5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia Masters

Terbaru dari sektor putra

Indonesia Masters 2023 resmi berakhir pada hari, Minggu (29/1/2023) lalu. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil meraih dua gelar dari ajang turnamen BWF Super 500 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

Kedua gelar tersebut diraih melalui sektor tunggal putra dan ganda putra. Jonatan Christie dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses persembahkan gelar bagi tuan rumah.

Berikut daftar lengkap wakil Indonesia terakhir yang juara di Indonesia Masters. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Tunggal putra: Jonatan Christie (2023)

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia MastersJonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Setelah dua tahun beruntun, Indonesia memastikan gelar juara saat terjadi all Indonesian final di sektor tunggal putra pada Indonesia Masters 2023. Jonatan Christie berhadapan dengan juniornya, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jonatan yang memang lebih diunggulkan berhasil pastikan gelar juara setelah menang dua set langsung. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting menjadi wakil tunggal putra Indonesia terakhir yang juara pada Indonesia Masters 2020.

2. Tunggal putri: Adriyanti Firdasari (2014)

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia MastersAdriyanti Firdasari (instagram.com/firdasari)

Dari sektor tunggal putri, Indonesia sudah lama sekali puasa gelar di Indonesia Masters. Adriyanti Firdasari menjadi tunggal putri Indonesia terakhir yang berhasil menjuarai Indonesia Masters pada tahun 2014.

Gregoria Mariska Tunjung yang merupakan tunggal putri terbaik Indonesia saat ini belum mampu mengakhiri puasa gelar bagi tuan rumah. Gregoria terhenti di babak delapan besar pada Indonesia Masters 2023.

Baca Juga: Rekap Final Indonesia Masters 2023: Indonesia Borong 2 Gelar

3. Ganda putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (2023)

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia MastersLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Selain di sektor tunggal putra, Indonesia juga berhasil meraih gelar Indonesia Masters 2023 dari sektor ganda putra. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses mempertahankan tradisi juara ganda putra bagi tuan rumah.

Tahun lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mempersembahkan gelar satu-satunya bagi tuan rumah. Menariknya, kedua ganda putra Indonesia ini sama-sama mengalahkan pasangan China pada laga final Indonesia Masters dalam dua tahun beruntun.

4. Ganda putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu (2020)

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia MastersGreysia Polii/Apriyani Rahayu (instagram.com/r.apriyanig)

Pada tahun 2020, Indonesia sukses menjadi juara umum setelah meraih tiga gelar. Ketiga gelar tersebut diraih melalui sektor tunggal putra, ganda putra dan ganda putri.

Dari sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih menjadi ganda putri terakhir tuan rumah yang menjuarai Indonesia Masters. Greysia/Apriyani merupakan ganda putri terbaik yang dimiliki Indonesia saat itu.

5. Ganda campuran: Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti (2016)

5 Wakil Indonesia Terakhir yang Juara di Indonesia MastersRonald Alexander/Melati Daeva Oktavianti (pbdjarum.org)

Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti masih menjadi ganda campuran terakhir yang berhasil menjuarai Indonesia Masters. Ganda campuran tuan rumah sempat mendominasi laga semifinal Indonesia Masters pada tahun 2016.

Saat itu, Ronald/Melati sukses mengalahkan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing pada laga final. Sementara dua ganda campuran Indonesia lainnya di semifinal adalah Edi Subaktiar/Richi Puspita Dili dan Hafiz Faizal/Shella Devi Aulia.

Sejauh ini, sektor ganda putri masih belum bisa pecah telur di Indonesia Masters sejak tahun 2014. Sementara itu, ganda putra Indonesia kembali meneruskan tradisi juara pada ajang turnamen BWF Super 500 ini.

Baca Juga: 6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat usai Indonesia Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya