5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023

Dua di antaranya juara bertahan

Singapore Open 2023 berlangsung pekan ini. Salah satu rangkaian turnamen BWF super 750 tersebut dimulai pada Selasa (6/6/2023) di Singapore Indoor Stadium. Indonesia mengirimkan pemain terbaiknya ke ajang BWF super 750 ini. Itu termasuk tiga juara bertahan dari sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri.

Dari tiga sektor yang pernah juara, beberapa pemain Indonesia menjadi pemain unggulan tahun ini. Ada sedikitnya lima wakil Indonesia berstatus unggulan di Singapore Open 2023. Siapa saja mereka?

1. Anthony Sinisuka Ginting (2)

5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/badminton.ina)

Anthony Sinisuka Ginting dipastikan berlaga di Singapore Open 2023. Tunggal putra terbaik Indonesia ini menjadi unggulan kedua di turnamen BWF super 750 tersebut. Ginting sendiri merupakan juara bertahan Singapore Open.

Pada laga perdana, Ginting berhadapan dengan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus. Kedua pemain sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Walaupun Ginting lebih diunggulkan, head-to-head untuk kedua pemain adalah 7-5 untuk keunggulan pemain Hong Kong.

Ginting menang dalam dua pertemuan terakhir melawan Ng Ka Long. Pertandingan terakhir tersebut terjadi di Malaysia Open 2023. Duel tunggal putra ini kerap berlangsung dengan tiga set.

2. Jonatan Christie (6)

5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023Jonatan Christie (pbsi.id)

Tak hanya Ginting, tunggal putra Indonesia lainnya juga menjadi unggulan di Singapore Open 2023. Jonatan Christie siap berlaga di BWF super 750 dengan status unggulan keenam. Pemain yang akrab disapa Jojo ini akan melawan tunggal putra China, Shi Yu Qi, pada laga perdana.

Ini merupakan pertemuan kesebelas bagi kedua pemain. Rekor pertemuan mereka adalah 6-4 untuk keunggulan Jonatan. Tunggal putra andalan Indonesia ini menang dalam pertemuan terakhir di Indonesia Masters 2023.

Baca Juga: 8 Tunggal Putra Lawan Unggulan pada Babak Pertama Singapore Open 2023

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1)

5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia juga mempunyai dua pasangan unggulan dari sektor ganda putra. Berstatus ganda putra terbaik dunia saat ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Adianto tentu diunggulkan di posisi pertama di Singapore Open 2023. Fajar/Rian sendiri harus berhadapan dengan ganda putra Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

Kedua pasangan sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan. Sayangnya, Fajar/Rian harus kalah pada pertemuan terakhir mereka di French Open 2022 melalui pertarungan tiga set. Fajar/Rian juga kalah head-to-head dengan skor 1-2 atas pasangan Inggris tersebut.

4. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2)

5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Satu ganda putra Indonesia lainnya yang menjadi pasangan unggulan adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan yang kerap disapa Daddies ini diunggulkan di posisi kedua di Singapore Open 2023. Ahsan/Hendra akan melawan ganda putra Taiwan, Lee Jhe-Huei/Yang Po Hsuan.

Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Ahsan/Hendra yang memang lebih diunggulkan juga unggul head-to-head dengan skor 2-1. Ganda putra andalan Indonesia ini menang dalam pertemuan terakhir mereka di Malaysia Masters 2023.

5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (6)

5 Wakil Indonesia Berstatus Unggulan di Singapore Open 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Dari sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tentu menjadi harapan Indonesia untuk bisa meraih gelar juara. Apalagi ganda putri terbaik Indonesia ini diunggulkan di posisi keenam. Apriyani/Fadia juga merupakan juara bertahan Singapore Open.

Pada babak pertama, Apriyani/Fadia langsung berhadapan dengan pasangan tuan rumah, Singapura, Jin Yu Jia/Wong Jia Ying Crystal. Ini merupakan pertemuan kedua bagi mereka. Apriyani/Fadia sudah mengantongi satu kali kemenangan atas pasangan tuan rumah tersebut.

Dari kelima wakil unggulan Indonesia di atas, dua di antaranya merupakan juara bertahan Singapore Open. Akankah mereka akan mempertahankan gelar juara tersebut?

Baca Juga: 4 Derbi pada Babak Pertama Singapore Open 2023, Ada Indonesia!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya