3 Tunggal Putri Indonesia yang Melaju ke QF Australian Open 2024

Segel satu tiket semifinal, nih!

Hasil baik diraih tim Indonesia dari sektor tunggal putri di babak kedua Australian Open 2024. Pasalnya, dari tiga wakil yang dikirimkan pada ajang BWF super 500 ini semuanya berhasil melaju ke quarter final atau delapan besar.

Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Putri Kusuma Wardani mampu mengatasi lawan masing-masing di babak kedua Autsralian Open 2024 yang digelar hari ini, Kamis (13/6/2024). Berikut hasil lengkap tunggal putri Indonesia di babak 16 besar pada turnamen yang berlangsung di Sydney, Australia.

1. Komang Ayu Cahya Dewi pulangkan wakil Amerika Serikat

3 Tunggal Putri Indonesia yang Melaju ke QF Australian Open 2024Komang Ayu Cahya Dewi (pbsi.id)

Komang Ayu Cahya Dewi menjadi wakil tunggal putri dan wakil Indonesia pertama yang melaju ke babak delapan besar Australian Open 2024. Komang lolos ke quarter final setelah menang atas wakil Amerika Serikat, Lauren Lam. Pertandingan ini merupakan pertemuan kedua bagi mereka.

Di set pertama, Komang menang dengan skor 21-17. Kembali menampilkan permainan terbaiknya, Komang berhasil mengunci kemenangan dengan skor 21-13 di set kedua. Duel ini berlangsung selama 34 menit. Dengan hasil ini, Komang juga semakin menambah keunggulan head to head mereka menjadi 2-0.

2. Ester Nurumi Tri Wardoyo taklukkan wakil India

3 Tunggal Putri Indonesia yang Melaju ke QF Australian Open 2024Ester Nurumi Tri Wardoyo (instagram.com/badminton.ina)

Tiket kedua di babak delapan besar Australian Open 2024 dari sektor tunggal putri juga diraih oleh Ester Nurumi Tri Wardoyo. Wakil andalan Indonesia yang menempati unggulan ketujuh ini berhasil mengatasi perlawanan tunggal putri India, Malvika Bansod. Duel tunggal putri antara Indonesia vs India di babak kedua ini merupakana pertemuan kedua bagi mereka.

Ester tampil dengan sangat baik di set pertama dan meraih kemenangan dengan skor 21-17. Di set kedua, wakil India juga mulai mengeluarkan permainan terbaiknya, tapi Ester lebih unggul dan mengunci kemenangan dengan skor tipis 23-21.  Laga ini berdurasi 51 menit. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Ester dari pertemuan sebelumnya atas wakil India tersebut.

Baca Juga: Profil Ester Nurumi Tri Wardoyo, Atlet Badminton Indonesia

3. Putri Kusuma Wardani juga singkirkan tunggal putri India

3 Tunggal Putri Indonesia yang Melaju ke QF Australian Open 2024Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Putri Kusuma Wardani pastikan tunggal putri Indonesia kembali sapu bersih di babak kedua Australian pen 2024. Tunggal putri andalan Indonesia yang diunggulkan di posisi keenam ini melaju ke quarter final setelah mengalakan wakil India, Anupama Upadhyaya. Laga ini menjadi pertemuan kedua bagi mereka.

Putri tampil dengan sangat dominan di set pertama dan menang dengan skor 21-11. Di set kedua, wakil India sempat memimpin perolehan poin, tapi akhirnya bisa dituntaskan oleh Putri dengan skor 21-18. Pertandingan ini berlangsung selaa 37 menit. Ini juga menjadi kemenangan kedua Putri atas wakil India tersebut.

4. Draw quarter final

3 Tunggal Putri Indonesia yang Melaju ke QF Australian Open 2024Komang Ayu Cahya Dewi (instagram.com/badminton.ina)

Selain Indonesia, tunggal putri Taiwan juga meloloskan tiga wakilnya di babak delapan besar Australian Open 2024. Baik Indonesia maupun Taiwan dipastikan meraih satu tiket di semifinal. Berikut draw lengkap sektor tunggal putri di babak delapan besar Australian Open 2024:

Pool atas:

  • Pai Yu Po (Taiwan) [3] vs Aakarshi Kashyap (India) [8]
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo (Indonesia) [7] vs Komang Ayu Cahya Dewi (Indonesia)

Pool bawah:

  • Sung Shuo Yun (Taiwan) [5] vs Yu Chien Hui (Taiwan)
  • Putri Kusuma Wardani (Indonesia) [6] vs Aya Ohori (Jepang) [2]

Dari hasil di atas, Komang dan Yu Chien Hui menjadi pemain nonunggulan yang berhasil melaju ke babak delapan besar. Mereka juga akan melawan rekan senegaranya yang merupakan pemain unggulan pada turnamen BWF super 500 ini. Mampukah kedua pemain nonunggulan ini melaju jauh pada Australian Open tahun ini?

Quarter final atau babak delapan besar akan berlangsung pada Jumat (14/6/2024). Selain tiga tunggal putri, Indonesia juga sudah meloloskan satu wakil dari sektor ganda putra di babak delapan besar atas nama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga: Profil Komang Ayu Cahya Dewi, Atlet Badminton Indonesia

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya