Kisah Bulan Surati Jokowi Hingga Tampil di Pembukaan Asian Para Games

Bulan minta kursi roda pada Jokowi

Jakarta, IDN Times - Bulan Karunia, bocah kelas tiga SD di Pekanbaru, Riau, mengisi acara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam (7/10). Dia sempat beraksi di depan ribuan orang itu, dengan memanah bersama Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. 

Sebelum acara pembukaan Asian Para Games 2018, sempat ada cerita unik antara Bulan dengan Presiden Jokowi. Bulan menyurati mantan Gubernur DKI Jakarta itu, untuk sebuah permintaan. Bagaimana cerita selengkapnya? 

1. Bulan mengirim surat kepada Jokowi untuk meminta kursi roda

Kisah Bulan Surati Jokowi Hingga Tampil di Pembukaan Asian Para GamesTwitter/@cak_sugenk

Jokowi biasanya membagi-bagikan sepeda kepada pelajar di setiap kunjungannya, tentu dengan syarat mampu menjawab pertanyaan orang nomor satu di Indonesia itu. Tapi kali ini berbeda, Bulan melalui selembar surat meminta Presiden kursi roda pada 16 Maret lalu. 

"Kisah Bulan, siswi kelas 3 SD di Pekanbaru yang mengirim surat pada Pak @jokowi, ia tak meminta sepeda pada pak jokowi, ia meminta kursi roda... " cuit akun Twitter @cak_sugenk, dengan menyertakan foto Jokowi dan Bulan saat acara pembukaan Asian Para Games 2018, Minggu (7/10). 

Baca Juga: Hari Pertama Asian Para Games 2018, Pengunjung Masih Sepi

2. Belum genap dua hari kursi roda pun tiba

Kisah Bulan Surati Jokowi Hingga Tampil di Pembukaan Asian Para GamesANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Belum genap dua hari setelah berkirim surat, sebuah kardus tiba di rumahnya. 
Keinginan Bulan terwujud. Kardus cokelat itu berisi kursi roda yang diimpi-impikan bocah berhijab itu. 

"Saat menerima kursi roda dari pak @jokowi, Bulan berharap bisa bertemu dan mencium tangan pak Jokowi untuk berterima kasih secara langsung," ujar @cak_sugenk pada cuitan lainnya. 

3. Bulan ingin bertemu Presiden Jokowi

Kisah Bulan Surati Jokowi Hingga Tampil di Pembukaan Asian Para GamesTwitter/@jokowi

Tak hanya meminta kursi roda, Bulan juga berkeinginan bertemu dengan Jokowi. Lagi-lagi, impian tersebut terwujud. Jokowi menemui Bulan di tempat kelahirannya. 

"Ini adalah video ketika Bulan bertemu dengan Pak @jokowi di Pekanbaru untuk pertama kali 'Terima kasih ya pak..' ucap Bulan 'waktu itu saya bilang suruh cepat ndak ada dua hari (kursi roda) sampe'," cuit @cak_sugenk, seraya menyertakan video pertemuan antara Bulan dengan Jokowi. 

Nasib mujur kembali berpihak pada bocah dengan kebutuhan khusus itu. Bulan diundang Jokowi sebagai ikon dan mengisi acara pembukaan Asian Para Games 2019, Sabtu malam (6/10). 

Dalam aksinya, Bulan bersama Jokowi berdiri di atas panggung yang disaksikan ribuan orang. Keduanya memanah tiga huruf abjad pada kata "Disability", D, I, dan S hingga menyisakan kata "Ability".

Sementara, Jokowi melalui akunnya @jokowi menuliskan tentang sosok Bulan dalam pembukaan Asian Para Games 2018. 

"Di panggung pembukaan Asian Para Games 2018, semalam, Bulan memanggil saya. 'Pak Jokowi ada di mana?' Lalu, kami memanah huruf-huruf DIS, menyisakan ABILITY. Ini pesan kuat bahwa mereka punya kemampuan dan prestasi. Selamat berjuang para atlet di Asian Para Games 2018," cuit Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Indonesia Raih Medali Emas Pertama di Asian Para Games 2018

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya