Comscore Tracker

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019

Semoga bisa membawa banyak gelar ya!

HSBC BWF World Tour Finals 2019 akan berlangsung di Guangzhou, China pada 11-15 Desember 2019. Turnamen ini merupakan rangkaian terakhir dari BWF World Tour tahun ini. Indonesia sudah memastikan tujuh wakilnya yang akan bertanding di salah satu turnamen terbesar tahun ini. Tanpa wakil di sektor tunggal putri, berikut ketujuh wakil Indonesia.

1. Jonatan Christie

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019badmintonindonesia.org

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie berhasil memastikan kelolosan secara sistematis ke HSBC BWF World Tour Finals 2019. Kelolosan pemain yang akrab disapa Jojo ini saat dirinya bertanding di Fuzhou China Open 2019 dengan mencapai babak kedua, di mana pada saat itu, tunggal putra China, Lin Dan dan wakil Taipei, Wang Tzu Wei tersingkir.

Selama 2019 ini, Jojo telah dua kali juara yaitu New Zealand Open dan Australia Open 2019 dan dua kali menjadi runner-up di Japan Open dan French Open 2019. Dengan hasil ini, Jojo memastikan posisi di top 8 ranking race to Guangzhou hingga akhir periode kualifikasi.

2. Anthony Sinisuka Ginting

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019Anthony Ginting beraksi di ajang Victor China Open 2019, (21/9) lalu. badmintonindonesia.org

Tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting juga memastikan diri lolos ke HSBC BWF World Tour Finals 2019. Ginting menjadi wakil ketujuh Indonesia yang lolos secara sistematis sekaligus menjadi wakil terakhir Indonesia.

Ginting memang belum pernah meraih gelar juara pada tahun 2019. Namun sejauh ini, Ginting sudah tiga kali menjadi runner-up yaitu Singapore Open, Australian Open, dan China Open 2019 dan dua kali semifinalis di Swiss Open dan French Open 2019.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019badmintonindonesia.org

Ganda putra terbaik dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan kelolosan secara sistematis ke HSBC BWF World Tour Finals 2019. Pasangan yang akrab disapa Minions ini sudah mengantongi 7 gelar juara di tahun 2019 ini. Ketujuh gelar itu diraih di Indonesia Masters, Malaysia Masters, Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open, French Open 2019 dan satu kali semifinalis di Singapore Open 2019.

Kelolosan Minions ini didapat setelah pasangan ranking satu dunia ini mencapai babak perempat final di Fuzhou China Open 2019. Apapun hasilnya di sisa turnamen World Tour yang ada, Minions akan tetap berada di top 8 ranking race to Guangzhou hingga akhir periode kualifikasi.

Baca Juga: Ranking Dunia Terbaru BWF Usai Fuzhou China Open 2019

4. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019badmintonindonesia.org

Ganda putra Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga berhasil memastikan satu tiket ke HSBC BWF World Tour Finals 2019. Pasangan yang akrab disapa Daddies ini lolos setelah menjadi juara dunia 2019 dan tetap berada di ranking top 20 dunia hingga akhir periode kualifikasi.

Selama 2019, Daddies sudah meraih gelar juara 2 kali di All England Open dan New Zealand Open 2019. Sementara itu Daddies juga 7 kali menjadi runner-up, yaitu di Indonesia Masters, Singapore Open, Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open dan Hong Kong Open 2019.

5. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019Instagram.com/badminton.ina

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia yang berhasil lolos ke HSBC BWF World Tour Finals 2019. Greysia/Apriyani memastikan tiket dengan menduduki ranking 8 besar dunia.

Sepanjang 2019, ganda putri terbaik Indonesia ini berhasil meraih satu gelar yaitu di India Open 2019 sekaligus mempertahankan gelar mereka tahun lalu. Greysia/Apriyani juga tiga kali menjadi semifinalis tahun ini pada Indonesia Masters, Australian Open, dan Chinese Taipei Open 2019.

6. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019badmintonindonesia.org

Dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga akan menjadi wakil Indonesia di HSBC BWF World Tour Finals 2019. Praveen/Melati memastikan satu tiket setelah menjuarai French Open 2019 sekaligus menjadi wakil pertama Indonesia yang lolos berdasarkan poin.

Menjadi juara dua kali beruntun di turnamen Eropa (Denmark Open dan French Open 2019) membuat posisi Praveen/Melati aman di top 8 ranking dunia. Selain itu, pasangan ganda campuran terbaik Indonesia ini juga pernah empat kali menjadi runner-up yaitu di India Open, New Zealand Open, Australian Open, dan Japan Open 2019.

7. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Profil Lengkap 7 Wakil Indonesia di World Tour Finals Guangzhou 2019badmintonindonesia.org

Ganda campuran Indonesia lainnya yang lolos ke HSB BWF World Tour Finals 2019 adalah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Pasangan yang menduduki ranking 9 dunia ini lolos secara sistematis.

Hafiz/Gloria belum mengantongi gelar juara tahun ini. Namun mereka pernah menjadi runner-up satu kali di German Open 2019 dan lima kali menjadi semifinalis yaitu di India Open, Singapore Open, New Zealand Open, Japan Open, dan Chinese Taipei Open 2019.

Nah, itulah ketujuh wakil Indonesia yang akan berlaga di HSBC BWF World Tour Finals 2019. Tahun lalu, Indonesia berhasil meraih satu gelar melalui ganda putra andalannya, Marcus/Kevin. Semoga tahun ini bisa nambah ya.

Baca Juga: BWF Final 2019, Greysia/Apriyani Dikepung Tiongkok, Korea, dan Jepang!

Rizna M. Hidayah Photo Verified Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya