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (19/1).

Sempat mengalami penurunan performance pada akhir tahun 2019 lalu, kini ganda putri terbaik Indonesia ini membuka tahun 2020 dengan sangat manis. 2 minggu lalu, Greysia/Apriyani hanya mampu menembus semifinal Malaysia Masters 2020 dan kemarin baru saja meraih gelar Indonesia Masters 2020.

Juara untuk pertama kalinya di rumah sendiri, berikut perjalanan Greysia/Apriyani menuju podium tertinggi di Indonesia Masters 2020.

1. Harus bermain rubber set di babak pertama

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020badmintonindonesia.org

Rintangan cukup sulit harus dihadapi Greysia/Apriyani pada babak pertama Indonesia Masters 2020. Pasangan yang merupakan unggulan kedelapan ini harus kalah di set pertama dengan skor tipis 22-24. Dua set berikutnya, Greysia/Apriyani mampu bangkit dan menang dengan skor 21-17 21-15 atas pasangan Tiongkok, Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting. 

2. Cukup mudah menghadapi pasangan Kanada

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020badmintonindonesia.org

Selanjutnya di babak 16 besar atau babak kedua, Greysia/Apriyani mendapat lawan yang terbilang cukup mudah yaitu pasangan Kanada, Rachel Honderich/Kristen Tsai. Di set pertama, ganda putri Kanada ini cukup membuat repot pasangan Indonesia dan akhirnya bisa menang dengan skor tipis 21-19. Di set kedua, Greysia/Apriyani lebih dominan sehingga cukup mudah meraih kemenangan dengan skor 21-10.

Baca Juga: Kisah Haru Greysia/Apriyani hingga Juara Pertama Kalinya di Indonesia

3. Mengalahkan pasangan Jepang

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020badmintonindonesia.org

Masuk ke babak delapan besar, Greysia/Apriyani bertemu dengan pasangan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Walaupun sebelumnya Greysia/Apriyani pernah menang atas ganda putri Jepang tersebut, namun pasangan Indonesia harus terus waspada karena di babak kedua, ganda Jepang itu berhasil mengalahkan ganda putri terbaik dunia asal Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. 

Pertandingan berlangsung ketat di awal game. Greysia/Apriyani mampu meraih kemenangan dua set langsung dengan skor 21-16 21-15. Ini merupakan kemenangan kedua Greysia/Apriyani atas ganda Jepang tersebut. 

4. Taklukkan ganda putri terbaik Korea

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020instagram.com/badminton.ina

Lawan yang semakin tangguh harus dihadapi oleh Greysia/Apriyani pada babak empat besar atau semifinal Indonesia Masters 2020. Greysia/Apriyani menghadapi ganda putri terbaik Korea, Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang diunggulkan di posisi kelima di turnamen ini. 

Kejar mengejar poin berlangsung ketat di set pertama dan akhirnya bisa dimenangkan pasangan Indonesia dengan skor tipis 21-19. Bermain enjoy di set kedua dengan dibantu teriakan penonton, Greysia/Apriyani langsung menuntaskan pertandingan dengan skor 21-15.

5. Menang dramatis atas pasangan Denmark

Juara di Rumah, Ini Perjalanan Greysia/Apri di Indonesia Masters 2020instagram.com/badminton.ina

Di laga puncak, Greysia/Apriyani bertemu dengan pasangan Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Meskipun tidak diunggulkan, ganda putri Denmark ini sempat membuat kejutan dengan mengalahkan beberapa pasangan unggulan. Di antaranya 2 ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota [2] dan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi [4].

Greysia/Apriyani sempat kehilangan set pertama dengan skor 18-21, namun bisa membalasnya di set kedua dengan 21-11 dan memaksa terjadinya rubber. Terjadi kejar mengejar poin di set penentuan, bahkan pasangan Denmark sudah lebih dulu meraih match point dua kali beruntun. Namun pasangan Indonesia tak mau menyerah begitu saja hingga meraih kemenangan dengan skor tipis 23-21 di set ketiga. 

Itulah perjalanan Greysia/Apriyani menuju juara Indonesia Masters 2020. Ini adalah kemenangan pertama mereka di rumah sendiri sejak keduanya dipasangkan. Selamat Greysia/Apriyani. Semoga terus menjadi yang terbaik di turnamen selanjutnya.

Baca Juga: Gresya Polii/Apriyani Bawa Indonesia Pimpin 2-0 Atas Korsel 

Rizna M. Hidayah Photo Verified Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya