Comscore Tracker

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020

Shesar Hiren Rhustavito kembali jadi pahlawan!

Setelah tim Piala Uber Indonesia memastikan diri lolos ke babak delapan besar, tim Thomas Indonesia juga menyusul dengan status juara Grup A. Pada pertandingan terakhir babak penyisihan Piala Thomas 2020 kontra Taiwan, Indonesia harus berjuang keras untuk bisa lolos dan keluar sebagai juara grup.

Menang tipis dengan skor 3-2, berikut hasil lengkap tim Thomas Indonesia versus Taiwan yang berlangsung pada Selasa, 13 Oktober 2021 di Aarhus, Denmark.

1. Ginting membuka jalan untuk tim Indonesia

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020potret Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/bwf.official)

Anthony Sinisuka Ginting membuktikan dirinya sebagai tunggal putra Indonesia yang berlaga pada partai pertama. Ginting yang berhadapan dengan Chou Tien Chen bermain sangat baik sepanjang pertandingan.

Sempat tertinggal pada set pertama dengan skor 16-20, Ginting justru berhasil menikung dan meraih kemenangan pada set pertama dengan skor 22-20. Terus menjaga keunggulan poin, tunggal putra terbaik Taiwan tidak berhasil memaksa Ginting ke rubber set.

Chou Tien Chen menyerah dengan skor 21-16 pada set kedua. Dengan hasil ini, Ginting menang dua set langsung dan berhasil menyumbang poin pertama bagi skuad Merah Putih.

2. Fajar/Rian belum mampu mengalahkan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020potret tim Thomas Cup Indonesia (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipercaya untuk menjadi ganda putra pertama yang bertanding pada partai kedua. Fajar/Rian berhadapan dengan ganda putra terbaik Taiwan saat ini, yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi Lin.

Fajar/Rian masih belum mampu mengalahkan Lee/Wang. Ganda putra Taiwan itu masih terlalu tangguh bagi Fajar/Rian. Bermain selama tiga set, Fajar/Rian takluk dengan skor 26-28, 21-16, dan 14-21.

Dengan hasil ini, tim Taiwan sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 atas tim Thomas Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Thomas

3. Hasil lengkap Indonesia vs Taiwan

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020Tim Indonesia menjalani latihan menjelang turnamen Piala Thomas dan Uber 2020. (instagram.com/badminton.ina)

Laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2020 sudah berakhir. Indonesia yang berhadapan dengan Taiwan harus berjuang keras untuk bisa lolos ke babak delapan besar.

Tanpa dua ganda putra andalannya, Minions dan Daddies, tim Thomas Indonesia tetap bisa mencuri poin melalui tiga tunggal putra. Sheshar Hiren Rhustavita yang tampil terakhir membuat Indonesia menjadi juara Grup A.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia vs Taiwan:

Tunggal putra I:

  • Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen 22-20, 21-16

Ganda putra I:

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi Lin 26-28, 21-16, 14-21

Tunggal putra II:

  • Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei 21-17, 21-13

Ganda putra II:

  • Mohammad Ahsan/Daniel Marthin vs Lu Ching Yao/Yang Po Han 20-22, 21-17, 21-23

Tunggal putra III:

  • Shesar Hiren Rhustavito vs Chi Yu Jen 16-21, 21-18, 21-19

4. Klasemen akhir Grup A

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020potret tim Thomas Cup Indonesia (instagram.com/badminton.ina)

Tim Thomas Indonesia berhasil membuktikan bahwa skuad Merah Putih masih cukup tangguh dan perlu diwaspadai tim lain. Berada satu grup dengan Thailand, Taiwan, dan Algeria, tim Thomas Indonesia berhasil menjadi juara Grup A dengan tiga kali kemenangan.

Berikut hasil klasemen akhir grup A:

  1. Indonesia
  2. Thailand
  3. Taiwan
  4. Algeria

5. Calon lawan pada babak delapan besar

Shesar Hiren Menang, Indonesia Juara Grup A Piala Thomas 2020potret tim China (instagram.com/bwf.official)

Tim Thomas Indonesia masih menanti lawan yang akan dihadapi pada babak delapan besar. Skuad Merah Putih dipastikan tidak akan kembali bertemu Thailand. Hendra Setiawan dan tim akan menghadapi lawan yang merupakan runner up dari grup lain.

Pengundian babak delapan besar juga baru akan dimulai apabila semua pertandingan babak penyisihan telah selesai. Ada enam tim yang masih memperebutkan juara grup. Mereka adalah tim Jepang, Malaysia, China, India, Korea Selatan, dan Denmark.

Itulah hasil akhir babak penyisihan Grup A. Shesar Hiren Rhustavito kembali menjadi pahlawan yang membuat Indonesia meraih kemenangan dan keluar sebagai juara Grup A.

Baca Juga: 9 Prestasi Shesar Hiren, Pahlawan Indonesia di Piala Thomas

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya