4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023

Ada Christian Adinata

Malaysia Masters 2023 memasuki semifinal. Dari semua sektor, tunggal putra paling banyak memberi kejutan. Tidak ada pemain unggulan yang lolos ke empat besar turnamen yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia ini.

Juara bertahan dari sektor tunggal putra juga sudah kandas pada babak awal Malaysia Masters. Dua tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, yang merupakan unggulan kedua dan ketiga, bahkan harus angkat koper pada babak kedua turnamen super 500 tersebut.

Saat ini, ada empat pemain nonunggulan tunggal putra yang lolos ke semifinal Malaysia Masters 2023.

1. Prannoy HS (India)

4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023Prannoy HS (djarumbadminton.com)

Prannoy HS belum terbendung. Tunggal putra nonunggulan asal India ini lolos ke babak empat besar Malaysia Masters 2023. Dari babak pertama, Prannoy sudah mengalahkan pemain unggulan keenam asal Taiwan, Chou Tien Chen.

Selanjutnya, Prannoy mengandaskan wakil China, Li Shi Feng, pada babak kedua. Ia juga menyingkirkan tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto, pada babak delapan besar Malaysia Masters tahun ini. Sejak babak pertama, Prannoy selalu bermain tiga set.

2. Christian Adinata (Indonesia)

4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023Christian Adinata (pbsi.id)

Meski tanpa tunggal putra terbaiknya, Indonesia masih mampu meloloskan satu wakil ke semifinal Malaysia Masters 2023. Christian Adinata membuka peluang Merah Putih untuk bisa meraih gelar di turnamen super 500 ini. Kebetulan ia lolos ke babak utama setelah menang dua kali pada babak kualifikasi.

Christian Adinata sukses mengalahkan wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen, pada babak pertama. Ia juga menyingkirkan tunggal putra Denmark, Magnus Johannesen, pada babak kedua. Selanjutnya, Adinata sukses menaklukkan wakil India, Kidambi Srikanth. Sebelumnya, Srikanth mengalahkan tunggal putra terbaik Thailand, Kunlavut Vitidsarn, yang merupakan unggulan kedelapan.

Baca Juga: 8 Pemain Nonunggulan ke Semifinal Malaysia Masters 2023, Ada Indonesia

3. Weng Hong Yang (China)

4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023Weng Hong Yang (twitter.com/Badminton_Asia)

China juga meloloskan satu wakilnya di sektor tunggal putra. Weng Hong Yang yang merupakan pemain nonunggulan di turnamen ini sukses menembus semifinal. Tunggal putra China ini berhasil mengalahkan wakil Jepang, Kento Momota, pada babak pertama.

Selanjutnya, Hong Yang mengandaskan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, yang merupakan unggulan kedua, pada babak 16 besar. Weng Hong Yang kembali menang atas wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus. Pertarungan sengit dengan durasi lebih dari sejam tersebut dimenangi wakil China dengan rubber set pada babak delapan besar.

4. Lin Chun Yi (Taiwan)

4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023Lin Chun Yi (bwfbadminton.com)

Satu lagi tunggal putra nonunggulan yang lolos ke semifinal Malaysia Masters 2023. Ia adalah Lin Chun Yi, satu-satunya wakil andalan Taiwan di turnamen super 500 ini. Lin kerap membuat kejutan di sepanjang pertandingan yang dijalani selama Malaysia Masters 2023.

Lin Chun Yi berhasil mengatasi perlawanan juara bertahan asal Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, pada babak pertama. Selanjutnya, ia menaklukkan wakil tuan rumah, Malaysia, Lee Zii Jia yang merupakan unggulan keempat. Lin bahkan menyingkirkan tunggal putra terbaik Jepang, Kodai Naraoka, yang diunggulkan di posisi kelima.

5. Draw tunggal putra di semifinal

4 Tunggal Putra Nonunggulan Lolos ke Semifinal Malaysia Masters 2023Christian Adinata (instagram.com/badminton.ina)

Semifinal di sektor tunggal putra di Malaysia Masters 2023 ini semuanya diisi pemain nonunggulan. Perjalanan mereka untuk mencapai babak empat besar turnamen super 500 ini tentu tidak mudah. Berikutt draw lengkap semifinal tunggal putra Malaysia Masters tahun ini:

  • Pool atas: Prannoy HS (India) vs Christian Adinata (Indonesia);
  • Pool bawah: Weng Hong Yang (China) vs Lin Chun Yi (Taiwan).

Pertandingan semifinal Malaysia Masters 2023 dimulai pada pukul 12:00 WIB. Ia akan menggunakan dua lapangan. Semua tunggal putra mesti bertanding di lapangan satu. Kira-kira siapa yang akan melaju ke final?

Baca Juga: 5 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Semifinal Malaysia Masters

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya